ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

5 Keunggulan Samsung Galaxy A05 yang Wajib Diketahui

Samsung Galaxy A05 - Device x Box Back Wide

Gadgetren – Bersaing pada segmen entry-level, Samsung telah menghadirkan ponsel terjangkaunya yang bernama Galaxy A05 di Indonesia.

Hadir dengan tiga varian, Samsung Galaxy A05 dibanderol dengan harga Rp1.499.000 untuk RAM 4 GB + penyimpanan 64 GB, Rp1.699.000 untuk RAM 4 GB + penyimpanan 128 GB, dan Rp1.899.000 untuk RAM 6 GB + penyimpanan internal 128 GB.

Untuk lebih memikat masyarakat Indonesia, Samsung Galaxy A05 pun hadir dengan beberapa keunggulan serta fitur yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari mulai dari pekerjaan, pembelajaran, hingga hiburan.

1. Daya Tahan Baterai Lama dan 25W Fast Charging

Samsung Galaxy A05 - Bottom Design 2

Dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, Samsung Galaxy A05 diklaim mampu bertahan lama ketika digunakan untuk menonton streaming, chat, browsing, memutar lagu, maupun memainkan game.

Sementara untuk pengujian nyatanya yang diambil dari artikel review sebelumnya, Samsung Galaxy A05 berhasil mendapatkan skor 16 jam 51 menit ketika diuji menggunakan aplikasi PCMark for Android.

Untuk pemakaian sehari-hari, ponsel ini mempunyai Screen on time 7 jam 55 menit dari kondisi 100% ke 10%. Berdasarkan dua pengujian tersebut, terlihat bahwa Galaxy A05 menjadi ponsel entry-level dengan daya tahan yang lama.

Perangkat ini sudah dilengkapi dengan fitur 25W Fast Charging yang dapat memberikan pengisian daya cepat. Meskipun kepala adaptor charger tidak tersedia di dalam dus penjualannya, namun Samsung Electronics Indonesia menjanjikan tambahan adaptor charger 25W Fast Charging pada paket penjualannya.

2. Performa Lancar

Samsung Galaxy A05 - Display Handson Diagonal Right

Samsung Galaxy A05 sudah diotaki chipset MediaTek Helio G85 (12nm) Octa-Core 2 GHz yang didukung MediaTek HyperEngine Gaming Technology yang mampu meningkatkan performa ketika game sedang dijalankan.

Berdasarkan pengujian dengan AnTuTu Benchmark V10.0.1-OB1 pada artikel review sebelumnya, Samsung Galaxy A05 varian RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB berhasil mendapatkan skor AnTuTu 214.349 poin.

Sementara pada pengujian dengan Geekbench 6.2.0, ponsel ini berhasil mendapatkan skor 413 poin untuk Single-Core dan 921 poin untuk Multi-Core. Untuk ukuran ponsel entry-level, skor ini menunjukkan bahwa Galaxy A05 mempunyai performa yang bertenaga.

Seharusnya untuk dua varian Galaxy A05 lainnya akan mempunyai skor benchmark yang sedikit lebih tinggi lagi. Ponsel ini juga dapat menjalankan game Call of Duty Mobile dengan grafis Medium dan frame rate High dengan lancar. Untuk game lain seperti Mobile Legends dan Arena of Valor dapat berjalan dengan lancar ketika disetel ke grafis dan frame rate tinggi.

3. Kamera Utama 50 MP

Samsung Galaxy A05 - Back Camera Design 2

Pada bagian belakang ponsel ini terdapat dua kamera yang mempunyai komposisi kamera utama 50 MP dan depth 2 MP. Dengan resolusi yang sangat besar, kamera utamanya mampu menghasilkan foto berkualitas baik sehingga nyaman di mata.

Kamera utamanya juga mampu menghasilkan foto yang jelas pada kondisi malam hari. Pada saat fitur Night Mode diaktifkan akan membuat peningkatan pada hasil fotonya menjadi lebih terang dan minim noise.

4. Desain Menarik

Samsung Galaxy A05 - Layout Design 2

Samsung Galaxy A05 hadir dengan bodi belakang yang berbahan polikarbonat dan memiliki finising Glossy yang membuatnya terlihat menawan. Perangkat ini hadir dengan beberapa varian warna yang terdiri dari Black, Silver, atau Light Green agar memberikan pilihan bagi pembelinya untuk menentukan sesuai selera.

Finishing Glossy membuat bodi belakangnya dapat menampilkan garis-garis berkilau ketika terkena pantulan cahaya. Apabila dilihat lebih dekat, bodi belakang perangkat ini mempunyai pola garis-garis sehingga membuatnya terlihat menarik.

Permukaan belakang ponsel ini pun tidak terasa licin sehingga masih nyaman ketika digenggam penggunanya dengan satu tangan. Desain yang dihadirkan ini membuat Samsung Galaxy A05 tidak terlihat seperti ponsel murah.

5. Layar yang Nyaman

Samsung Galaxy A05 - Display Handson Center

Dilihat dari bagian depan, Samsung Galaxy A05 sudah dibekali dengan PLS LCD layar 6,7 inci dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel), dan 16 juta warna yang dapat menampilkan konten dengan jelas serta mempunyai area luas sehingga membuat mata penggunanya nyaman.

Menariknya lagi, ponsel ini sudah dilengkapi dengan sertifikasi Widevine L1 yang membuat pengguna dapat menyaksikan video streaming berkualitas HD dari aplikasi, seperti Netflix, Amazon Prime Video, Disney+ Hotstar, VIU, dan YouTube.

Pada saat berada di luar ruangan, layar dari Samsung Galaxy A05 pun cukup terang sehingga dapat menampilkan konten yang dapat dilihat oleh penggunanya. Sementara sentuhan jari terhadap layar perangkat ini pun terasa responsif.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar