Berita

Belum Mendaftar PSE, Steam dan Epic Games Store Kena Blokir

Steam Diblokir

Gadgetren – Belakangan ini mungkin kamu sudah dengar bahwa pemerintah melalui Kominfo menggencarkan peraturan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). Kini per tanggal 30 Juli 2022, beberapa situs web yang belum mendaftar seperti Steam dan Epic Games Store telah diblokir.

Seperti yang kita tahu, Steam dan Epic Games Store adalah platform game digital yang sangat populer digunakan untuk membeli dan memainkan game-game secara legal. Game-game populer yang banyak dimainkan di turnamen online pun banyak yang memanfaatkan platform tersebut.

Selain platform game Steam dan Epic Games Store, terpantau beberapa website lain pun kena blokir seperti PayPal dan Origin. Pemblokiran ini tentunya akan berdampak ke para pengguna layanan tersebut yang cukup banyak di Indonesia.

Blokir PSE

Tampilan website Steam tidak bisa diakses

Kabar baiknya berdasarkan pantauan tim Gadgetren, baik Steam dan Epic Games Store masih dapat diakses jika menggunakan penyedia layanan internet tertentu seperti XL dan CBN.

Peraturan PSE ini sendiri adalah peraturan yang dikeluarkan oleh Kominfo yang intinya mewajibkan penyelenggara sistem elektronik untuk mendaftarkan layanan mereka.

Batas akhir pendfataran PSE sebetulnya adalah tanggal 27 Juli 2022 kemarin namun Kominfo baru mulai melakukan pemlokiran tanggal 30 Juli 2022 mulai pukul 00:00 yang dikutip dari Kompas Tekno.

Tinggalkan Komentar