ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Acer Swift X 14 Dirilis, Laptop Ramping dengan Intel Core i7 13700H dan RTX 4050

Acer Swift X 14 - Feature

Gadgetren – Acer resmi meluncurkan laptop Swift X Series terbarunya di Indonesia yakni Swift X 14 (SFX14-71G) yang ditenagai prosesor Intel Core Generasi ke-13.

Laptop ini menyasar para kreator konten untuk menjalankan software dengan kebutuhan spesifikasi tinggi untuk pembuatan karya 3D, video, live streaming, hingga memainkan game.

Swift X 14 dijual di Indonesia dengan harga Rp22.999.000 untuk varian RAM 16 GB + SSD NVMe 512 GB dan Rp24.999.000 untuk varian RAM 32 GB + SSD NVMe 1 TB.

Acer Swift X 14 - Logo Intel NVIDIA

Selain sudah mendapatkan Windows 11 Home dan Microsoft Office Home & Student 2021, pembeli laptop ini juga akan mendapatkan layanan garansi 3 tahun perbaikan, 2 tahun komponen, dan 1 tahun Accidental Damage Protection yang memberikan prioritas layanan serta perlindungan terhadap kecelakaan penggunaan yang tidak disengaja.

Acer Swift X 14 sudah dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7-13700H yang didukung GPU NVIDIA GeForce RTX 4050 VRAM 6 GB memiliki performa bertenaga yang mampu menangani aplikasi desain grafis, editor video, maupun pemodelan 3D dengan lancar.

Laptop ini sudah menggunakan layar 14 inci dengan teknologi OLED, resolusi 2,8K (2880 x 1800 piksel), rasio 16:10, dan color gamut 100% DCI-P3 yang mampu menampilkan konten dengan terang serta tajam sehingga memanjakan mata saya.

Berkat refresh rate 120Hz, membuat gerakan transisi maupun animasi yang ditampilkan pada layar terasa halus. Saya sendiri merasa bahwa layarnya memang mampu menampilkan video dengan warna yang kaya dan animasi yang mulus ketika saya menonton di situs YouTube.

Laptop ini telah mendapatkan sertifikasi EyeSafe dari TUV Rheinland sehingga konten yang ditampilkan oleh layarnya masih dapat dilihat secara nyaman oleh mata dalam jangka waktu yang lama.

Acer Swift X 14 - NVIDIA Canvas

Menariknya lagi pada laptop ini sudah langsung terpasang aplikasi NVIDIA Canvas Beta yang memungkinkan penggunanya dapat langsung menghasilkan sebuah karya gambar yang realistis.

Saya sempat mencoba NVIDIA Canvas Beta dimana membuat dua gunung yang dihiasi oleh air laut hanya dengan membuat bentuk sederhana saja di kanvas. Nantinya kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dari NVIDIA akan langsung membuatkan gambar yang realistis.

Tersedia banyak material bentuk yang disediakan oleh NVIDIA Canvas Beta ini, mulai dari gunung, awan, laut, sungai, bunga, rumput, hujan, dan masih banyak lagi yang dapat dikreasikan sesuai kebutuhan.

Berkat kemampuan hardware yang dibenamkan pada Swift X 14, proses untuk menghasilkan gambar di NVIDIA Canvas Beta pun mampu berjalan dengan cepat. Terdapat juga tombol pintasan pada keyboard dengan kombinasi Fn dan F yang dapat ditekan bersamaan untuk mengubah performa dari laptop mulai dari mode Silence, Normal, Performance, dan Turbo.

Pada mode Silence ini, tentunya laptop akan diefisiensikan untuk hemat dalam mengkonsumsi daya baterai. Sementara pada mode Turbo, performa laptop akan dimaksimalkan sehingga mampu menangani beragam aktivitas berat dengan lancar.

Acer Swift X 14 - Mode

Berbekal baterai 76Wh, laptop ini diklaim pihak Acer mampu bertahan selama 13 jam dalam pemakaian normal. Dalam boks penjualannya pun, sudah tersedia adaptor charger 100W yang menggunakan port USB Type-C sehingga pengisian daya baterainya mampu berjalan dengan cepat.

Di atas layar terdapat kamera beresolusi HD (1080p) yang didukung teknologi Acer PurifiedView sehingga mampu menampilkan gambar jernih ketika video call maupun conference. Terdapat fitur Automatic Framing, kamera secara cerdas dapat membingkai wajah pengguna dalam posisi yang pas.

Acer Swift X 14 - Display

Hadir juga fitur Eye Contact yang dapat membuat pengguna seolah-olah selalu melihat ke depan kamera. Laptop ini juga sudah didukung Acer PurifiedVoice dengan AI Noise Reduction untuk meredam noise suara di sekitar sehingga dapat melakukan dan mendengarkan percakapan dengan suara yang lebih jernih.

Untuk sebuah laptop yang memiliki kinerja bertenaga, Acer Swift X 14 mempunyai bobot yang mencapai 1,55 kg dan ketebalan 17,9 mm sehingga masih terasa fleksibel ketika dibawa kemanapun.

Bodi pada laptop ini menggunakan material Aluminium sehingga terasa kokoh ketika dipegang. Sementara warna Steel Gray membuat laptop ini menawan ketika dilihat secara kasat mata.

Tepat pada tombol Power terdapat sensor fingerprint dengan dukungan Windows Hello yang mampu memberikan kemudahan dalam membuka kunci layar di laptop yagn satu ini dengan cepat.

Acer Swift X 14 - Port

Touchpad Acer Swift X 14 menggunakan bahan OceanGlass yang ramah lingkungan serta terasa nyaman ketika disentuh dan presisi untuk navigasi menu maupun aplikasi yang tampil di layar.

Pada pinggir kanan laptop ini terdapat Kensington Lock, port USB 3.2 Gen 1, dan microSD Slot. Beralih ke bagian pinggir kirinya terdapat port HDMI 2.1, USB 3.2 Gen 2, jack audio 3,5mm, dan 2 port USB Type-C Thunderbolt 4.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar