ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Jaga Kualitas, OPPO Find N2 Flip Lewati Serangkaian Tes dan Protokol Sistematis

OPPO Find N2 Flip

Gadgetren – Dalam acara yang bertajuk OPPO Find N2 Flip Production Line Visit, tim Gadgetren dan rekan media lainnya diajak OPPO Indonesia mengunjungi dan melihat proses produksi ponsel layar lipat Find N2 Flip di pabrik OPPO yang berlokasi di Kawasan Industri (Bayur), Kelurahan Priuk Jaya, Banten.

Beberapa media yang hadir dikelompokkan menjadi dua tim yang terdiri dari tim oranye dan tim hijau. Pembagian kelompok ini dilakukan OPPO Indonesia agar mempermudah pembagian sesi awal antara melihat proses produksi dan pengujian kualitas dari OPPO Find N2 Flip.

Untuk tim hijau diajak terlebih dulu untuk melihat proses produksi. Sementara tim oranye diajak terlebih dulu untuk melihat pengujian kualitas dari OPPO Find N2 Flip di Quality Control Lab.

Kebetulan saya sendiri masuk ke dalam tim oranye sehingga berkesempatan untuk melihat pengujian kualitas ponsel layar lipat tersebut lebih awal. Untuk pengujian kualitas dari OPPO Find N2 Flip dilakukan serangkaian uji standar, humidity, perbedaan suhu, uji jatuh, uji port USB, dan lainnya.

OPPO Find N2 Camera Test

Pada sesi ini, Defrandi Renanda Haryadi selaku Head of Quality Department OPPO memaparkan mengenai prosedur dan pengujian apa saja yang dilakukan untuk memastikan kualitas dari Find N2 Flip yang telah diproduksi dapat berfungsi dengan baik.

Perlu diketahui bahwa akan dilakukan pengujian terhadap 8 hingga 10 sampel dari 1.000 unit OPPO Find N2 Flip yang telah diproduksi. Selanjutnya, ponsel tersebut akan mengikuti serangkaian tes untuk menguji kualitas dan ketahanannya.

Pada permulaan sesi, Defrian memperlihatkan pengujian kamera dari OPPO Find N2 Flip yang berperan untuk mengecek kualitas foto yang dihasilkan dengan melakukan belasan kali tes pemotretan pada berbagai sudut gambar agar bisa melihat seberapa detail dan bagus gambar yang dapat dihasilkan.

Pada ruangan pengujian lainnya, Defrian juga memberikan penjelasan bahwa OPPO Find N2 Flip juga mengikuti tes plug dan unplug kabel pada port USB dan USB Swing untuk mengetahui kualitas port serta kekuatan kabel. Tes ini dilakukan sebanyak 5.000 kali agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Kemudian, OPPO Find N2 Flip juga diuji micro drop test dengan dijatuhkan dari ketinggian 10 cm hingga 28.000 kali. Sementara untuk tes jatuh tingkat lanjut dilakukan dengan Free Fall dimana dijatuhkan dari ketinggalan 1 meter sebanyak 12 kali untuk per unit sampelnya.

OPPO Find N2 Drop Test

Tak ketinggalan, terdapat juga tes untuk mengetahui daya tahan dari engsel yang dimiliki OPPO Find N2 Flip dengan cara melakukan buka tutup layar secara manual hingga 150.000 kali.

Bahkan OPPO Find N2 Flip sendiri telah mendapatkan sertifikasi dari TUV Rhineland dengan melakukan folding test terhadap engselnya yang mampu bertahan hingga 400.000 kali lipatan. Bisa dibilang ini setara dengan penggunaan lebih dari 10 tahun dengan pembukaan dan penutupan layar sebanyak 100 kali.

Berkat teknologi New Generation Flexion Hinge membuat engselnya mampu membentuk waterdrop ketika layarnya ditekuk sehingga membuat lipatan pada layar OPPO Find N2 Flip menjadi tidak terlihat.

Defrian juga mengungkapkan bahwa pada saat muncul masalah pada perangkat yang tidak sesuai dengan standar selama pengujian berlangsung, maka tim Quality Control akan melakukan penanganan.

“Selanjutnya, proses produksi untuk seluruh handphone akan dihentikan sementara hingga penyebab masalah dan solusinya berhasil didapatkan. Hal ini untuk menjaga kualitas OPPO Find N2 Flip tetap terbaik ketika diterima oleh pembelinya,” tambah Defrian.

OPPO Find N2 Flip Line Production

Setelah pemaparan proses pengujian kualitas selesai, saya beserta rekan media lain di tim oranye bertukar dengan tim hijau untuk melihat proses produksi OPPO Find N2 Flip.

Rafqi Ramadan selaku Head of New Product Introduction untuk OPPO Find N2 Flip menuturkan bahwa pabrik OPPO melakukan investasi besar dengan mendatangkan mesin baru berteknologi canggih yang terdiri dari mesin Humidity khusus dan mesin Degassing agar dapat memproduksi OPPO Find N2 Flip di Indonesia.

Sementara untuk proses produksi ponsel layar lipat ini dilakukan melalui tiga tahap utama yang terdiri dari Perakitan (Assembling), Pengujian (Testing), dan Packaging (Pengemasan).

Tentunya tahap Perakitan terasa krusial karena melibatkan banyak pekerja untuk melakukan pemasangan atau instalasi beragam komponen seperti layar, mainboard, speaker box, pemasangan konektor, pembautan, dan lainnya.

OPPO Find N2 Flip Line Production 3

Masih pada tahap Perakitan, mesin Humidity khusus digunakan untuk memastikan tidak ada debu yang masuk saat pemasangan lensa yang dirakit di Indonesia untuk menjadi modul kamera.

Sementara mesin Degassing digunakan untuk memberikan tekan dan uap panas sehingga memastikan lapisan antigores dapat menempel dengan rapat dan tidak ada gelembung pada layar lengkung.

Beralih ke tahap Pengujian, pekerja akan melakukan kalibrasi software serta sistem operasi, pengecekan komponen kamera, audio, anti gores, dan lainnya. Apabila OPPO Find N2 Flip telah berhasil melewati tahap ini akan dilanjutkan ke tahap Packaging.

Pada tahap Packaging mulai dari unit ponsel, adaptor charger, kabel data, softcase tambahan, hingga kelengkapan lainnya akan dimasukkan ke dalam dus penjualan.

Bobot dus setiap unit akan ditimbang kembali agar sesuai dengan berat standar yang ditetapkan sehingga mengetahui bahwa semua komponen sudah lengkap di dalam dus. Nantinya dus OPPO Find N2 Flip akan melewati mesin Plastic Wrapping agar bisa dikemas dengan plastik yang rekat.

OPPO Find N2 Flip Line Production Packaging

Perlu dicatat bahwa lini produksi OPPO Find N2 Flip merupakan lini produksi khusus baru dan hanya mengerjakan perangkat layar lipat ini di satu ruangan. Untuk 1 lini produksi ponsel ini dikerjakan oleh 85 orang.

Sementara itu memerlukan waktu 90 menit untuk memproduksi OPPO Find N2 Flip hingga tahap Pengujian (Testing) tanpa proses Pengemasan (Packaging). Pekerja yang mengerjakan lini produksi OPPO Find N2 Flip merupakan pekerja yang terpilih dengan memiliki kemampuan di atas rata-rata dan skor penilaian tinggi.

Dengan pengujian kualitas dan sistem produksi yang sistematis ini memperlihatkan bahwa OPPO memang sangat serius untuk menghadirkan perangkat OPPO Find N2 Flip yang memiliki kualitas terbaik ketika diterima dan digunakan oleh pembelinya.

OPPO Find N2 Flip Line Production 2

Apalagi OPPO juga secara serius menghadirkan dua mesin baru yang terdiri dari mesin Humidity dan mesin Degassing untuk benar-benar dapat memproduksi OPPO Find N2 Flip di Indonesia.

Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki OPPO Find N2 Flip sudah dapat mengikuti program early pre-order di Indonesia yang berlangsung hingga tanggal 9 Mei 2023 melalui OPPO Online Store dengan uang muka sebesar Rp1.000.000.

Jika mengikuti program early pre-order akan mendapatkan keuntungan senilai total Rp4.000.000 yang terdiri dari Gratis Portable PU Case dan OPPO Premium Service. Sementara itu harga resmi Find N2 Flip akan diumumkan pada tanggal 10 Mei 2023 pukul 18.00.

Tinggalkan Komentar