Beragam Fitur OPPO Pad Air Untuk Meningkatkan Produktivitas

OPPO Pad Air - Feature Produktivitas

Layar besar yang mencapai 10,36 inci membuat pengguna OPPO Pad Air leluasa dalam menikmati hiburan maupun melakukan aktivitas sehari-harinya.

Untuk menunjang rutinitas harian dari penggunanya, tablet OPPO Pad Air sudah dilengkapi dengan beragam fitur produktivitas yang sudah terintegrasi di dalamnya seperti Recent App, Smart Sidebar, Split Screen, dan Floating App.

Untuk Recent App bisa dibilang terasa gegas dimana pengguna hanya cukup menekan tombol Recent App berikon tiga garis di bagian bawah layar yang nantinya akan muncul beragam aplikasi yang telah dibuka dan dapat langsung berpindah ke aplikasi yang diinginkan.

Fitur seperti Smart Sidebar sendiri sudah aktif secara otomatis sejak tablet OPPO Pad Air diaktifkan untuk pertama kali. Menu melayang Smart Sidebar tersedia secara tersembunyi di pojok kiri atau kanan layar tergantung penataan yang dibuat pengguna.

Sementara fitur Split Screen dapat diaktifkan setelah pengguna OPPO Pad Air membuka beberapa aplikasi sehingga memungkinkan dua aplikasi sekaligus dapat berjalan dalam satu layar.

Berbeda halnya dengan Floating App yang mengizinkan satu aplikasi muncul dalam jendela melayang di bagian depan. Sementara di bagian belakangnya terdapat satu aplikasi yang dapat dijalankan dalam ukuran penuh.

Recent App

OPPO Pad Air - Recent App

Sebenarnya Recent App merupakan salah satu fitur yang sudah hadir pada handphone maupun tablet bersistem operasi Android masa kini. Hadirnya fitur ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dapat berpindah aplikasi yang telah terbuka secara cepat.

Misalnya saja pengguna sudah membuka lima aplikasi dan sedang menonton video YouTube. Untuk berpindah dengan cepat ke aplikasi lainnya tadi yang sudah dibuka, pengguna hanya cukup menekan tombol Recent App berikon tiga garis di bagian bawah layar.

Pada halaman Recent App, pengguna akan menemukan pratinjau dari tampilan terakhir aplikasi yang telah dibuka. Selanjutnya, pengguna hanya cukup menekan pratinjau yang diinginkan dan secara langsung masuk ke dalam aplikasi dengan cepat.

Bahkan pada halaman Recent App, pengguna juga dapat mengakses tombol Split Screen maupun Floating App. Pada OPPO Pad Air sendiri, tombol Recent App bisa disesuaikan ditempatkan pada bagian kiri bawah atau kanan bawah tergantung dari kemudahan pengguna.

Smart Sidebar

OPPO Pad Air - Smart Sidebar

Sesuai dengan label Sidebar, fitur yang satu ini terletak di bagian samping kanan atau kiri secara tersembunyi agar tidak mengganggu ketika sedang melakukan pekerjaan atau menikmati hiburan di OPPO Pad Air.

Kamu sendiri dapat melihat sebuah garis putih transparan di bagian pojok kanan atau kiri sebagai tanda lokasi Smart Sidebar. Untuk mengaksesnya, kamu dapat swipe garis putih tersebut dari bagian pojok ke bagian dalam layar sehingga memunculkan menu melayang.

Secara bawaan menu melayang Smart Sidebar akan menghadirkan enam ikon pintasan yang terdiri dari dua ikon fungsi dan empat ikon aplikasi. Namun pengguna dapat menambahkan total dua puluh ikon pintasan yang terdiri dari tiga ikon fungsi dan tujuh belas ikon aplikasi.

Tiga ikon fungsi ini sendiri terdiri dari Screenshot, Screen Recording, dan Recording yang memang biasanya lebih mudah dan cepat diakses dengan menggunakan sidebar ini. Sementara untuk semua ikon aplikasi dapat disematkan pada Smart Sidebar.

Dengan letaknya yang tersembunyi, Smart Sidebar tidak akan mengganggu aktivitas penggunanya dan menu melayang memang cukup efektif apabila ingin membuka fungsi maupun aplikasi yang sering diakses.

Split Screen

OPPO Pad Air - Split Screen App

Hadir sejak masa Android 7.0 Nougat, Split Screen merupakan salah satu fitur yang menjadi andalan bagi pengguna handphone dan tablet Android karena dapat membuat aplikasi berjalan sekaligus dalam satu layar.

Misalnya saja pengguna dapat menonton video dari YouTube sambil membaca berita melalui browser secara berdampingan. Selain itu, pengguna bisa juga melakukan chat pada aplikasi WhatsApp sembari menonton video YouTube.

Tentunya kemudahan dan kepraktisan inilah yang membuat fitur Split Screen selalu diperhatikan dari waktu ke waktu. Apalagi ukuran layar OPPO Pad Air yang besar tentunya membuat dua aplikasi yang muncul secara bersamaan masih dapat nyaman dilihat.

OPPO Pad Air - Split Screen Menu

Untuk mengaktifkan Split Screen, pengguna dapat membuka satu aplikasi terlebih dulu kemudian sapu layar dari atas ke bawah dengan gesture dua jari untuk membuka satu aplikasi lagi.

Selain menggunakan gesture, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur Split Screen berikon dua kotak yang terdapat pada bagian atas pratinjau aplikasi di halaman Recent App. Perlu diketahui bahwa tidak semua aplikasi mendukung fitur Split Screen.

Floating App

OPPO Pad Air - Floating Game

Meskipun dapat menjalankan dua aplikasi dalam satu layar, namun konsep Floating App menghadirkan satu aplikasi dengan kotak kecil yang melayang dan satu aplikasi lagi berjalan di bagian belakang dengan ukuran penuh.

Misalnya saja kamu sedang membaca informasi di sebuah situs melalui browser sembari memainkan game, maka dapat coba untuk membuat game berjalan di Floating App Windows yang nantinya melayang di bagian depan. Sementara browser dapat dijalankan pada bagian belakangnya.

Bisa dibilang game berjenis Idle sangat cocok untuk digunakan pada Floating App Windows karena kamu bisa melihat hasil permainan secara otomatis sambil membaca-baca informasi penting dari sebuah situs.

OPPO Pad Air - Floating App Menu

Namun kamu juga dapat mencoba skenario lainnya untuk Floating App. Contohnya menonton video dari YouTube dalam Floating App Windows dan melakukan chat pada aplikasi WhatsApp yang sedang berjalan di belakang.

Tentunya dengan hadirnya fitur-fitur ini dapat membuat kamu melakukan aktivitas multitasking dengan lebih mudah sehingga produktivitas meningkat. Sementara itu OPPO Pad Air sendiri akan segera hadir di Indonesia dalam waktu dekat ini.

Tinggalkan Komentar