ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan Itel P40 – Cuma Rp1 Jutaan!

Kelebihan dan Kekurangan Itel P40 Header

Gadgetre – Berada di bawah naungan Transsion Holding yang merupakan induk dari Infinix dan TECNO, Itel juga gencar menghadirkan ponsel entry-level menarik seperti Itel P40 di Indonesia.

Itel P40 dijual dengan harga yang sangat murah mencapai Rp1.119.000 untuk varian penyimpanan internal 64 GB dan Rp1.189.000 untuk varian penyimpanan internal 128 GB.

Di kisaran harga tersebut, sangat jarang seri ponsel yang mempunyai penyimpanan internal sebesar itu. Sementara itu, Itel P40 pun hadir dengan tiga pilihan warna yang terdiri dari Black, Blue, dan Gold.

Kelebihan Itel P40

1. Bisa Jalankan Aplikasi Multitasking

Itel P40 System

Itel P40 dapat menjalankan aplikasi secara multitasking dengan lancar karena telah menggunakan chipset Unisoc SC9863A Octa-Core 1,6 GHz yang dikombinasikan dengan RAM 4 GB. Apalagi terdapat fitur Memory Fusion hingga 3 GB agar dapat meningkatkan kinerja multitasking menjadi lebih lancar.

Bahkan Itel pun mengklaim bahwa kombinasi antara RAM 4 GB + Memory Fusion 3 GB mampu menjalankan 48 hingga 72 aplikasi secara simultan di ponsel Itel P40. Sementara penyimpanan internalnya pun terasa lega karena memiliki pilihan 64 GB atau 128 GB untuk memudahkan pengguna menyimpan banyak aplikasi, game, maupun file sekaligus.

2. Desain Menarik

Itel P40 Design

Perangkat ini memiliki bodi belakang dengan bahan polikarbonat yang tidak licin sehingga nyaman ketika digenggam dengan satu tangan. Bodi belakangnya pun terlihat menarik karena memiliki pola garis-garis.

Tepat di bagian atas belakangnya terdapat kotak yang berisikan dua lingkaran belakang yang berisikan dua kamera belakang, LED Flash, sensor fingerprint, dan tulisan 6000 mAh Mega Power.

Pada bagian bawah Itel P40 terdapat port jack audio 3,5mm, port microUSB, dan lubang speaker. Sementara pada sisi kanan terdapat tombol Volume dan Power yang disusun secara vertikal. Beralih ke sisi kirinya terdapat dua slot kartu SIM yang terpisah dengan slot microSD.

3. Layar Luas

Itel P40 Display

Itel P40 menggunakan layar yang memenuhi bagian depan dengan lebar 6,6 inci dan rasio layar ke bodi 90% sehingga mampu menampilkan konten dengan area yang luas.

Selain itu, layarnya menggunakan teknologi IPS LCD dan resolusi HD+ (1612 x 720 piksel) yang dapat menampilkan konten dengan jelas dan warna yang bagus.

4. Daya Tahan Baterai Lama

Itel P40 Battery

Dengan baterai berkapasitas 6.000mAh, Itel P40 diklaim mampu bertahan selama 16 jam untuk memainkan game, 21 jam untuk SMS, 28 jam untuk menjalankan film, 32 jam untuk telepon, atau 57 hari dalam kondisi siaga.

Dengan chipset yang tidak terlalu boros mengonsumsi energi dan kapasitas baterai besar, tentunya membuat ponsel ini mampu bertahan sangat lama seperti klaim dari Itel.

Namun tetap saja daya tahan dari Itel P40 akan berbeda-beda tergantung dari kebiasaan masing-masing penggunanya. Dengan fitur 18W Fast Charging, pengisian daya baterai pada perangkat ini dari 0% ke 100% hanya 2,5 jam saja.

5. Terdapat Fitur Biometrik

Itel P40 Full Design

Untuk ponsel dengan harga Rp1,1 jutaan, Itel P40 sudah membawa fitur biometrik seperti sensor fingerprint pada bagian belakangnya yang memudahkan pengguna untuk membuka kunci layar dengan cepat menggunakan sidik jari sehingga tidak perlu memasukkan PIN, Password, atau Pattern terlebih dulu.

Sistem pada ponsel ini pun mengizinkan hingga 5 sidik jari berbeda didaftarkan pada ponsel ini agar dapat dengan bebas menggunakan jari yang mana untuk membuka kunci layar..

Kekurangan Itel P40

1. Tidak Dapat Dipaksakan Untuk Game Berat

Itel P40 Gaming

Meskipun dapat menjalankan aplikasi secara multitasking, namun chipset Unisoc SC9863A Octa-Core 1,6 GHz tidak terlalu tangguh untuk menjalankan game berat dengan pengaturan grafis dan frame rate tinggi.

Mau tidak mau pengguna ponsel ini hanya dapat menggunakan pengaturan grafis dan frame rate rendah agar game yang dimainkan dapat berjalan dengan lancar. Dengan begitu, sebaiknya pengguna tidak perlu memaksakan untuk menjalankan aplikasi atau game yang berat agar terasa nyaman.

2. Masih Menggunakan microUSB

Ponsel masa kini rata-rata sudah menggunakan port USB Type-C untuk transfer data maupun pengisian daya baterai. Namun justru Itel P40 masih menggunakan port microUSB pada bagian bawahnya.

3. Kamera Depan 5 MP

Itel P40 Poni

Kamera depan Itel P40 masih menggunakan resolusi 5 MP yang mana kalah dibandingkan dengan ponsel Rp1 jutaan masa kini lainnya yang membawa 8 MP atau 13 MP agar dapat menghasilkan foto selfie dengan hasil yang baik.

Apalagi nantinya resolusi yang kecil ini akan sangat terlihat lagi kekurangannya ketika mengambil foto di malam hari dimana wajah dari subjek maupun latar belakangnya akan terlihat kurang terang dan memiliki banyak noise.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar