ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Membersihkan Memori HP OPPO A3s Agar Sistem Optimal

Cara Membersihkan Memori HP OPPO A3s Header

Gadgetren – OPPO A3s yang hadir di Indonesia memiliki komposisi chipset Qualcomm Snapdragon 450, RAM 3 GB, dan penyimpanan internal 32 GB.

Dengan kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang tidak besar, tentunya membuat ponsel akan cepat menjadi lemot jika tidak diperhatikan mengingat aplikasi Android masa kini membutuhkan sumber daya yang tidak kecil ketika dijalankan.

Kamu pun harus rutin membersihkan RAM dan penyimpanan internal agar kapasitasnya dapat menjadi lebih lega sehingga membuat sistem berjalan lancar kembali ketika digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

1. Hapus Atau Transfer Data Melalui File Manager

Biasanya banyak foto atau file yang sudah tidak digunakan, namun masih berada di penyimpanan internal OPPO A3s karena dirasa sayang untuk dihapus. Hal ini tentunya membuat kapasitas penyimpanan menjadi penuh apabila dibiarkan menumpuk.

Kamu pun bisa menghapusnya menggunakan aplikasi Files. Namun pastikan juga untuk mengosongkan folder Trash untuk menghapusnya secara permanen dan mempercepat pengosongan penyimpanan.

Kamu dapat menentukan sendiri file apa saja yang ingin dihapus karena terkadang ada beberapa file penting sehingga harus hati-hati jika ingin menghilangkannya.

Namun apabila tidak ingin dihapus secara langsung, kamu dapat menghubungkan memindahkan data terlebih dulu ke penyimpanan lainnya seperti laptop atau penyimpanan eksternal.

2. Gunakan Aplikasi Phone Manager

Phone Manager merupakan salah satu aplikasi bawaan dari ponsel OPPO, termasuk OPPo A3s, yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti membersihkan penyimpanan internal, membersihkan RAM, diagnosis software maupun hardware, anti virus, manajemen aplikasi, manajemen proteksi pembayaran, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini bisa bahkan kamu gunakan untuk membersihkan RAM dengan cukup menekan tombol Optimize yang disediakan. Nantinya aplikasi akan memindai sistem untuk melihat bagian mana yang bisa dilepas untuk melegakan RAM.

Sementara jika kamu ingin membersihkan penyimpanan internal menggunakan Phone Manager, maka dapat menggunakan fitur Clean Up Storage atau Clean Up agar aplikasi mencari file-file yang tidak terpakai, namun aman untuk dihapus.

Kamu tinggal menekan tombol Clean Up Storage atau Clean Up untuk membuat sistem memindai file-file mana yang aman untuk dihapus secara otomatis. Selanjutnya kamu tinggal menekan tombol Clean dan sistem akan menghapusnya.

3. Hapus Aplikasi Tidak Penting

Aplikasi juga merupakan salah satu penyumbang besar yang memenuhi kapasitas penyimpanan internal karena banyak file yang biasanya tersimpan. Untuk itulah kamu perlu menghapus aplikasi yang tidak penting atau tidak lagi digunakan.

Sementara itu, kamu juga dapat menghapus aplikasi yang bisa dibuka di browser seperti Telegram, Facebook, dan lainnya. Dengan begitu, kamu dapat menghemat kapasitas penyimpanan internal karena sedikitnya aplikasi yang terpasang.

4. Hentikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Pada saat membuka banyak aplikasi, tentunya ponsel dari OPPO A3s akan menjadi bertambah lambar karena kapasitas dari RAM yang digunakan sudah hampir habis. Sebaiknya kamu mengeluarkan semua aplikasi yang tidak digunakan tersebut untuk melegakan RAM.

Untuk melakukannya, tekan tombol virtual Recent berikon tiga garis di bagian bawah layar lalu tekan tombol Close All untuk keluar dari seluruh aplikasi.

Setelah melakukan beberapa metode tersebut, seharusnya kapasitas RAM akan kembali lebih lega karena aplikasi sudah tidak berjalan di background lagi. Selanjutnya, kamu hanya perlu memilih aplikasi penting apa saja yang akan dijalankan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar