ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri Tanpa Sebab

Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri Header

Gadgetren – Kamu mungkin merasa risih ketika volume suara ponsel naik turun sendiri karena akan mengganggu ketika menikmati konten hiburan seperti menonton film, mendengarkan lagu, atau memainkan game.

Volume yang naik sendiri terkadang bisa disebabkan oleh banyak hal seperti error atau bug yang terjadi ketika penggunaan lama, terlalu sering menekan tombol volume, earphone atau headphone yang tidak kompatibel, ponsel jatuh terkena benturan, debu, dan masih banyak lagi.

Tentunya volume yang tiba-tiba naik sendiri ini perlu kamu atasi agar dapat memberikan kenyamanan ketika menggunakan ponsel dalam aktivitas sehari-hari.

1. Restart Ponsel

Terkadang setelah digunakan lama secara terus menerus, sistem pada ponsel akan mengalami error yang mana salah satunya bisa menyebabkan volume bisa naik turun sendiri yang tidak sesuai keinginan kamu.

Apabila sistem memang dirasa error, maka kamu cukup melakukan restart yang nantinya akan mematikan ponsel dan secara otomatis menyalakannya kembali agar bisa melakukan penyegaran sistem.

Seharusnya dengan penyegaran sistem membuat beberapa error yang terjadi akan menghilang. Namun solusi ini tentunya tidak 100% bisa mengatasi yang mana mungkin disebabkan oleh hal lain.

2. Update Sistem Operasi

Kamu dapat melakukan update sistem operasi untuk meningkatkan performa dan fitur ponsel. Biasanya versi terbaru juga memperbaiki bug atau masalah yang terjadi pada versi sebelumnya.

Kamu dapat melakukan update sistem operasi melalui aplikasi Settings. Nantinya setelah proses pengunduhan versi sistem operasi selesai, kamu diminta akan diminta konfirmasi untuk pemasangan versi terbaru dan sistem pun akan melakukan restart.

3. Pasang Aplikasi Volume Control

Apabila tombol fisik volume pada ponsel sudah tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan volume menjadi naik turun sendiri, mungkin sebagai pilihannya dapat mengunduh aplikasi Volume Control dari Google Play Store.

Dengan aplikasi Volume Control, kamu dapat mengatur naik turunnya tingkat volume suara pada ponsel mulai dari beragam aplikasi, media, notifikasi, telepon, dan masih banyak lagi.

4. Factory Reset

Jika seluruh metode masih tetap tidak berhasil juga, maka mau tidak mau kamu perlu coba melakukan Factory Reset agar membuat sistem operasi pada ponsel kembali bersih seperti semula.

Namun Factory Reset akan menghilangkan seluruh data yang ada di ponsel sehingga sebaiknya mencadangkan data terlebih dulu ke penyimpanan lain.

Setelah proses Factory Reset selesai, biasanya sistem operasi akan kembali ke kondisi primanya. Namun sebaiknya metode ini menjadi solusi terakhir agar tidak merepotkan kamu karena harus memindahkan data terlebih dulu.

5. Hubungi Service Center

Terkadang terdapat debu atau kotoran yang menempel pada tombol volume yang menyebabkannya tertekan sendiri. Ponsel masa kini rata-rata bodinya menyatu dan tidak dapat dilepas sembarangan sehingga kamu jangan membongkarnya sendiri.

Kamu dapat menghubungi dan mengunjungi service center resmi dari merek ponsel untuk ditangani, dibongkar, dan dibersihkan oleh teknisi bersertifikasi yang terpercaya.

Sementara jika dideteksi terjadi kerusakan pada komponen, maka teknisi pun akan memberitahukannya kepada kamu agar mengganti suku cadangnya secara langsung di service center.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar