ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Share Screen WhatsApp Saat Video Call Bersama

Cara Share Screen WhatsApp Header

Gadgetren – Saat ini WhatsApp dikabarkan tengah melakukan pengujian fitur barunya untuk versi Beta yang bernama Screen Sharing atau berbagi layar dengan pengguna lain pada saat melakukan panggilan video.

Fitur berbagi layar ini mirip seperti yang dimiliki pada platform video telekonferensi Zoom dan Microsoft Teams yang mana penggunanya bisa membagikan layar yang berisi dokumen untuk keperluan presentasi, meeting, atau konten tertentu seperti video.

Meskipun fitur berbagi layar ini belum tersedia dalam versi final, pengguna WhatsApp pun sudah banyak yang penasaran terkait fitur yang satu ini. Saat ini Screen Sharing sendiri bisa dicoba pada WhatsApp Beta versi 2.23.11.19 untuk Android dan versi 2.2322.1.0 untuk Windows.

Untuk Android, kamu bisa mendapatkan versi Beta di Google Play Store dan untuk versi Windows melalui Microsoft Store. Fitur Screen Sharing akan tampil dengan ikon khusus. Kamu pun harus melakukan panggilan video dulu kemudian fitur berbagi layar akan muncul di bawah.

Cara Share Screen WhatsApp

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih salah satu nama kontak untuk melakukan panggilan video.
  • Ketuk ikon tombol panggilan video.
  • Setelah panggilan berlangsung, ketuk ikon Screen Sharing di bawah layar dekat ikon kamera.
  • Pilih dokumen atau konten lain dari galeri yang ingin dibagikan.
  • Screen Sharing akan berlangsung.
  • Jika ingin mengakhiri, pilih ikon tombol ‘Berhenti berbagi layar’ di bawah layar.

Belum diketahui kapan fitur Screen Sharing bisa dinikmati oleh pengguna WhatsApp secara umum, namun biasanya fitur baru akan tersedia secara bertahap sehingga kamu harus terus memastikan versi aplikasi WhatsApp yang digunakan selalu terbaru.

Selain itu, kamu juga harus selalu berhati-hati saat menggunakan fitur ini karena informasi sensitif bisa saja muncul saat kamu berbagi layar. Jadi pastikan terlebih dulu apakah ada informasi penting atau tidak ketika ingin membagikan suatu konten.

Share Screen tentunya bakal menjadi fitur yang menarik untuk digunakan. Salah satunya juga untuk memperlihatkan menu pengaturan jika ponsel mengalami masalah maupun memperlihatkan konten penting tanpa harus mengirimnya terlebih dahulu.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar