ASUS TUF Gaming F15
Berita Wearable

Hands On HUAWEI Watch Buds – Smartwatch Ajaib yang Punya Earbuds TWS di Dalam

Huawei-Watch-Buds-Hands-On

Gadgetren – Huawei baru saja membuka pre order perangkat wearable anyarnya Watch Buds. Perangkat ini bukanlah smartwatch biasa tetapi sekaligus memiliki sepasang earbuds TWS yang tersembunyi dibalik layarnya.

Bersamaan dengan peluncuran resminya yang diselenggarakan di RDTX Place Jakarta Selatan, tim Gadgetren pun berkesempatan menjajal langsung mengenakan HUAWEI Watch Buds. Jam tangan pintar ini menawarkan dua strap yakni warna Khaki untuk pengguna kantoran dan warna hitam untuk digunakan ketika berolahraga.

Bagian smartwatch-nya sendiri memiliki dimensi 47mm dengan ketebalan 15mm yang mana earbud mempunyai ketebalan 10mm. Bobotnya tanpa tali sekitar 66,5 gram. Casing layarnya terbuat dari bahan stainless steel atau baja tahan karat. Di sisi kanan layarnya terdapat rotating crown dan juga sebagai tombol untuk pengoperasian.

Dengan bentuk dimensi layarnya yang besar dan strap yang panjang serta tebal, HUAWEI Watch Buds cocok digunakan untuk pergelangan tangan yang juga besar. Untuk lingkaran pergelangan tangan perempuan yang mungil seperti saya, jam tangan pintar ini kurang pas sehingga HUAWEI Watch Buds lebih kompatibel bila digunakan oleh pengguna laki-laki.

Huawei-Watch-Buds-Hands-On-2

Bisa saja digunakan untuk perempuan selama pergelangan tangannya tidak terlalu kecil. Saat melilitkan strap baik versi kantoran dengan warna khaki dan karet warna hitam untuk olahraga sama-sama memiliki cengkraman yang kuat. Strap hitam memiliki rongga-rongga agar keringat cepat kering dan kulit tidak lembab.

Sementara ketika saya berselancar menikmati tampilan antarmuka HarmonyOS 3.0 pada layar smartwatch ini terasa mulus dan dihiasi warna-warna terutama pada bagian pilihan menu dan fitur-fiturnya.

Dengan membawa ukuran layar 1,43″, layar HUAWEI Watch Buds menawarkan konten yang cerah karena dibekali panel AMOLED yang memiliki resolusi HD (466 × 466 piksel), kerapatan piksel 326, dan fitur Always On Display (AOD) untuk kecerahan otomatis.

Jika fitur AOD diaktifkan layar HUAWEI Watch Buds bisa dilihat dengan jelas di berbagai situasi cahaya minim, sedang, dan tinggi.  Untuk menghubungkan perangkat ini ke handphone Android, sayangnya HUAWEI Health yang lengkap hanya tersedia pada App Gallery dan Apple App Store saja.

Sedangkan mengunduh HUAWEI Health melalui Google Play Store versinya belum terupdate sehingga kita harus mengunduh HUAWEI Health dari situs resmi Huawei dari browser. Pengguna yang mengunduh aplikasi HUAWEI Health dengan perangkat Android harus mengizinkan beberapa sistem agar bisa terinstal dengan lengkap.

Huawei-Watch-Buds-Hands-On-1

Melalui HUAWEI Health, HUAWEI Watch Buds mampu mencatat data-data kesehatan seperti memonitoring detak jantung pengguna selama 24 jam, mengukur kadar oksigen dalam darah atau SpO2 melalui sensor TruSeen 5.0 optical PPG, memantau stres, dan kualitas tidur pengguna.

Lebih dari 80 mode olahraga bisa terekam melalui HUAWEI Watch Buds yang terhubung ke HUAWEI Health. Kemudian untuk merekam olahraga lari dan sepeda secara akurat, jam tangan pintar ini dapat terkoneksi dengan GPS. Selain itu memiliki fitur menerima atau melakukan panggilan telepon serta mengirim dan membaca pesan.

Jika bisa terhubung dengan handphone, HUAWEI Watch Buds dapat menyimpan musik dari ponsel ke jam tangan untuk mendengarkan secara offline. Pada layarnya, kita juga bisa mengatur audio Equalizer untuk mendapatkan suara yang memuaskan didengar hingga fitur Noise Cancelling untuk earbuds.

Huawei-Watch-Buds-fitur.

Beralih ke sepasang earbuds yang terdapat dibalik layar smartwatch memiliki sistem tempel magnetik. Keduanya bisa tertempel di bagian atas dan memiliki ruang dengan bentuk yang sama di bawahnya. Earbuds tersebut mengusung bodi seperti tabung kecil dengan bobot 4 gram.

Fitur Al Noise Cancelation Calling juga tersedia pada earbuds tersebut yang bisa meredam suara bising di sekitar untuk memberikan pengalaman panggilan telepon dengan suara lancar dan jernih. Baterai HUAWEI Watch Buds berkapasitas 410mAh sedangkan masing-masing earbuds memiliki kapasitas baterai 30mAh.

Ketika smartwatch melakukan pengisian daya maka earbuds yang terpasang di dalam layar akan ikut terisi secara otomatis dan status pengisian akan terlihat di layar. Soal kualitas suara yang dihasilkan dari earbuds ini juga terdengar jelas dan kaya karena pihak Huawei mengklaim area speaker earbuds memiliki 10 kali lebih besar dari earbuds Huawei lainnya.

Huawei-Watch-Buds-sensor-detak-jantung.

Earbuds tersebut juga sudah mengantongi sertifikasi IP54 yang menandakan perangkat tahan cipratan air dan debu. Untuk pengoperasian bisa melakukan ketuk  di sekitar area earbud tanpa menyentuhnya seperti memutar dan menghentikan musik serta menerima dan menolak panggilan dengan mengetuk dua kali hingga tiga kali ketuk untuk kontrol Al Noise Cancelation.

Selama pre order sampai 14 April 2023 mendatang, HUAWEI Watch Buds dibanderol Rp6.999.000 yang dapat dipesan melalui e-commerce yang menjadi partner resmi Huawei di Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, dan TikTok Shop. Kemudian juga bisa dipesan di toko fisik HUAWEI Experience Store, Erafone, dan Urban Republic di seluruh Indonesia.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar