ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Aplikasi Edit Foto Galaxy Enhance-X Kini Hadir di Lebih Banyak Samsung Galaxy

Galaxy Enhance-X Apps

Gadgetren – Aplikasi Galaxy Enhance-X yang awalnya hanya tersedia pada Galaxy S23 Series kini dapat dinikmati di lebih banyak ponsel premium Galaxy.

Galaxy Enhance-X yang telah tersedia secara resmi pada 20 Juni 2023 sudah bisa diunduh melalui Galaxy Store untuk deretan ponsel premium Samsung Galaxy.

Yang mana meliputi Galaxy S23 Series, S22 Series, S21 Series, S20 Series, Note20 Series, Z Fold4, Z Flip4, Z Fold3, Z Flip3, Z Fold2, Z Flip 5G, dan Z Flip LTE yang setidaknya sudah menjalankan One UI 5.1.

Sementara untuk ponsel dari keluarga Galaxy A Series, Galaxy M Series dan Galaxy Tablets belum mendapatkannya, namun dikatakan akan tersedia dalam beberapa waktu mendatang.

Galaxy Enhance-X sendiri merupakan aplikasi edit foto yang menawarkan beragam fitur dengan dukungan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memberikan peningkatan kualitas lewat sekali ketukan.

Dengan begitu proses edit maupun remaster foto menjadi lebih mudah untuk dilakukan sehingga membantu pengguna dalam menampilkan aspek yang ingin jadi sorotan dalam sebuah foto.

Oleh karena itu fitur yang diberi nama Magic pada Galaxy Enhance-X pun dihadirkan sebagai solusi satu pintu dalam meningkatkan kualitas gambar. Fitur Magic dapat secara otomatis memperbaiki noise, keburaman, dan detail agar gambar terlihat jadi lebih hidup.

Galaxy Enhance-X Magic

Di samping itu, Galaxy Enhance-X juga menyediakan fitur untuk mendapatkan HDR lebih baik dengan menganalisis highlight, shading, kecerahan, dan kontras gambar untuk menghasilkan rentang dinamis yang lebih luas.

Pengguna pun dapat mengatur tingkat intensitas peningkatan yang diinginkan mulai dari level 1 hingga 4. Bersamaan dengan itu, aplikasi ini juga mendukung fitur upscale untuk meningkatkan ketajaman foto yang memiliki resolusi di bawah 1MP hingga empat kali lipat.

Fitur ini pun cocok digunakan untuk gambar-gambar yang biasanya diterima melalui aplikasi pesan instan maupun media sosial yang mana kerap kali sudah melewati proses kompres. Jadi gambar dapat kembali terlihat lebih jelas.

Tidak hanya fitur edit foto secara menyeluruh, Galaxy Enhance-X juga menyediakan fitur seperti Fix Moire dan Remove Shadows yang masing-masing memiliki fungsi lebih spesifik.

Galaxy Enhance-X Fix Moire

Fix Moire misalnya dapat digunakan untuk menghaluskan pola distorsi seperti garis-garis hitam yang biasanya sering muncul ketika memotret layar baik itu laptop, TV, atau monitor sehingga gambar terlihat lebih halus.

Sementara Remove Shadows sesuai namanya akan menghapus bayangan mengganggu yang tertangkap kamera sehingga membuat foto tampak lebih cerah. Tentunya ini akan sangat berguna mengingat bayangan sering menjadi momok karena dapat muncul dari arah mana saja

Selain untuk foto-foto yang diambil pada masa kini, Galaxy Enhance-X pun dapat digunakan untuk merestorasi foto-foto lawas yang memiliki warna pudar. Melalui fitur yang diberi nama Old Photo, teknologi AI digunakan untuk membuat foto terlihat lebih jernih dan jelas sambil tetap menjaga keakuratannya.

Galaxy Enhance-X Old Photo

Tak ketinggalan Galaxy Enhance-X juga menyediakan fitur standar yang biasa ditemukan pada aplikasi edit foto seperti Brighten, Fix Blur, Sharpen, Remove Reflection, dan Fix Lens Distortion untuk membuat foto terlihat sesuai keinginan.

Selain itu juga ada fitur Portrait dan Face yang secara khusus Samsung hadirkan untuk mengoptimalkan pencahayaan dan keseimbangan pada foto portrait yang diambil. Seluruh fitur tersebut dapat diakses hanya melalui sentuhan jari.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar