ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tablet

Hands-On HUAWEI MatePad 11 2023 – Bisa Dipakai Mengetik Seperti Laptop

HUAWEI MatePad 11 2023 Feature

Gadgetren – Dalam acara yang digelar oleh HUAWEI, tim Gadgetren berkesempatan untuk melakukan hands-on dan mencoba tablet terbaru HUAWEI MatePad 11 2023 di Indonesia.

Pihak Huawei Device Indonesia menghadirkan HUAWEI MatePad 11 2023 ditambah dengan beberapa aksesoris tambahannya seperti HUAWEI MatePad 11 Keyboard, HUAWEI M-Pencil 2nd Gen, dan Bluetooth Mouse, agar dapat memberikan pengalaman penggunaan layaknya mirip laptop.

Untuk HUAWEI MatePad 11 Keyboard bisa didapatkan untuk pembelian pre-order maupun terpisah nantinya. Namun untuk HUAWEI M-Pencil 2nd Gen dan Bluetooth Mouse hanya bisa didapatkan melakukan pemesan pre-order yang diselenggarakan dari tanggal 12 hingga 26 Mei 2023.

HUAWEI MatePad 11 2023 All Case

Perlu diketahui bahwa HUAWEI MatePad 11 Keyboard sendiri hadir dengan dua bagian utama yang terdiri dari casing tambahan untuk tablet dan keyboard. Selain dapat melindungi bodi dari HUAWEI MatePad 11 2023, casing tambahan ini juga memiliki kick stand yang memungkinkan tablet dapat diberdirikan secara horizontal.

Selanjutnya bagian keyboard dapat dipasangkan dengan tablet menggunakan PIN Magnetik yang terhubung secara kuat. Pada saat mencobanya, saya merasa bahwa HUAWEI MatePad 11 2023 ini dapat digunakan dengan nyaman untuk mengetik seperti sebuah laptop.

Untuk tombol pada keyboard terasa enak ketika ditekan sehingga membuat proses mengetik dokumen dapat berjalan dengan lancar. Apalagi ditambah Bluetooth Mouse yang membuat saya dapat memilih aplikasi, navigasi, dan membuka beberapa fungsi dengan mudah.

Apalagi HUAWEI pun secara eksklusif telah menghadirkan aplikasi WPS Office mode PC yang terdiri dari DOC, PPT, dan XLS untuk memudahkan saya dalam mengolah dokumen kata, presentasi, maupun spreadsheet.

Perlu diketahui bahwa WPS Office yang hadir pada tablet ini memiliki tampilan antarmuka dan menu yang mirip seperti aplikasi yang terdapat di laptop atau PC sehingga mampu menampilkan menu yang lebih banyak dibandingkan dengan WPS Office Mobile.

HUAWEI MatePad 11 2023 WPS

Bahkan shortcut kombinasi tombol untuk menjalankan fungsi WPS Office yang hadir pada HUAWEI MatePad 11 2023 ini mirip aplikasi yang diinstal di laptop atau PC sehingga membuat saya dapat mengakses beragam fungsi untuk mengedit dokumen menjadi lebih cepat lagi.

Untuk lebih memudahkan dalam aktivitas multitasking mengetik maupun mengedit dokumen, HUAWEI MatePad 11 2023 ini dapat menampilkan jendela 4 aplikasi sekaligus yang dapat melayang dan diatur posisinya sesuai dengan kenyamanan penggunaan.

Dengan 4.096 level tekanan, HUAWEI M-Pencil 2nd Gen juga terasa presisi ketika digunakan saya untuk menggambar, mencoret, maupun menulis. Daya baterai pensil tersebut dapat terisi secara nirkabel ketika saya menyematkannya tepat pada bagian pinggir atas HUAWEI MatePad 11 2023 ketika diposisikan secara horizontal.

HUAWEI MatePad 11 2023 Pencil

HUAWEI MatePad 11 2023 ini sendiri memiliki layar sentuh dengan lebar 11 inci, resolusi 2,5K (2560 x 1600 piksel dan teknologi IPS yang mampu menampilkan konten yang jelas sehingga nyaman di mata.

Adapun refresh rate hingga 120Hz, mampu membuat layarnya menampilkan gerakan transisi antar menu maupun pembukaan aplikasi yang terasa halus. Sementara sentuhan jari saya terhadap layar pun terasa responsif.

Sementara sistem operasinya sudah menggunakan HarmonyOS 3.1.0 yang merupakan buatan dari HUAWEI dengan memiliki tampilan antarmuka yang simpel sehingga mudah untuk dinavigasikan.

HUAWEI MatePad 11 2023 Tablet

Sementara jika aplikasi bawaan yang telah terinstall pada HUAWEI MatePad 11 2023 dirasa kurang, maka kita dapat mengunduh dan menginstall aplikasinya dari HUAWEI AppGallery.

Dapur pacu dari tablet ini dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 865 (7nm) Octa-Core 3,2 GHz yang dikombinasikan dengan RAM 6 GB dan ROM 128 GB sehingga dapat menangani aktivitas multitasking dengan lancar.

Sementara perangkat ini sudah dilengkapi dengan empat speaker Harman Kardon sehingga mampu menghadirkan pengalaman hiburan yang lebih imersif. Untuk sumber energi kehidupannya dipercayakan pada baterai 7.250mAh. Terdapat juga fitur 22,5W Fast Charging untuk pengisian daya cepat.

Untuk memenuhi kebutuhan video conferce atau video call, perangkat ini sudah dilengkapi dengan kamerea depan 8 MP. Sedangkan kamera belakangnya mempunyai resolusi 13 MP.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar