Berita Laptop / PC

ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION, Spesial di Desain dan Performa

ASUS-Zenbook-14X-OLED-SpaceEdition-Feature

Gadgetren – ASUS baru-baru ini memperkenalkan laptop seri Zenbook edisi spesialnya di Indonesia yakni ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION. Laptop yang satu ini diciptakan ASUS untuk memperingati 25 tahun sejak kehadiran laptop ASUS yang melakukan perjalanan misi ke luar angkasa.

Hal inilah juga yang mendasari Zenbook 14X OLED SPACE EDITION menggunakan desain dengan tema luar angkasa. Apabila diperhatikan dari dekat cover dan keseluruhan bodi dari laptop Zenbook ini menggunakan warna Zero-G Titanium yang biasanya digunakan di berbagai wahana antariksa.

Sementara itu cover dan bodi dari perangkat ini pun terasa kokoh karena sudah menggunakan bahan aerospace-grade aluminium. Saya sendiri melihat bahwa bagian cover ini memiliki ornamen garis-garis futuristik layaknya film fiksi ilmiah bertema luar angkasa.

ASUS-Zenbook-14X-OLED-SpaceEdition-All

Masih pada bagian covernya terdapat layar kecil ZenVision berukuran 3,5 inci dengan teknologi PMOLED dan resolusi 256 x 64 piksel yang dapat menampilkan beberapa informasi seperti notifikasi, beberapa animasi bawaan, maupun teks yang dapat dibuat sesuai keinginan saya.

Tidak hanya telah memenuhi standar ketahanan Departemen Pertahanan Amerika Serikat (MIL-STD 810H), laptop yang satu ini pun sudah berhasil lolos pengujian standar ketahanan Pangkalan Sistem Luar Angkasa Amerika Serikat (SMC-S-016A).

Dengan pengujian ini membuat Zenbook 14X OLED SPACE EDITION telah tahan terhadap guncangan, suhu sangat rendah serta tinggi, jatuh dari ketinggian, getaran, dan kelembapan.

Untuk memanjakan mata yang menggunakannya, perangkat yang satu ini sudah dilengkapi layar 14 inci dengan teknologi OLED, resolusi 4K (3840 x 2400 piksel), waktu respon 0,2ms, HDR, 100% DCI-P3 Color Gamut, Pantone Validated Display, tingkat kecerahan 550 nits, dan aspek rasio 16:10.

ASUS-Zenbook-14X-OLED-SpaceEdition-Layar

Saya sendiri merasa layarnya terasa nyaman ketika menampilkan konten yang terlihat cerah dan jernih, terutama pada saat memutar video di YouTube dengan resolusi yang tinggi mencapai 4K.

Untuk membuat hiburan penggunanya lebih hidup, ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ini sudah dilengkapi dengan speaker yang dapat menghasilkan suara stereo dengan sertifikasi dengan Dolby Atmos dan Harman Kardon.

Tidak hanya desain yang spesial, laptop ini pun sudah dilengkapi prosesor yang sangat bertenaga dengan pilihan Intel Core i7-12700H yang dikombinasikan RAM 16 GB atau Core i9-12900H berpasangan dengan RAM 32 GB.

Kartu grafisnya menggunakan Intel Iris Xe yang dapat menangani grafis dengan baik namun tetap efisien dalam mengkonsumsi daya baterai. Sementara penyimpanan internalnya sudah dipercayakan kepada PCIe 4.0 x 4 SSD berkapasitas 1 TB.

Untuk membuat suhu tetap stabil ketika menjalankan aplikasi dalam waktu yang lama, Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ini sudah dilengkapi dengan teknologi pendingin IceCool, heat pipe berukuran 6mm serta 8mm, dan kipas ganda dengan 87 bilah yang mampu mempercepat perpindahan panas secara efisien.

Produk ini pun sudah dilengkapi dengan ASUS ErgoSense Keyboard dengan desain chiclet dan traveling distance 1,4mm pada setiap tombol yang nyaman ketika digunakan untuk mengetik. Sementara backlit pada keyboard dapat membantu saya ketika mengetik dalam kondisi redup maupun malam hari.

ASUS-Zenbook-14X-OLED-SpaceEdition-Keyboard

Selain areanya yang cukup luas dan responsif terhadap sentuhan jari, ASUS ErgoSense Touchpad juga dilengkapi dengan NumPad yang dapat memudahkan pengetikan angka maupun operator pada laptop.

Dari sisi konektivitas, laptop yang satu ini telah dibekali dengan Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2, port jack audio 3,5mm, 2 port Thunderbolt 4 USB-C, port USB 3.2 Gen2, HDMI 2.0, dan microSD Reader.

Meskipun fitur dan spesifikasi hardware yang dibawa oleh laptop ini telah terungkap, namun ASUS baru akan mengungkapkan harganya di Indonesia pada saat peluncuran resminya tiba pada tanggal 15 September 2022.

Tinggalkan Komentar