ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

5 Tips Hemat Baterai OPPO Reno10 5G Supaya Makin Awet

Tips Hemat Baterai OPPO Reno10 5G Header

Gadgetren – OPPO Reno10 5G mengandalkan baterai berkapasitas 5.000mAh untuk menjadi sumber energi kehidupannya. Dengan kapasitas sebesar itu, OPPO mengklaim bahwa ponsel tersebut mampu bertahan lama dalam pemakaian normal.

Berdasarkan pengujian sebelumnya, OPPO Reno10 5G berhasil mendapatkan skor pengujian PCMark for Android mencapai 15 jam 45 menit pada refresh rate 60Hz.

Sementara pada refresh rate 120Hz, ponsel ini berhasil mendapatkan skor mencapai 14 jam 22 menit. Perlu dicatat bahwa parameter pengujiannya terdiri penggunaan mode Work 3.0 Battery Life, layar dengan tingkat kecerahan 50%, dan tingkat baterai dari 100%.

Namun daya tahan baterai Reno10 5G akan berbeda-beda tergantung dari kebiasaan aktivitas penggunanya. Saat sedang melakukan perjalanan jauh atau berada pada lokasi yang minim sumber listrik, menghemat konsumsi energi tentunya perlu dilakukan.

Untuk itulah ada beberapa tips yang bisa membuat daya tahan baterai OPPO Reno10 5G menjadi lebih hemat lagi. Hal ini juga dapat berefek pada kesehatan baterai supaya lebih awet.

1. Atur Tingkat Kecerahan Layar

OPPO-Reno10-5G-DiagonalHalfDisplayTop

Pada OPPO Reno10 5G sudah disematkan fitur Auto Brightness yang memungkinkan sistem mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis tergantung dari kondisi cahaya di sekitar lingkungan pengguna berada.

Fitur ini akan membuat tingkat kecerahan layar meningkat ketika terdeteksi lingkungan banyak cahaya. Sementara tingkat kecerahan layar akan diturnkan ketika berada di lingkungan yang redup, gelap, atau malam hari.

Namun tentunya Auto Brightness akan mengonsumsi lebih banyak energi jika tidak diperhatikan karena tingkat kecerahan akan terus berganti levelnya ketika ponsel sedang beradptasi pada kondisi cahaya di sekitar lingkungan yang terkadang berubah-ubah.

Mematikan fitur Auto Brightness dan langsung mengatur tingkat kecerahan layar dari Reno10 5G secara manual bisa menjadi solusinya. Tentunya pengaturan ini akan membuat tingkat kecerahan terkunci sehingga konsumsi daya lebih stabil.

2. Gunakan Wallpaper Gelap

OPPO Reno10 5G Wallpaper Black

OPPO Reno10 5G mempunyai layar lengkung dengan teknologi AMOLED yang membuatnya mampu menghadirkan konten dengan terang dan jernih sehingga dapat memanjakan mata penggunanya.

Sementara kita ketahui bersama bahwa teknologi AMOLED akan mengaktifkan piksel secara individu. Pada area hitam, pixel akan menjadi mati total untuk memberikan warna hitam yang sebenarnya. Oleh karena itu menggunakan wallpaper yang dominan warna hitam akan menghemat konsumsi daya.

Perangkat ini juga mempunyai fitur Always On Display yang aktif ketika layar sedang istirahat dengan dominasi latar berwarna hitam ditambah beberapa informasi penting seperti tanggal, jam, notifikasi, persentase baterai, gambar, dan lainnya.

Fitur Always On Display terasa berguna pada layar AMOLED karena membuat pengguna dapat mengetahui informasi penting pada layar Reno10 5G, namun konsumsi daya baterainya menjadi tidak boros.

3. Aktifkan Fitur Power Saving

OPPO-Reno10-5G-Back-HandsOn

Pada saat sedang melakukan perjalanan jauh dan tidak melakukan banyak aktivitas di layar, maka dapat mengaktifkan fitur Power Saving Mode agar dapat membuat aplikasi yang berjalan di latar (background) OPPO Reno10 5G dibatasi untuk mengurangi konsumsi daya baterai.

Namun apabila kondisi baterai ponsel sudah mengalami titik kritis antara 15% hingga 5%, maka kamu dapat menyalakan fitur Super Power Saving Mode yang dapat membuat daya tahan baterai menjadi sangat hemat sehingga cocok digunakan pada saat Reno10 5G sedang dalam kondisi yang sekarat.

Super Power Saving Mode sendiri dapat menghemat konsumsi energi karena hanya menampilkan Home Screen dengan latar berwarna hitam dan hanya mengizinkan 6 ikon aplikasi saja yang dimunculkan

Selain membatasi aplikasi yang berjalan, Super Power Saving Mode juga akan menghentikan beberapa fitur di Reno10 5G sehingga membuat konsumsi energi menjadi lebih efisien.

4. Manfaatkan Airplane Mode

OPPO-Reno10-5G-DisplayDiagonal

Tidak hanya dapat digunakan ketika sedang naik pesawat, fitur Airplane mode juga dapat dimanfaatkan pada saat kondisi di daerah yang dikunjungi sedang memiliki sinyal seluler yang tidak baik.

Airplane mode dapat digunakan secara langsung untuk mematikan seluruh koneksi seluler sehingga tentunya dapat menghemat konsumsi daya baterai dari Reno10 5G. Pasalnya jika sinyal seluler tidak stabil dan ponsel harus berpindah-pindah jaringan misal 4G ke 3G atau sebaliknya secara terus menerus akan membuat penggunaan energi pada ponsel menjadi lebih boros.

5. Aktifkan Widget Seperlunya

OPPO-Reno10-5G-DiagonalDisplay

Pada ColorOS 13.1 berbasiskan Android 13 yang hadir di OPPO Reno10 5G terdapat beragam widget dengan tampilan menarik yang dapat digunakan untuk menjadi pintasan aplikasi secara interaktif pada Home Screen.

Widget-widget yang disediakan biasanya memiliki manfaat seperti informasi jam, cuaca, foto, kalender, Google Translate, Tracking pengiriman, Slider foto, tombol Lock, dan masih banyak lagi.

Meskipun pengguna ingin memasang semua widget tersebut, namun perlu diketahui bahwa hadirnya banyak widget tentunya akan membuat daya yang dikomsumsi lebih banyak.

Dengan begitu, sebaiknya memprioritaskan widget apa saja yang ingin ditampilkan di Home Screen terutama yang mempunyai beberapa fitur penting untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

5. Hapus Aplikasi Boros Daya

OPPO-Reno10-5G-DiagonalHalfDisplayBottom

Beberapa aplikasi media sosial dan chat seperti Facebook, TikTok, Instagram, Telegram, Twitter, Snack Video, WhatsApp, dan lainnya dapat menguras energi secara cepat.

Aplikasi-aplikasi ini sendiri biasanya memiliki banyak fitur di dalamnya dan kerap mengaktifkan notifikasi secara terus menerus sehingga membuat konsumsi energi pada ponsel menjadi boros.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kamu menghapus atau berbagai macam aplikasi tersebut. Sebagai alternatifnya dapat membuka sosial media melalui browser di Reno10 5G agar pemakaian energi lebih hemat.

Kalau kamu tertarik untuk membeli ponsel ini, OPPO Reno10 5G sendiri telah tersedia di Indonesia dengan harga Rp5.999.000 yang dapat dibeli melalui situs resmi OPPO.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar