ASUS TUF Gaming FX507
Rekomendasi Laptop

5 Laptop AMD Ryzen 7 Terbaik dengan Kinerja Bertenaga Untuk Aktivitas Lancar

Laptop Ryzen 7 2024 - Header

Gadgetren – Laptop dengan prosesor AMD Ryzen 7 sebagai dapur pacu dapat menjadi pilihan pas bagi kita yang memerlukan perangkat mumpuni untuk melakukan berbagai macam aktivitas harian.

Ryzen 7 soalnya termasuk salah satu jajaran prosesor papan atas dari AMD yang menawarkan kinerja tinggi. Kemampuannya kurang lebih setara dengan lini keluarga Intel Core i7 walaupun masing-masing model bisa cukup berbeda.

Banderol harga dari perangkat yang menggunakan AMD Ryzen 7 apalagi umumnya lebih murah. Selain itu, pilihan yang tersedia pun lumayan beragam karena sudah banyak manufaktur yang menggunakannya dalam mengembangkan laptop untuk pasar Indonesia.

1. ASUS VivoBook 14 (M1405YA)

Laptop Ryzen 7 2024 - VivoBook 14

Jika sedang mencari laptop dengan AMD Ryzen 7 sebagai dapur pacu, kita pun dapat mempertimbangkan deretan perangkat buatan ASUS. Adapun termasuk di antaranya adalah ASUS VivoBook 14 (M1405YA) yang bisa dipinang dengan harga Rp10.499.000 di Tokopedia.

Laptop VivoBook 14 ini secara khusus menggunakan AMD Ryzen 7 7730U yang dapat dikebut dengan kecepatan maksimal sampai 4,5GHz. ASUS memadukannya bersama RAM DDR4 berkapasitas total 16GB dan penyimpanan SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 sebesar 256GB.

Dengan kombinasi jeroan tersebut, VivoBook 14 pun dapat memberikan pengalaman pemakaian yang baik dalam menangani berbagai macam aktivitas. Perangkat ini secara teknis dapat menjalankan berbagai macam aplikasi dengan lancar.

Di tambah lagi, perangkat ini juga sudah menggunakan layar level IPS 14 inci yang mempunyai resolusi WUXGA (1920 x 1200 piksel) sebagai tampilan. Kita pun dapat memakainya untuk mengetik dengan nyaman karena VivoBook 14 dilengkapi Backlit Chiclet Keyboard.

Hampir mirip dengan berbagai macam perangkat besutan ASUS yang lain, terdapat juga sertifikasi standar militer MIL-STD 810H yang menunjukkan bahwa perangkat berhasil melalui berbagai macam pengujian ekstrem. Keandalan pemakaian laptop ini makanya tidak perlu diragukan lagi.

2. MSI Modern 14 C7M

Laptop Ryzen 7 2024 - MSI Modern 14

Berbekal jenis prosesor yang sama, MSI Modern 14 C7M juga dapat menjadi pilihan pas bagi kita yang memerlukan laptop bertenaga Ryzen 7. Perangkat ini apalagi dibanderol dengan harga lebih terjangkau di mana sekitar Rp9.199.000 di Tokopedia.

MSI di sisi lain juga memadukan prosesor Ryzen 7 7730U dari perangkat ini dengan RAM DDR4 berkapasitas hingga 16GB yang mana sudah optimal untuk kebutuhan masa kini. Hanya saja penyimpanan yang digunakan sedikit lebih besar di mana menawarkan solusi SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 sebesar 512GB.

Untuk layarnya, perangkat ini mengandalkan panel level IPS berukuran 14 inci. Resolusinya memang sedikit kalah jika dibandingkan dengan laptop sebelumnya, tetapi sebenarnya sudah cukup memanjakan karena mampu menghadirkan sampai Full HD+ (1920 x 1080 piksel) yang mana sudah menjadi standar saat ini.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan standar militer walaupun memang masih MIL-STD 810G yang notabene sedikit lebih lawas dibandingkan MIL-STD 810H. Jenis pengujian yang diberikan hampir sama tetapi metodenya sedikit berbeda dengan tingkat akurasi dan kekerasan lebih baik.

Sebagai laptop masa kini, MSI Modern 14 C7M mempunyai dukungan port yang tak kalah lengkap. Laptop satu ini di antaranya menyediakan USB Type-C dengan PD Charging, USB Type-A, soket HDMI 2.1, hingga slot Micro SD. Konektivitasnya pun tak ketinggalan karena mengandalkan AMD RZ608 yang mendukung Wi-Fi 6E maupun Bluetooth v5.3.

3. Acer Swift GO (SFG14-41)

Laptop Ryzen 7 2024 - Swift GO 14

Acer Swift GO (SFG14-41) yang turut menghadirkan prosesor Ryzen 7 7730U juga dapat menjadi alternatif pilihan yang selanjutnya. Perangkat ini bakalan cocok bagi kita yang ingin memakai laptop premium dengan material bodi dari metal yang mana bisa menjadi salah satu daya tariknya.

Dibanderol dengan harga Rp12.499.000 di Tokopedia, perangkat Acer Swift GO di sisi lain juga sudah dilengkapi slot ganda RAM LPDDR4X sebesar 16GB. Sementara penyimpanannya mengandalkan SSD M.2 NVMe PCIe berkapasitas 512GB yang terbilang sudah memadai.

Layar perangkat ini menggunakan teknologi yang disebut dengan Acer ComfyView untuk memberikan kenyamanan pada mata. Panelnya memakai LED-backlit TFT LCD IPS-level berukuran 14 inci dengan resolusi gambar Full HD+ (1920 x 1080 piksel). Tampilannya pun bakal memanjakan mata karena sudah 100 persen sRGB.

Yang sangat menarik dari perangkat ini, kamera web yang digunakannya sudah mendukung pengambilan gambar dengan resolusi sampai Full HD (1080p) pada 60fps yang mana tidak terlalu sering ditemukan. Terdapat juga fitur Temporal Noise Reduction yang akan meningkatkan kualitas hasilnya.

Fitur penunjang yang dibawanya juga termasuk lengkap. Perangkat ini misalnya sudah membawa sensor pemindai sidik jari, WiFi 6E, maupun Bluetooth 5.2 yang sudah lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Ditambah lagi ada berbagai macam port seperti HDMI 2.1, USB Type-C, maupun USB Type-A.

4. Lenovo IdeaPad Flex 5 14ABR8

Laptop Ryzen 7 2024 - IdeaPad Flex 5

Prosesor Ryzen 7 7730U juga digunakan oleh Lenovo untuk mengembangkan IdeaPad Flex 5 14ABR8. Perangkat ini makanya dapat menjadi alternatif berikutnya, terutama jika kita membutuhkan laptop 2-in-1 yang bisa digunakan dalam beberapa mode pemakaian sesuai dengan kebutuhan.

Seperti laptop-laptop 2-in-1 pada umumnya, IdeaPad Flex 5 juga menawarkan layar dengan panel sentuh. Ukurannya 14 inci dengan resolusi gambar hingga WUXGA (1920 x 1200 piksel) sehingga mampu menampilkan gambar secara tajam. Perangkat ini pun menyediakan aksesori Lenovo Digital Pen yang dapat digunakan untuk corat-coret secara lebih menyenangkan.

Perangkat ini bakalan cocok bagi kita yang suka menikmati berbagai macam konten multimedia. Di samping layarnya yang menawarkan tampilan gambar menawan, IdeaPad Flex 5 dilengkapi speaker stereo menghadap ke depan dengan teknologi Dolby Audio untuk pengalaman yang lebih imersif.

Konfigurasi memori yang digunakan juga tak kalah mumpuni. Perangkat besutan Lenovo ini soalnya mempunyai RAM LPDDR4x berkapasitas 16GB yang dikombinasikan bersama penyimpanan SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 sebesar 512GB.

Kita hanya saja perlu mengeluarkan dana senilai Rp11.649.000 jika ingin meminangnya dari Tokopedia. Di dalamnya sudah mencakup sistem operasi Microsoft Windows 11 Home serta Office Home & Student 2021.

5. HP Pavilion Plus 14-ey0013AU

Laptop Ryzen 7 2024 - HP Pavilion Plus 14

Sementara jika memerlukan kemampuan pemrosesan yang lebih baik, kita pun bisa mempertimbangkan HP Pavilion Plus 14-ey0013AU. Perangkat ini mengusung prosesor AMD Ryzen 7 7840U yang dapat beroperasi dengan frekuensi maksimal hingga 5,1GHz.

Dalam menunjang kemampuannya, HP Pavilion Plus 14 apalagi juga mengandalkan RAM LPDDR5x tertanam dengan kapasitas hingga 16GB. Penyimpanan internalnya pun secara khusus menggunakan tipe SSD sebesar 1TB, unggul dibandingkan beberapa laptop yang ada di daftar ini.

Membentang hingga seluas 14 inci, layar HP Pavilion Plus 14 mendukung resolusi gambar hingga 2.8K (2880 x 1800 piksel). Panel yang digunakan memakai teknologi OLED dengan tingkat kecerahan hingga 500nits saat menampilkan konten-konten HDR sehingga akan menampilkan gambar yangjauh lebih menawan.

Menemani bagian layar tersebut, perangkat ini juga dilengkapi dengan speaker stereo yang disetel oleh perusahaan Audio terkemuka B&O untuk pengalaman terbaik. Terdapat juga beberapa fitur penunjang yang dapat meningkatkan kualitas suaranya seperti DTS:X Ultra maupun HP Audio Boost.

Hanya saja untuk meminangnya, kita memang perlu menyiapkan dana sampai kisaran Rp13.949.000, cukup tinggi dibandingkan kompetitornya namun sepadan dengan apa yang ditawarkan. Pembelian dapat dilakukan melalui Tokopedia dengan Windows 11 Home serta Office Home and Student 2021 sebagai pelengkapnya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar