ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 9 Kelebihan dan Kekurangan iQOO Z7 5G – Terlihat Sangat Menarik

iQOO Z7 5G

Gadgetren – Setelah bermain di kelas atas melalui iQOO 11 5G, kini iQOO telah memasuki kelas menengah dengan menghadirkan iQOO Z7 5G di Indonesia.

Untuk memberikan pilihan bagi masyarakat, perangkat yang satu ini hadir dengan dua varian yang terdiri dari RAM 8 GB + penyimpanan 128 GB seharga Rp4.299.000 dan RAM 12 GB + penyimpanan 256 GB seharga Rp4.899.000.

Dengan harga yang ditawarkan, tentunya kapasitas yang ditawarkan tersebut sudah terbilang lega. Sementara itu, iQOO Z7 5G juga telah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 782G yang telah mendukung jaringan 5G dengan kecepatan download hingga 3,7 Gbps dan upload hingga 1,6 Gbps.



Kelebihan iQOO Z7 5G

1. Lancar Jalankan Aplikasi Secara Multitasking

Dapur pacu iQOO Z7 5G telah dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 782G yang mampu menjalankan game dan aplikasi dengan lancar sambil memiliki konsumsi daya baterai yang efisien.

Bahkan berdasarkan ulasan Gadgetren dengan AnTuTu Benchmark v9.5.9, iQOO Z7 5G berhasil mendapatkan skor mencapai 593.222 poin. Sementara untuk pengujian dengan Geekbench 6, handphone mendapatkan skor 1.073 untuk Single-Core dan 2.829 untuk Multi-Core yang mana termasuk tinggi untuk ponsel pintar 5G di kelas menengah.

Terdapat 3K VC Cooling System yang dapat mengatur suhu komponen, terutama ketika digunakan dalam aktivitas berat seperti bermain game. Menariknya suhu masih terasa nyaman di tangan walaupun menjalankan game Genshin Impact lebih dari 1 jam. Bagian belakang ponsel hanya menjadi terasa hangat saja tanpa menjadi terlalu panas.

iQOO Z7 5G

RAM dengan pilihan 8 GB atau 12 GB akan membuat aktivitas multitasking berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Apalagi terdapat fitur RAM Extension yang mampu meminjam ruang kosong penyimpanan internal menjadi RAM Virtual hingga 8 GB.

Sementara penyimpanan internal yang disediakan pun tergolong lega dengan pilihan 128 GB atau 256 GB. Perangkat ini juga hadir dengan Motor Linier Sumbu-X yang dapat memberikan umpan balik getaran yang tajam dengan reaksi motor cepat.

Terdapat juga getaran 4D yang merupakan getaran khusus untuk aksi game seperti menembak agar terasa lebih nyata. Hadirnya kontrol game sensoris memungkinkan pengguna dapat mengatur gerakan atau kemiringan tangan sebagai pemetaan tombol untuk mencapai lebih banyak kemungkinan sehingga membuat pengalaman bermain game menjadi lebih imersif.

Hadirnya fitur Ultra Game Mode di Funtouch OS 13 mampu memaksimalkan kecepatan CPU dan GPU agar performanya game menjadi lebih lancar dengan efek samping daya baterai yang lebih cepat.

2. Layar Berefresh Rate Tinggi

iQOO Z7 5G hadir dengan layar IPS LCD 6,64 inci yang memenuhi bagian depan dengan dukungan  HDR10, 100% Color Gamut P3, dan resolusi Full HD+ (2388 x 1080 piksel).

iQOO Z7 5G

Adapun fitur Eye Care dapat memberikan perlindungan mata dari radiasi sinar biru agar tidak cepat lelah ketika melihat layar dalam waktu yang lama. Penggunaan refresh rate 120Hz membuat layarnya dapat menampilkan gerakan transisi antar menu dan animasi game secara halus.

Terdapat 4 mode untuk mengatur kecepatan refresh rate pada perangkat ini, mulai dari 60Hz, 90Hz, 120Hz, dan Smart Switch yang memungkinkan kecepatannya dapat secara otomatis beradaptasi sesuai dengan konten yang dilihat mulai dari web, video, game, dan lainnya. iQOO pun mengklaim bahwa respon sentuhan jari terhadap layar memiliki presisi yang tinggi.

Untuk kualitas tampilan layarnya sendiri bisa dibilang biasa saja, namun cukup cerah untuk penggunaan di bawah terik matahari. Secara bawaan ponsel ini telah dilundungi oleh Screen Protector.

3. Desain Tampak Mewah

iQOO Z7 5G mengusung desain yang terlihat familiar bagi mereka yang sudah sering melihat handphone vivo. Hal ini terasa karena gaya desain iQOO Z7 5G mirip dengan vivo X70 Pro terutama di bagian area tonjolan kamera, lengkungan bodi belakang, dan lapisan finishing warnanya.

Dengan begitu, desain yang dibawa oleh iQOO Z7 5G tampak mewah dan mempunyai build quality yang terasa solid ketika digenggam walaupun menggunakan material polikarbonat untuk bodinya.

iQOO Z7 5G memiliki desain estetik yang hadir dengan balutan warna yang menarik. Matrix Blue menghadirkan warna gradasi dari biru, merah, ungu, dan putih yang akan berubah-ubah tergantung dari sudut pandang dan arah pantulan cahaya.

iQOO Z7 5G

Sementara Metallic Grey memancarkan gradasi warna hitam dan abu-abu yang terlihat kalem ketika dilihat secara kasat mata. Masih pada bagian belakangnya, terdapat desain ring Halo ganda dengan dua lingkaran besar di dalam kotak yang membuatnya terlihat menawan.

Lingkaran besar di bagian atas merupakan tempat kamera utama dan lingkaran besar di bagian bawah untuk menempatkan kamera depth. Tepat di sebelah kotaknya terdapat LED Flash dan tulisan OIS Photography High Definition.

Pada saat tim Gadgetren menggenggamnya, iQOO Z7 5G terasa agak licin. Namun untungnya telah disediakan case bawaan bermaterial TPU sehingga membuatnya menjadi lebih kesat dan nyaman ketika dipegang dengan satu tangan.

Untuk bagian sisi ponsel ini terdapat tombol pengatur volume, power yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari, speaker stereo, headphone jack, port USB Type-C, dan slot kartu SIM Ganda.

4. Kamera Utama 64 MP dengan OIS

iQOO Z7 5G sudah dilengkapi dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP dan kamera depth 2 MP yang mampu menghasilkan foto Portrait secara instan.

Kamera utama 64 MP dilengkapi untuk menghasilkan foto dengan kualitas yang jelas. Terdapat juga mode Super Night yang membuat foto malam hari menjadi terang dan minim noise.

iQOO Z7 5G

Mode Super Night menggunakan algoritma Peredaman Kebisingan Malam Hari terbaru yang dikombinasikan dengan pembelajaran algoritma AI sehingga dapat meningkatkan kualitas gambar dan membuat pencitraan di lingkungan dengan pencahayaan redup atau kompleks menjadi lebih jelas.

Aplikasi kameranya juga dilengkapi dengan fitur Super Moon ditambah algoritma AI untuk memotret bulan. Sementara itu, kamera utama iQOO Z7 5G dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electronic Image Stabilization) yang memungkinkan perekaman video tetap stabil walaupun dalam keadaan bergerak atau berlari sekalipun.

Kamera depan 16 MP iQOO Z7 5G didukung chip AI sehingga dapat mengoptimalkan detail utama pada subjek dimana membuat rambut lebih tegas dan tekstur kulit lebih halus pada foto selfie yang diambil.

5. Jagokan 120W Flash Charge

Dengan baterai 5.000mAh yang menjadi sumber energi kehidupannya, iQOO Z7 5G diklaim mampu bertahan hampir seharian dalam pemakaian normal, terutama untuk aktivitas sehari-hari.

Sementara itu, baterainya diperkirakan bertahan selama 6,07 jam untuk memainkan game, 18,06 jam untuk video streaming, 24,47 jam untuk Facebook, atau 58,64 jam untuk memutar lagu.

Berdasarkan pengujian internal Gadgetren menggunakan PCMark dengan tingkat kecerahan layar 50%, refresh rate 120Hz, dan persentase baterai dari 100%, ponsel ini berhasil mendapatkan skor 18 jam 24 menit.

iQOO Z7 5G Charge

Sementara pada pengujian yang sama dengan refresh rate 60Hz, iQOO Z7 5G berhasil mendapatkan skor tinggi mencapai 18 jam 11 menit. Skor ini tergolong sangat tinggi dibandingkan beberapa handphone lain yang telah diuji oleh tim Gadgetren sebelumnya.

Menariknya lagi, iQOO Z7 5G sudah dilengkapi dengan fitur 120W Flash Charge yang mengisi daya baterai dari kondisi 10% ke 100% dalam waktu 34 menit. Hal ini tentunya membuat pengguna tidak perlu menunggu waktu saat mengisi daya, khususnya bagi yang memiliki kesibukan padat.

iQOO juga mengklaim bahwa fitur FlashCharge yang dihadirkan memiliki tingkat keamanan yang baik sehingga tidak akan menyebabkan baterai cepat rusak.

Menariknya lagi, iQOO Z7 5G sudah dilengkapi dengan fitur 120W Flash Charge yang mengisi daya baterai dari kondisi 0% ke 100% dalam waktu 26 menit. Hal ini tentunya membuat pengguna tidak perlu menunggu waktu saat mengisi daya, khususnya bagi yang memiliki kesibukan padat.

iQOO juga mengklaim bahwa fitur FlashCharge yang dihadirkan memiliki tingkat keamanan yang baik sehingga tidak akan menyebabkan baterai cepat rusak.

6. Dilengkapi Fitur Canggih

iQOO telah menghadirkan dua speaker ultralinear yang dapat menghasilkan suara stereo untuk memberikan pengalaman menonton video mampu memainkan game menjadi lebih imersif.

Terdapat juga algoritma ekspansi bidang suara yang diperluas dari 80o ke 120o sehingga memberikan latar belakang yang terbuka dan suara manusia yang lebih realistis.

iQOO Z7 5G (1)

Sebagai ponsel kelas menengah saat ini, iQOO Z7 5G sudah dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) untuk menunjang kebutuhan sehari-hari seperti pengecekan atau pengisian saldo kartu e-money.

Sensor fingerprint terdapat di bagian samping bersama tombol Power agar mudah untuk diakses. Adapun Funtouch OS 13 berbasiskan Android 13 yang memiliki tampilan antarmuka sederhana sudah dibenamkan dari awal.

Kekurangan iQOO Z7 5G

1. Tidak Punya Kamera Ultrawide Atau Makro

Dengan harga Rp4 jutaan, iQOO justru tidak menghadirkan kamera tambahan seperti ultrawide dan makri pada iQOO Z7 5G. Padahal jelas-jelas kamera jenis ini memiliki fungsi yang penting untuk kebutuhan fotografi masa kini.

iQOO-Z7-5G-1

Kamera ultrawide akan mampu mempermudah dalam menghasilkan foto dengan area luas tanpa perlu repot menggunakan mode Panorama. Begitu juga kamera makro yang mampu membidik objek dari jarak dekat.

2. Tidak Ada Slot microSD

iQOO Z7 5G

Dengan penyimpanan internal besar yang memiliki pilihan 128 GB atau 256 GB, slot microSD dipilih untuk tidak hadir pada iQOO Z7 5G. Namun dengan tidak hadirnya slot microSD, penggunanya tentu harus memanfaatkan penyimpanan yang ada secara maksimal.

Salah satu alternatifnya dengan memanfaatkan penyimpanan awan seperti Google Drive, Microsoft OneDrive, dan lainnya untuk menjaga kapasitas penyimpanan ponsel tidak cepat penuh.

Namun apabila kamu berencana untuk menyimpan banyak video atau memasang berbagai game, maka lebih aman untuk memilih iQOO Z7 5G dengan varian penyimpanan berkapasitas 256 GB.

3. Sisi Layar Tampak Berbayang

iQOO Z7 5G

Kekurangan lain dari handphone ini terdapat pada bagian sisi layar dan juga sekitar lubang kamera di mana tampilannya terlihat sedikit berbayang. Hal ini sebenarnya merupakan karakteristik layar IPS LCD, namun di iQOO Z7 5G justru efeknya cukup kentara.

Selain itu, bezel di bagian bawah layar pun terlihat lebih besar dibandingkan sisi-sisi lainnya, padahal handphone masa kini sedang populer menggunakan bezel yang lebih simetris di setiap sisinya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar