ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y27 5G, Desainnya Cantik!

vivo Y27 5G

Gadgetren – Dengan harga Rp2.599.000, vivo Y27 5G sudah dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang memudahkan pengguna untuk mengecek atau mengisi saldo kartu e-money.

Selain itu, NFC  juga dapat dimanfaatkan untuk menduplikasi beberapa kartu akses sehingga memudahkan dalam membuka pintu tanpa perlu menggunakan kartu lagi. Namun perlu dicatat bahwa tidak semua kartu dapat diduplikasi.

Hadirnya sertifikasi IP54 membuktikan bahwa vivo Y27 5G telah tahan terhadap debu dan cipratan air. Tak ketinggalan, perangkat ini pun sudah diuji coba untuk tahan terhadap goresan, terjatuh, dan terkena suhu ekstrem.

Kelebihan vivo Y27 5G

1. Lancar Menjalankan Aplikasi

vivo Y27 5G RAM 6 GB

Dapur pacu dari vivo Y27 5G ini sudah dipercayakan pada Dimensity 6020 (7nm) Octa-Core 2,2 GHz yang sudah dibekali MediaTek HyperEngine 3.0 Lite gaming technology sehingga mampu meningkatkan performa ketika game sedang berjalan.

RAM 6 GB dipercaya untuk menangani aktivitas multitasking aplikasi secara lancar di vivo Y27 5G. Bahkan terdapat fitur Extended RAM hingga 6 GB yang dapat meningkatkan kinerjanya terutama dalam hal multitasking.

Terdapat fitur RAM Saver yang secara efisien dapat membuat penggunaan RAM hingga 500 MB untuk lebih banyak ruang serta peralihan aplikasi yang lebih cepat. Untuk penyimpanan internalnya memiliki kapasitas besar mencapai 128 GB sehingga dapat menampung banyak aplikasi, game, dan file sekaligus.

2. Area Layar Luas

vivo Y27 5G Screen

Mengusung desain yang memenuhi bagian depan, layar 6,64 inci dengan resolusi Full HD+ (2388 x 1080 piksel) mampu menampilkan konten dengan jelas dan memiliki area yang luas. Ponsel ini juga sudah didukung multi sentuh hingga 10 jari sekaligus pada layar.

Terdapat fitur Sunlight Display dan tingkat kecerahan hingga 600 nits yang dapat memungkinkan penggunanya masih dapat melihat konten pada layar dengan kelas walaupun sedang berada di bawah sinar matahari yang terik sekalipun.

3. Daya Tahan Lama­­ dan Pengisian Cepat

vivo Y27 5G - Baterai

vivo Y27 5G berbekal baterai 5.000 mAh diklaim mampu bertahan selama 5,81 jam untuk menjalankan game online, 16,63 jam untuk memutar video online, atau 781,81 jam untuk siaga.

Fitur 15W FlashCharge memungkinkan pengisian daya baterainya mampu berjalan dengan cepat. Terdapat fitur Nighttime Charging Protection yang mampu mengamankan pengisian daya saat malam hari akan melambat dan dipercepat kembali setelah jam 6 pagi sehingga daya baterai akan terisi penuh ketika pengguna bangun.

4. Desain Menawan

vivo Y27 5G All

Meskipun perangkat ini memiliki harga Rp2 jutaan, namun sudah memiliki desain yang menawan dengan dua pilihan warna yang terdiri dari Satin Purple dan Mystic Black.

Satin Purple mampu menghadirkan gradasi ungu yang dipadukan dengan berbagai warna seperti biru, biru muda, hijau, ungu muda, dan lainnya ketika terkena pantulan cahaya dan dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

Sementara Mystic Black menghadirkan gradasi warna hitam pekat dan hitam terang yang membuatnya terlihat kalem dan elegan ketika dilihat secara kasat mata. Pada bagian belakangnya juga terdapat dua lingkaran besar untuk kamera dan LED Flash di dalam kotak yang membuat desain menjadi tambah menarik lagi.

5. Kamera Utama 50 MP

vivo Y27 5G Camera

Perangkat ini mempunyai dukungan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan depth 2 MP. Kamera utamanya mampu menghasilkan foto dengan kualitas baik dan warna yang nyaman dilihat orang.

Kombinasi kamera utama dan depth dapat membuat hasil fotonya memiliki efek bokeh secara instan. Terdapat juga fitur Night Mode yang dapat membuat foto di malam hari menjadi lebih jelas dibandingkan Auto Mode.

Untuk kamera depan 8 MP pun dapat menghasilkan foto selfie dengan cukup baik, terutama dengan wajah subjek yang mulus. Kamera depannya juga dapat dimanfaatkan untuk video call dan Face Unlock.

Kekurangan vivo Y27 5G

1. Masih Menggunakan Poni

vivo Y27 5G - Poni

Ponsel  yang satu ini masih mengusung poni berbentuk waterdrop di bagian depan untuk menyimpan kamera depan dan mengurangi bezel bagian atas layarnya. Bisa dibilang penggunaan desain ini terasa kurang modern karena perangkat di harga Rp2 jutaan lain sudah banyak yang menggunakan punch hole untuk menjadi rumah bagi kamera depannya.

2. Tidak Memiliki Kamera Ultrawide

vivo Y27 5G - No ultrawide

vivo Y27 5G juga belum menggunakan kamera ultrawide sama sekali, padahal ponsel kompetitor di kisaran harga yang sama sudah memiliki kamera ini. Apalagi fungsinya cukup penting karena mampu menghasilkan foto dengan area yang luas secara instan.

Dengan tidak hadirnya kamera ultrawide, membuat penggunanya harus menggunakan mode Panorama dengan menggeser bidikan secara perlahan dari kiri ke kanan atau sebaliknya agar mendapatkan hasil foto dengan area yang luas.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar