ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Laptop / PC

Cara Menghilangkan Garis Hijau di Microsoft Word Jika Terlihat Mengganggu

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Microsoft Word dilengkapi dengan penanda garis multi warna yang dapat mempermudah para pengguna dalam mengetik maupun menyunting sebuah tulisan sebagai bagian dari fitur pendukungnya.

Pada sejumlah versi Microsoft Word lawas, kita misalnya akan menjumpai garis bergelombang dengan warna hijau selain merah dan biru yang masih ada sampai sekarang. Penanda tersebut berfungsi untuk mengecek kesalahan penulisan dalam teks yang dibuka.

Meskipun cukup berguna karena kita bisa menjadi lebih mudah untuk membetulkan kesalahan-kesalahan dalam penulisan, penanda tersebut sering kali justru dianggap cukup mengganggu. Microsoft untungnya menawarkan pengaturan khusus yang bisa dipakai untuk menonaktifkannya.

Cara Menghilangkan Garis Hijau di Microsoft Word

  • Buka aplikasi Microsoft Word yang digunakan.
  • Ketuk File atau ikon Microsoft Office yang terletak di bar menu pojok kiri atas.
  • Pilih opsi Word Options atau Options tergantung versi program.
  • Masuk ke tab Proofing.
  • Cari bagian When correcting spelling and grammar in Word.
  • Hapus centang pada opsi Mark grammar errors as you type.
  • Klik OK jika sudah selesai.

Dengan menghapus tanda centang pada opsi Mark grammar errors as you type, aplikasi Microsoft Word tidak akan menampilkan penanda garis hijau lagi pada setiap tulisan. Kita selanjutnya dapat menyempurnakannya dengan menghilangkan garis merah jika diperlukan.

Bagi kamu yang belum tahu, penanda garis multi warna pada program Microsoft Word sebenarnya mempunyai makna berbeda-beda. Awalnya ada tiga warna, termasuk hijau yang mana secara khusus akan menandai kesalahan penggunaan tata bahasa, merah untuk ejaan, dan biru untuk kesesuaian konteks.

Namun seiring berjalannya waktu pada aplikasi versi lebih mutakhir, Microsoft menyederhanakannya sehingga kini tinggal warna merah dan biru saja. Pengecekan kesalahan tata bahasa dilebur menjadi satu dengan kesesuaian konteks pemakaian.

Dari penelusuran saya, penanda garis yang terdiri dari tiga warna bisa kita jumpai pada Microsoft Word dalam Office dengan versi lebih lama dari 2010. Sementara jika memakai aplikasi yang lebih baru maka kita nantinya hanya akan menemukan dua warna saja.

Kabar baiknya, peleburan kedua penanda kesalahan penulisan tersebut tidak serta-merta mengubah setelan yang digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya. Kita makanya masih bisa menghilangkannya dengan memakai langkah-langkah seperti ulasan di atas.

Begitu juga untuk garis warna merah yang berfungsi sebagai penanda kesalahan pemilihan ejaan, kita pun dapat menghilangkannya dengan langkah serupa. Kita dalam hal ini hanya perlu menghapus centang pada opsi Check spelling as you type.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar