Aplikasi Tips dan Trik

Apa Itu Spotify Session? Ini Cara Membuatnya!

Apa Itu Spotify Session Header

Gadgetren – Beberapa waktu lalu sedang ramai membahas mengenai Spotify Group Session atau biasa disebut Spotify Session (Sposes).

Meskipun begitu, fitur yang satu ini sebenarnya sudah diluncurkan pada Spotify sejak pertengahan tahun 2020.

Namun fitur ini digulirkan atau diberikan secara bertahap kepada pengguna sehingga tidak serentak semua pengguna langsung mendapatkannya. Spotify Group Session sendiri merupakan fitur dimana kamu dapat menikmati lagu atau musik bersama dengan teman maupun orang lain melalui walaupun tidak sedang berada di area yang sama.

Semua pengguna yang masuk ke dalam Spotify Group Session dapat menikmat lagu yang sama, memilih lagu yang diinginkan, menghentikan lagu yang sedang diputar, dan lainnya.

Namun perlu diketahui bahwa syarat utama agar bisa menikmati fitur ini, kamu harus sudah berlangganan akun Premium Spotify. Apabila masih menggunakan akun biasa atau gratis, maka Spotify Group Session tidak akan bisa kamu aktifkan.

Sementara itu, kamu yang sudah kebagian bisa membuat Spotify Group Session dengan beberapa langkah mudah seperti tutorial berikut.

Cara Membuat Spotify Group Session

  1. Akses aplikasi Spotify di handphone
  2. Cari dan putar lagu yang kamu inginkan
  3. Pada halaman pemutar lagu, pilih menu Start Group Session
  4. Undang pengguna Spotify lain untuk bergabung
  5. Nantinya undangan akan dikirimkan ke pengguna lain dalam bentuk link
  6. Pengguna lain dapat menekan link yang telah dikirimkan
  7. Selanjutnya, pengguna lain tersebut akan bergabung mendengarkan lagu yang sedang kamu putar

Perlu dicatat bahwa kamu dapat mengundang maksimum hingga 7 pengguna lain untuk mengikuti Spotify Group Session. Tidak hanya kamu saja, pengguna yang diundang pun wajib sudah memiliki akun premium untuk bisa menikmati fitur ini.

Apabila kamu ingin mengakhiri Spotify Group Session, maka cukup menekan tombol End Session pada aplikasi masing-masing. Fitur pun sudah tersedia digunakan pada aplikasi di handphone berbasis Android maupun iOS.

Fitur ini tentunya menarik pada masa pandemi ini karena kamu dapat bersantai sejenak menikmati lagu bersama teman tanpa harus keluar rumah sehingga mengurangi risiko terjadinya penularan.

Tinggalkan Komentar