ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Merekam Layar Ada Suaranya di HP vivo Supaya Tidak Hening

Cara Merekam Layar Ada Suaranya di HP vivo Header

Gadgetren – Dilengkapi dengan FunTouch OS berbasiskan Android, ponsel vivo telah memiliki beragam fitur yang mampu menunjang aktivitas sehari-hari pengguna.

Tidak hanya diberikan fitur untuk mengambil screenshot secara mudah, sistem pada ponsel vivo ini juga sudah menghadirkan fitur Screen Record bawaan yang memudahkan penggunanya untuk melakukan perekaman layar.

Biasanya perekaman layar sendiri digunakan untuk menyimpan konten bergerak seperti tips dan trik ketika bermain game atau tutorial dalam mengakses beragam fitur penting ponsel vivo.

Namun terkadang pada saat tengah menggunakan Screen Record, ternyata suara tidak ikut terekam. Hal ini tentunya membuat video hasil perekaman terasa kurang karena tidak ada audio yang terdengar.

Untuk itulah, kamu dapat mengatur terlebih dulu sumber suara yang akan direkam pada fitur Screen Record. Setelah pengaturan, seharusnya hasil video perekaman layar akan mengeluarkan suara juga.

Cara Merekam Layar Ada Suaranya di HP vivo

  1. Sapu layar dari atas ke bawah dengan satu jari.
  2. Pada Quick Settings, tekan dan tahan tombol Record Screen beberapa saat.
    vivo - Record Screen - Settings
  3. Pada halaman Record Screen, tekan menu Record sound.
    vivo - Record Screen - record sound 1
  4. Pada menu pop-up Record sound, pilih sumber suara dari System audio.vivo - Record Screen - record sound 2

Ada beberapa opsi yang bisa dipilih seperti System audio yang akan mengambil sumber suara dari ponsel vivo. Sementara Microphone audio akan mengambil sumber suara dari mikrofon sehingga kamu bisa sambil berbicara.

Apabila dirasa memang membutuhkan kedua sumber suara tersebut, maka dapat memilih System audio and microphone sound. Selanjutnya kamu pun dapat merekam layar seperti biasa setelah opsi dipilih.

Kamu tinggal mengikuti langkah serupa untuk memunculkan Quick Setting dan menekan menu Record screen. Jika dirasa sudah selesai merekam, kamu tinggal menekan tombol Stop dengan ikon kotak merah pada menu yang melayang.

vivo - Record Screen - Active

Perlu dicatat bahwa kamu juga dapat mengatur kualitas resolusi dari video perekaman layar dengan pilih High dan Low. Untuk High akan menggunakan resolusi HD (720p) dan Low pada resolusi SD (480p).

Semakin tinggi resolusi yang digunakan dan lamanya durasi perekaman, tentunya akan membuat ukuran file dari hasil video perekaman layar menjadi lebih besar.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar