ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 30 5G, Terlihat Premium

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 30 5G - Header

Gadgetren – Meskipun memakan waktu yang lumayan lama, Infinix akhirnya resmi memboyong Infinix Zero 30 5G ke Indonesia. Perangkat menarik ini sudah bisa dibeli mulai tanggal 27 Oktober 2023.

Di Indonesia, perangkat ini sayangnya hanya meluncur dalam satu konfigurasi memori yang dibanderol dengan harga Rp4.299.000. Sementara untuk varian warnanya bisa dipilih antara Golden Hour, Rome Green, dan Fantasy Purple.

Kedatangan ponsel baru dari Infinix ini merupakan kabar yang menggembirakan. Infinix Zero 30 5G soalnya tampil premium dengan membawa sejumlah kelebihan. Walaupun sebenarnya memang bukan perangkat yang benar-benar sempurna.

Kelebihan Infinix Zero 30 5G

1. Kamera Unggulan

Dengan mengusung jargon “Bikin Story Anti Ordinary”, perangkat kelas menengah besutan Infinix ini salah satu di antaranya menawarkan konfigurasi kamera sebagai keunggulan. Sistem lensa dan dukungan yang digunakan terbilang tinggi untuk sekelasnya.

Di bagian depan, Infinix Zero 30 5G sudah ditunjang dengan lensa beresolusi hingga 50MP. Kemampuan yang ditawarkan oleh kamera tersebut pun sangat menjanjikan karena diklaim mampu merekam video dengan kualitas hingga 4K pada 60fps.

Kemampuan merekam video berkualitas tinggi di kamera depan padahal masih sangat jarang untuk perangkat-perangkat sekelas Infinix Zero 30 5G. Bahkan untuk kamera utama saja, kita mungkin hanya akan menemukan beberapa ponsel saja yang mendukungnya.

Kamera utama dari ponsel ini juga sudah mengadopsi lensa beresolusi hingga 108MP. Dikombinasikan bersama fungsi OIS (Optical Image Stabilization), hasil foto maupun videonya tentu akan sangat baik dan lebih dari cukup untuk dibagikan ke halaman media sosial.

Guna melengkapi kemampuan pengambilan gambar dari kamera utamanya, Infinix Zero 30 5G juga mengusung lensa ultrawide beresolusi hingga 13MP. Kita bisa memakainya untuk merangkum lebih banyak obyek karena mempunyai cakupan sudut pandang hingga 120 derajat.

Di samping itu, Infinix secara khusus juga membekali sistem kamera milik perangkat ini dengan berbagai macam dukungan di sisi peranti lunak. Adapun di antaranya termasuk mode Dual Video untuk merekam dengan kamera depan dan utama secara bersamaan hingga Movie Filter.

2. Layar Menawan

Jika sedang mencari perangkat murah dengan sokongan layar premium, Infinix Zero 30 5G bisa menjadi salah satu opsi yang sangat pas. Ponsel ini dilengkapi dengan panel AMOLED yang sudah dibuat melengkung di sisi-sisi samping seperti deretan perangkat flagship.

Spesifikasi layar yang ditawarkan oleh Infinix Zero 30 5G apalagi juga tak kalah menarik. Panel AMOLED yang dipakai sudah membawa dukungan refresh rate hingga 144Hz. Jadi perangkat ini dapat menampilkan animasi yang halus mengikuti konten dari video atau game.

Layar yang digunakan oleh Infinix Zero 30 5G juga sudah membentang seluas 6,78 inci dengan resolusi gambar hingga Full HD+. Ditunjang dengan tingkat kecerahan hingga 950nits, kita dapat melihat konten-konten yang ditampilkan dengan jelas di kondisi apa saja termasuk saat cahaya sekitar sangat terang.

Jangan dilupakan, ponsel kelas menengah ini juga sudah mendukung sensor pemindai sidik jari terintegrasi di dalam layar. Teknologi tersebut tentu membuat Infinix Zero 30 5G terlihat semakin premium di antara perangkat-perangkat sekelasnya.

3. Bodi Premium

Kesan premium dari perangkat satu ini juga bakalan semakin terasa jika kita mempertimbangkan bagian bodinya. Tak hanya karena menggunakan desain yang terlihat cantik, Infinix Zero 30 5G juga sudah memakai material yang sangat bagus.

Perangkat ini sudah menggunakan penutup bodi belakang dengan lapisan kaca. Jenisnya pun tidak sembarangan karena Infinix memakai teknologi Corning Gorilla Glass 5 di mana notabene adalah material yang sama dengan pelindung untuk layarnya.

Selain dapat memberikan kesan premium, pemakaian Corning Gorilla Glass 5 tersebut juga dapat meningkatkan keandalan pemakaian sehingga tidak mudah tergores atau pecah. Infinix Zero 30 5G di sisi lain apalagi juga sudah membawa sertifikat tahan percikan air dan debu IP53.

4. Kinerja Tak Bisa Dikesampingkan

Untuk menghadirkan pengalaman pemakaian yang lebih baik, Infinix Zero 30 5G juga membawa dapur pacu dengan MediaTek Dimensity 8020 sebagai otaknya. Chipset tersebut sudah menggunakan teknologi pemrosesan 6nm dengan kecepatan hingga 2,6GHz.

Di atas kertas, kemampuan Infinix Zero 30 5G makanya tidak boleh dipandang sebelah mata. Chipset Dimensity 8020 tersebut mempunyai kinerja yang sangat tinggi di mana bahkan mampu menangani berbagai macam tugas berat sekalipun.

Infinix Zero 30 5G apalagi juga sudah menggunakan konfigurasi memori berkapasitas sangat besar. Perangkat ini di antaranya telah dilengkapi RAM 12GB yang dapat diekspansi memakai fitur Extended RAM sehingga menjadi 21GB.

Media penyimpanan yang dipakainya pun sudah berkapasitas hingga 256GB. Jadi kita bisa lebih leluasa untuk menyimpan berkas, memasang aplikasi, merekam video, atau mengambil foto sebanyak-banyaknya tanpa khawatir ruang yang tersedia akan cepat penuh.

5. Baterai dan Pengisian Daya Mumpuni

Ponsel keluaran baru ini juga termasuk sebagai salah satu perangkat dengan baterai yang besar. Infinix soalnya sudah membenamkan kemampuan penyimpanan daya hingga kapasitas 5.000mAh ke dalam bodinya.

Saat menggunakan perangkat Infinix Zero 30 5G untuk beraktivitas, kita pun bisa lebih tenang. Kita tidak perlu khawatir baterai ponsel ini akan cepat habis dan memaksa kita melakukan pengisian daya dalam kondisi penting.

Teknologi pengisian yang digunakan oleh Infinix Zero 30 5G juga sudah berdaya 68W. Kalau terpaksa harus mengisi daya, kita pun tak perlu menunggu lama agar perangkat dapat dipakai kembali. Baterainya bahkan bisa terisi hingga 80 persen dalam waktu 30 menit saat memakai dukungan tersebut.

Kekurangan Infinix Zero 30 5G

1. Tidak Membawa Jack Audio

Hadir tanpa jack audio, perangkat ini sayangnya bakalan kurang cocok apabila kita lebih senang perangkat kabel untuk mendengarkan musik, memutar video, atau bermain game. Kecuali kita memang berencana memakai DAC yang bisa dipasang melalui USB Type-C untuk meningkatkan kualitas suara.

Kabar baiknya, Infinix Zero 30 5G sudah membawa dukungan audio yang lumayan bagus. Perangkat ini di antaranya mempunyai speaker ganda yang mendukung pemutaran Hi-Res Audio dan sudah disetel menggunakan teknologi DTS Audio.

2. Tidak Ada Slot Micro SD

Selaras dengan hilangnya jack audio, Infinix Zero 30 5G juga memperlihatkan kesan yang semakin premium dengan menghilangkan dukungan pemasangan media penyimpanan eksternal. Perangkat ini tidak mempunyai slot khusus untuk Micro SD atau jenis memori lainnya.

Namun untungnya, kita tak perlu khawatir dengan hal tersebut. Perangkat ini sudah membawa media penyimpanan internal berkapasitas sangat besar seperti apa yang sudah kami jelaskan di bagian atas. Jadi bisa tetap nyaman untuk digunakan.

3. Jaminan Pembaruan Software Terbatas

Berdasarkan informasi yang kami terima, Infinix berjanji akan memberikan dukungan pembaruan peranti lunak hingga selama 2 tahun. Adapun di dalamnya termasuk 1 kali pembaruan mayor Android serta 2 tahun Google Security patch updates.

Jaminan pembaruan tersebut sayangnya masih kalah jika dibandingkan dengan beberapa manufaktur lain. Dengan banderol harga melebihi Rp4 juta, hal tersebut pun sangat disayangkan karena seharusnya perangkat bisa digunakan hingga lebih dari 3 tahun.

Ketika diluncurkan, perangkat ini untungnya sudah menggunakan antarmuka XOS 13 yang mana menawarkan sistem Android 13 sebagai basisnya. Jadi tak akan begitu ketinggalan ketika dukungan pembaruan untuknya sudah ditinggalkan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar