ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Ini 8 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y27 4G – Baterai Tahan Lama!

vivo Y27 4G - Feature

Gadgetren – Untuk menjangkau segmen ponsel 4G kelas menengah dengan harga murah, vivo telah meluncurkan vivo Y27 di Indonesia.

Sertifikasi IP54 membuktikan bahwa perangkat ini telah tahan terhadap debu dan cipratan air. Sebagai ponsel masa kini, vivo Y27 juga sudah dilengkapi dengan Funtouch OS 13 berbasiskan Android 13.

Terdapat fitur Ultra Game Mode yang dapat meningkatkan performa ponsel ketika game sedang berjalan. Aplikasi iManager pada produk ini dapat memantau waktu penggunaan aplikasi hingga mencegah kepanasan.

Kelebihan vivo Y27

1. Performa Lancar

vivo Y27 telah diotaki chipset MediaTek Helio G85 (12nm) Octa-Core 2 GHz yang sudah didukung fitur MediaTek HyperEngine Gaming Technology sehingga memungkinkan game dapat berjalan optimal.

Sementara aplikasi mampu berjalan secara multitasking dengan lancar berkat RAM berkapasitas 6 GB. Apalagi ditambah juga fitur RAM Extended hingga 6 GB.

vivo V27 - RAM

Terdapat juga fitur RAM Saver yang mampu meningkatkan efisiensi penggunaan RAM hingga 500 MB untuk lebih banyak ruang serta peralihan aplikasi lebih lancar dan lebih cepat. Sementara penyimpanan internalnya mencapai 128 GB untuk menyimpan banyak file, aplikasi, maupun game sesuka hati.

2. Layar yang Nyaman di Mata

Dari bagian depan, vivo Y27 menggunakan layar penuh 6,64 inci dengan teknologi IPS LCD dan resolusi Full HD+ (2388 x 1080 piksel) yang dapat menampilkan konten dengan luas serta nyaman di mata.

vivo Y27 Front

Dengan tingkat kecerahan puncak 600 nits dan fitur Sunlight Display, penggunanya masih dapat melihat konten pada layar dengan jelas walaupun sedang berada di bawah terik matahari sekalipun.

3. Daya Tahan Lama dengan 44W FlashCharge

Dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, ponsel yang satu ini diklaim vivo mampu bertahan selama 5,89 jam untuk memainkan game online, 16,63 jam untuk streaming video, atau 781,81 jam dalam kondisi siaga.

Namun tentunya daya tahan baterai dari masing-masing pengguna akan berbeda-beda tergantung dari kebiasaan pemakaian sehari-hari. Baterainya juga dilengkapi dengan fitur 24-Dimension Security Protection sehingga dapat memberikan perlindungan ketika ponsel ini digunakan dalam jangka waktu yang lama.

vivo V27 Baterai 5000mAh

Terdapat juga fitur 44W FlashCharge yang memungkinkan pengisian daya baterai terasa cepat dari kondisi 0% ke 30% hanya memakan waktu 15 menit saja. Meskipun dapat mengisi daya baterai cepat, namun vivo mengklaim fitur ini aman karena terdapat beberapa lapisan perlindungan.

4. Desain Menarik

Untuk memikat lebih banyak orang, bodi belakang vivo V27 menggunakan bahan plastik menyerupai kaca dengan permukaan Crystalline Matte yang tahan goresan sehingga terlihat menarik ketika dilihat oleh mata.

Apalagi varian warna Sea Blue menghadirkan warna gradasi biru kehijauan yang berkilau ketika terkena pantulan cahaya dan dilihat dari sudut pandang yang berbeda-beda. Varian Burgundy Black menampilkan warna hitam gelap ke terang yang membuatnya terlihat trendi.

vivo Y27 All Back

Dengan ketebalan 8,07mm dan bobot 190 gram, vivo Y27 masih nyaman untuk digenggam satu tangan. Pada sisi kanannya terdapat tombol Volume dan Power yang disusun secara vertikal.

Pada sisi kirinya terdapat slot kartu SIM dan microSD. Sedangkan pada bagian bawah ponsel ini terdapat port jack audio 3,5mm, port USB Type-C, dan lubang speaker.

5. Kamera Utama Beresolusi Besar

Dari sektor fotografi, vivo Y27 hadir dengan kamera belakang utama 50 MP yang mampu menghasilkan foto berkualitas baik, terutama pada saat dicetak di media berukuran besar.

Dukungan 4-in-1 pixel binning yang dapat menggabungkan empat piksel kecil menjadi satu piksel besar untuk menyerap banyak cahaya membuat kamera utamanya dapat menghasilkan foto 12,5 MP dengan hasil yang bagus dan kualitas meningkat.

vivo Y27 4G - Camera

Terdapat kamera bokeh 2 MP yang dapat digabungkan dengan kamera utamanya untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh secara instan. Hadirnya fitur Night Mode dapat membantu kamera utamanya menghasilkan foto malam hari yang terang dan tajam.

Kekurangan vivo Y27

1. Kamera Ultrawide

Dengan harga yang mencapai Rp2.499.000, vivo Y27 belum dilengkapi dengan kamera ultrawide. Padahal ponsel kompetitor di kelas harga yang sama sudah menggunakan kamera jenis ini.

Dengan tidak hadirnya kamera ultrawide, penggunanya harus menggunakan metode Panorama yang merepotkan karena harus menggeser kamera utama dari kiri ke kanan atau sebaliknya secara perlahan.

2. Belum Dilengkapi NFC

Bisa dibilang NFC (Near Field Communication) menjadi salah satu fitur yang sudah banyak diadopsi oleh ponsel Rp2 jutaan karena memudahkan penggunanya dapat mengecek atau mengisi saldo kartu e-money secara cepat.

Sayangnya vivo Y27 belum dilengkapi dengan fitur NFC tersebut. Dengan begitu, kamu perlu memilih ponsel vivo dengan harga yang lebih mahal untuk mendapatkan fitur ini. Atau mau tidak mau mencari ponsel merek lain di harga yang sama untuk mendapatkan fitur ini.

vivo V27 Waterdrop

3. Berponi waterdrop

Meskipun sudah mengusung desain layar yang memenuhi bagian depan dan bezel yang kecil, namun vivo Y27 masih menggunakan poni berbentuk waterdrop di bagian atasnya. Padahal perangkat ini bisa menjadi terlihat lebih modern ketika menggunakan punch hole.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar