ASUS TUF Gaming FX507
Berita Operator Seluler

Akhirnya XL Mulai Ikut Jual eSIM, Sudah Bisa Dibeli Secara Online Lho

eSIM-XL

Gadgetren – XL Axiata dikabarkan sudah membuka penjualan eSIM mengikuti jejak Smartfren dan Indosat Ooredoo Hutchison yang telah lebih dulu menyediakan layanan tersebut.

Sebelumnya ketersediaan eSIM dari XL Axiata ini dijanjikan pihak XL Axiata pada kuartal II atau Q2 tahun 2023 seperti dilansir dari Kompas.com.  Kini tak butuh waktu lama, pelanggan baru XL maupun lama bisa membeli kartu perdana eSIM XL secara daring di XL Store.

Pada situs pemesanannya tersebut, menariknya XL memberikan diskon untuk pemesanan eSIM XL hingga 35 persen sehingga pembeli bisa mendapatkan harga lebih murah.

Ada tiga pilihan paket kartu perdana eSIM XL yang bisa dibeli secara daring mencakup paket Xtra Combo Flex M menawarkan kapasitas 74GB dengan harga promo Rp30.000 dari Rp43.000. Kemudian paket Xtra Combo Flex L menawarkan kapasitas 114GB dengan harga promo Rp40.000 dari Rp62.000.

Selanjutnya untuk paket Xtra Combo Flex XL menawarkan kapasitas 166GB dengan harga promo Rp60.000 dari Rp87.000. Semua kuota paket kartu perdana eSIM XL berlaku selama 30 hari. Jika kuota habis di satu bulan pertama maka pengguna harus membeli kuota lagi.

Berbeda dengan Indosat IM3 yang telah menyediakan layanan eSIM untuk pengguna PraBayar dan Pasca Bayar, eSIM XL masih tersedia untuk pengguna PraBayar atau Reguler. Pada pantauan tim Gadgetren, pemesanan nomor perdana eSIM XL hanya menyajikan pilihan nomor reguler sedangkan untuk nomor premium disebutkan akan segera hadir dalam waktu dekat.

Setelah memilih nomor eSIM XL Reguler, pembeli akan diarahkan untuk mengisi data seperti nama lengkap, nomor telepon, email, dan konfirmasi email. Lalu pembeli akan melanjutkan ke proses transaksi pembayaran. Dari pemantauan tim Gadgetren saat ini pemesanan eSIM XL hanya mendukung metode pembayaran Virtual Account BCA.

eSIM-XL-nomor-Reguler

Perlu diingat bahwa tidak semua handphone mendukung kartu non fisik yang satu ini sehingga pengguna harus mengecek kompatibilitas perangkat terlebih dahulu sebelum melakukan aktivasi eSIM XL. Ada beberapa handphone yang mendukung eSIM.

Salah satunya adalah hampir semua handphone Apple terbaru seperti seri iPhone 14, seri iPhone 13, seri iPhone 12, seri iPhone 11, iPhone XS dan XS Max, iPhone SE 2020 dan 2022, dan lain-lainnya.

Kemudian juga semua handphone flaship dari Samsung terbaru turut kompatibel dengan eSIM seperti seri Galaxy S23, seri Galaxy S22, seri Galaxy S21, seri Galaxy S20, seri Galaxy Note20, seri Galaxy Z Flip4, seri Galaxy Z Fold4, dan masih banyak lagi.

Tak ketinggalan, handphone dari Huawei yakni Huawei P40, Huawei P40 Pro, dan Huawei Mate P40 Pro serta handphone dari OPPO seperti Oppo Find X5 dan Oppo Find X5 Pro juga kompatibel dengan layanan eSIM.

Kehadiran eSIM pada layanan operator seluler XL tentunya memberikan kemudahan bagi penggunannya di mana tak perlu lagi melepas pasang kartu fisik pada perangkat.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar