ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Semakin Kencang, AMD Ryzen 7000 Series dengan Kecerdasan Buatan Resmi Rilis di Indonesia

Semakin Kencang, AMD Ryzen 7000 Series dengan Kecerdasan Buatan Resmi Rilis di Indonesia

Gadgetren – AMD baru-baru ini menyelenggarakan acara peluncuran prosesor terbarunya yang ditujukan untuk perangkat laptop melalui Ryzen 7000 Series Processors di Indonesia.

Diketahui jajaran prosesor terbaru AMD ini telah hadir lebih dulu melalui beberapa vendor laptop yang bekerjasama seperti ASUS ROG, Acer, dan Lenovo. AMD menyebutkan Ryzen 7000 Series Processors ditujukan untuk semua segmen pengguna termasuk pekerja hibrid hingga profesional, pemain game kasual maupun gamer profesional, dan kreator konten.

Melalui Ryzen 7000 Series Processors, AMD menawarkan kinerja performa perangkat laptop yang kencang untuk pembuat konten dan gamer sekaligus memberikan ketahanan dan efisiensi baterai.

Salah satu seri prosesor yakni seri 7045HX yang dibangun menggunakan arsitektur Zen4 menyuguhkan varian tertinggi yang memiliki 16 core dan 32 thread. Prosesor tersebut menawarkan kecepatan hingga 5.4Ghz boost frequency dengan total cache sebesar 80MB dan TDP hingga 75.

AMD juga memamerkan seri Ryzen 7040 yang mencakup 7040HS dan 7040U. Keduanya ditujukan untuk perangkat laptop tipis dan ringan yang bisa digunakan untuk bermain game berat maupun kreator konten.

AMD-Ryzen-7000-Series-5

Untuk Ryzen seri 7040HS memiliki varian tertinggi Ryzen 9 7940HS yang mempunyai boost frequency mencapai 5.2Ghz dengan total cache 24MB dan TDP hingga 45W. Sementara Ryzen seri 7040U mempunyai varian tertinggi Ryzen 7 7840U yang menghadirkan kecepatan boost frequency 5.1GHz.

Khusus untuk Ryzen seri 7040, pihak AMD pun memberikan fitur terbaru untuk mengoptimalkan kinerjanya melalui AMD Ryzen AI yang disebut akan meningkatkan pengalaman penggunaan laptop pengguna.

Yang mana dengan dukungan AMD Ryzen AI, laptop dengan prosesor Ryzen seri 7040 memiliki hardware AI khusus yang dirancang untuk mempercepat beban kerja berbasis AI dan menyeimbangkan kinerja optimal sekaligus penggunaan daya yang optimal.

AMD-Ryzen-7000-Series-4.

Selain  itu, AI juga disebut akan memberikan ketahanan baterai yang panjang, kecepatan performa yang stabil dan rendah latensi, hingga fitur-fitur yang disematkan pada laptop akan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk pengguna.

Di Indonesia kabarnya prosesor Ryzen seri 7040 dan Ryzen 7045 HX  akan hadir untuk jajaran produk laptop ACER dan HP pada kuartal ketiga tahun 2023 ini diikuti oleh brand-brand lainnya yang akan segera menyusul.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar