ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Hands-On Acer Predator Helios Neo 16 – Laptop Gaming Terjangkau yang Bertenaga

Acer Predator Helios Neo 16 - Feature

Gadgetren – Tidak berselang lama sejak penjualan resminya di Tanah Air, Acer Indonesia mengajak tim Gadgetren untuk melakukan hands-on terhadap Acer Predator Helios Neo 16 (PHN16-71-72DN).

Secara kasat mata, laptop yang satu ini mempunyai bagian cangkang atau cover yang didominasi warna hitam dan logo Predator yang memancarkan aura bahwa ini merupakan perangkat gaming.

Uniknya Acer juga turut menghadirkan sandi morse yang tersamarkan pada bagian cangkangnya yang membuat laptop ini terasa misterius dan menawan. Nantinya sandi morse ini akan terlihat jelas ketika terkena pantulan cahaya.

Acer Predator Helios Neo 16 - Morse Code

Pada saat membuka laptop ini, saya langsung menemukan layar 16 inci dengan teknologi IPS, resolusi WXQGA (2560 x 1600 piksel), aspek rasio 16:10, dan sRGB100% yang dapat menampilkan konten dengan jelas dan memiliki reproduksi warna yang cukup akurat sehingga nyaman ketika dilihat oleh mata saya.

Dengan refresh rate hingga 165Hz, membuat layarnya dapat menampilkan gerakan transisi yang halus ketika saya melakukan navigasi antar menu maupun aplikasi. Pada saat menonton konten di YouTube pun, sayan merasa bahwa layar dari laptop mampu menampilkan video dengan baik.

Selain itu layarnya pun sudah mendukung fitur NVIDIA G-SYNC dan NVIDIA Advance Optimus yang diklaim Acer dapat memberikan performa tampilan grafis yang memanjakan mata ketika game atau film sedang dijalankan.

Dapur pacu dari Acer Predator Helios Neo 16 ini dipercayakan pada prosesor Intel Core i7-13700HX generasi ke-13 yang sudah dioptimalkan untuk menjalankan aplikasi dan game berat dengan lancar.

Acer Predator Helios Neo 16 - Toucpad

Sementara RAM DDDR5 5600MHz (Dual Channel) 16 GB dipercaya untuk menangani aktivitas multitasking dari aplikasi maupun game untuk berjalan dengan mulus. Terdapat juga penyimpanan internal PCIE Gen 4 NVMe SSD 1 TB yang dapat menampung banyak data sekaligus.

Bahkan laptop ini sudah menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 4060 dengan VRAM GGDR6 8 GB yang menangani grafis dari sistem operasi, game, maupun aplikasi dengan visual yang nyaman di mata.

Apalagi GPU tersebut ditenagai oleh arsitektur terbaru Ada Lovelace NVIDIA yang dapat memberian pengalaman pencahayaan grafis ray-tracing yang terasa realistis dan hadirnya fitur AI canggih seperti NVIDIA DLSS 3 dan NVIDIA Reflect.

Acer Predator Helios Neo 16 - Keyboard

Di sela-sela acara hands-on, Andreas Lesmana selaku Product Manager Acer Indonesia turut menjelaskan beberapa bagian penting yang hadir pada Acer Predator Helios Neo 16. Andreas mengungkapkan bahwa kombinasi hardware pada laptop ini mampu memberikan pengalaman imersif bagi penggunanya ketika memainkan game berat sekalipun.

“Laptop gaming ini hadir dukungan kipas 3D Aeroblade generasi ke-5 dengan 89 bilah yang mempunyai ketipisan 0,08mm sehingga mampu mengalirkan udara 10% lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya dan 55% lebih baik dibandingkan dengan kipas laptop gaming pada umumnya,” tambah Andreas.

Menurut Andreas, dukungan Liquid Metal Thermal Grease yang hadir pada laptop ini mampu membuat performa CPU bisa tetap maksimal walaupun dipakai dalam aktivitas multitasking ataupun gaming yang berat.

Acer juga turut menghadirkan lubang udara pada bagian sisi kiri, kanan, dan belakang agar sirkulasi udara yang dihasilkan ketika game sedang dimainkan menjadi lebih lancar sehingga membuat suhu tidak cepat panas.

Acer Predator Helios Neo 16 - Left Side with Keyboard

Keyboard dari laptop ini pun memiliki 4 Zone RGB Backlit yang membuat warna cahayanya diatur sesuai dengan selera kita melalui aplikasi Acer PredatorSense yang sudah terpasang secara bawaan.

Dengan tombol – tombol keyboard yang dapat diatur pencahayaannya ini, membuat kita merasa lebih seru ketika memainkan game dalam kondisi ruangan yang redup maupun gelap. Apalagi pada saat sedang bermain bersamaan teman atau tim di dalam satu ruangan yang sama.

Acer Predator Helios Neo 16 - Key

Tombol pintasan Acer PredatorSense sendiri memiliki ikon Acer Predator yang terdapat di bagian numlock pada keyboard di laptop ini. Sementara tepat di atas keyboard, terdapat tombol Mode berikon garis lurus yang dapat diatur untuk performa dari laptop, seperti Turbo, Performance, Balanced, atau Quiet.

Menurut Andreas, Acer PredatorSense ini juga dapat digunakan untuk mengatur sistem agar kinerja laptop dan pengaturan kecepatan kipas menjadi lebih optimal ketika game dijalankan.

Pada bagian belakang laptop ini terdapat port charger, 2 port USB 3.2 Gen 2 Thunderbolt 4, dan port HDMI 2.1. Sementara pada sisi kirinya terlihat port LAN Ethernet (RJ-45), USB 3.2 Gen 1, slot microSD, dan port jack audio.

Acer Predator Helios Neo 16 - Right Port

Beralih ke sisi kanannya terlihat port USB 3.2 Gen 2 dan lampu indikator. Untuk konektivitas dari laptop ini sudah dipercayakan pada Killer Wi-Fi 6E AX1675i dan Bluetooth 5.2.

Bagi kamu yang tertarik dengan Acer Predator Helios Neo 16, maka sudah bisa membelinya dengan harga resmi Rp27.999.000 di situs Acer Store Indonesia yang sudah termasuk Windows 11 Home Original, 1 tahun Acer Priority Care, dan 3 tahun garansi (Spare Part serta Service).

Selama masa promosi, pembeli berkesempatan mendapatkan Mouse Nitro dan game Call of Duty : Modern Warfare II secara gratis.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar