ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 Header

Gadgetren – Redmi Note 12 menjadi ponsel pintar Rp2 jutaan yang turut meramaikan pasar Indonesia dengan beragam fitur yang meningkat dibandingkan generasi sebelumnya.

Perangkat yang satu ini sudah mempunyai sertifikasi IP53 yang membuktikannya tahan terhadap debu dan cipratan air. Meskipun begitu, tetap saja penggunanya tidak bisa memasukkan Redmi Note 12 ke dalam air.

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp2.599.000, Redmi Note 12 sudah dilengkapi dengan fitur Game Booster untuk mendukung performa game yang lebih lancar. Sementara sensor fingerprint pun sudah disematkan pada bagian tombol Power.



Kelebihan Redmi Note 12

1. Performa Lancar Untuk Multitasking

Redmi Note 12 ini sudah diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 685 yang mampu menjalankan game maupun aplikasi secara lancar. Apalagi terdapat fitur Q-Sync Technology yang memungkinkan frame rate pada game berjalan stabil dan mulus.

Sementara itu Redmi Note 12 juga dilengkapi dengan fitur Game Booster yang akan meningkatkan performa CPU dan GPU ketika sedang menjalankan game. Xiaomi pun telah menguji perangkat ini dengan AnTuTu v9 dengan raihan skor mencapai 316.993 poin.

Xiaomi Redmi Note 12 Gaming

Untuk membuat performa multitasking pada berjalan dengan lancar, Xiaomi tak ketinggalan menghadirkan RAM dengan pilihan 4 GB, 6 GB, dan 8 GB untuk Redmi Note 12 yang dijual di Indonesia.

Sementara penyimpanan internalnya mencapai 128 GB sehingga memungkinkan untuk menyimpan banyak aplikasi maupun game sekaligus. Tentunya terdapat juga fitur RAM Extension yang meminjam ruang kosong dari penyimpanan internal menjadi RAM Virtual hingga 5 GB.

2. Layar Jernih Untuk Konten Hiburan

Redmi Note 12 sudah menggunakan layar AMOLED 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1800 piksel) dan DCI-P3 Color Gamut yang mampu menampilkan konten dengan terang, jernih, serta kaya warna.

Xiaomi Redmi Note 12 Layar Diagonal

Adapun tingkat kecerahan maksimal 1.200 nits memungkinkan semua konten pada layar masih dapat dilihat walaupun sedang berada di bawah terik matahari sekalipun. Dilengkapi refresh rate 120Hz, layar Redmi Note 12 mampu menampilkan gerakan transisi antar menu dan animasi game dengan halus.

Kehadiran sertifikasi Widevine L1 pun membuktikan bahwa layar Redmi Note 12 mampu menampilkan video streaming berkualitas HD (High Definition) dari aplikasi Netflix maupun Amazon Prime Video.

3. Baterai Besar dengan 33W Fast Charging

Perangkat yang satu ini hadir dengan dukungan baterai berkapasitas 5.000mAh yang diklaim mampu bertahan 9 jam untuk memainkan game, 21 jam untuk memutar video, atau 31 jam untuk telepon.

Bahkan dalam pemakaian normal, Xiaomi mengungkapkan bahwa Redmi Note 12 mampu bertahan mencapai 1,35 hari sehingga membuat penggunanya tidak perlu sering mengisi daya.

Xiaomi Redmi Note 12 Baterai

Saat kapasitas baterai sudah mencapai titik kritis antara 15% hingga 5%, maka dayanya dapat terisi dengan sangat cepat karena Redmi Note 12 dibekali dengan fitur 33W Fast Charging.

4. Multi Kamera Untuk Kreasi Foto

Dari sektor fotografi, Redmi Note 12 sudah dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP. Sementara pada bagian depan terdapat kamera 13 MP.

Hadirnya multi kamera memungkinkan pengguna dapat berkreasi menghasilkan foto yang menarik dan unik. Secara bawaan, kamera utama akan menghasilkan foto dengan resolusi 12,5 MP karena menggunakan teknologi 4-in-1 pixel binning agar menyerap banyak cahaya dan memiliki warna yang kaya.

Xiaomi Redmi Note 12 Camera

Namun pengguna masih tetap tersedia mode 50 MP untuk menghasilkan foto berukuran besar. Hadirnya kamera ultrawide akan memudahkan untuk menghasilkan foto area luas secara instan sementara kamera makro dapat dimanfaatkan untuk membidik objek dari jarak dekat.

Kamera depan 13 MP rasanya sudah cukup lumayan untuk menghasilkan foto selfie dengan baik. Terdapat juga fitur Night Mode yang memungkinkan kamera belakang dan depannya dapat menghasilkan foto dengan terang dan minim noise dibandingkan menggunakan Auto Mode.

Selain itu, kamera dari ponsel ini mampu menghasilkan video 1080p @30fps yang mana sudah menjadi standar resolusi video dari kamera sebuah ponsel saat ini.

5. Fitur yang Lengkap

Redmi Note 12 dibekali dengan fitur IR Blaster yang memungkinkan ponsel bisa menjadi remote control bagi perangkat elektronik rumah seperti Televisi, AC, Kipas Angin, dan lainnya.

Ini tentunya berguna tidak bisa mengontrol perangkat elektronik akibat lupa meletakkan remote control. Oleh karena itu sebagai alternatifnya dapat memakai Redmi Note 12 untuk menjadi remote control pengganti.

Perangkat ini juga sudah dibekali dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran digital, pengecekan atau pengisian saldo kartu e-money, dan transfer data.

Kekurangan Redmi Note 12

1. Tidak Ada Refresh Rate Dinamis

Redmi Note 12 (9)

Xiaomi Redmi Note 12 tidak dilengkapi dengan fitur Refresh Rate Dinamis sehingga kecepatan refresh rate tidak dapat berganti secara otomatis mengikuti konten yang sedang ditampilkan di layar.

Sistem pada ponsel ini hanya menyediakan dua opsi untuk penguncian kecepatan refresh rate 120Hz dan 60Hz. Meskipun mampu menghasilkan gerakan transisi antar menu maupun animasi game yang halus, namun refresh rate 120Hz mengonsumsi energi yang cukup besar.

Pada saat pengguna ingin lebih hemat konsumsi daya baterai, maka perlu mengunci kecepatan refresh rate ke 60Hz. Sebenarnya ada baiknya Redmi Note 12 mempunyai fitur Refresh Rate Dinamis untuk memberikan penggunaan energi lebih efisien tanpa mengurangi pengalaman penggunaan.

2. Shutter Kameranya Agak Lama di Kondisi Minim Cahaya

Redmi Note 12 (4)

Ponsel ini memang memiliki dukungan kamera utama yang beresolusi besar mencapai 50 MP. Namun shutter kameranya terasa agak lama ketika menjepret objek, terutama pada saat kondisi minim cahaya.

Hal ini bisa saja disebabkan karena beragam faktor mulai dari software yang ingin menajamkan hasil foto agar tidak buram atau bisa saja ponsel ini memang sedikit terkendala ketika dalam kondisi cahaya.

Namun tetap saja apabila shutter kameranya terlalu sering jeda atau agak lama akan membuat penggunaan terganggu dan bakal membuat kualitas foto semakin kurang baik jika bergerak sebelum ponsel selesai mengambil gambar.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar