ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan Tecno POVA 3 – Handphone Menengah yang Cukup Menarik

Kelebihan dan Kekurangan Tecno POVA 3 - Header

Gadgetren – Dengan kelebihan dan kekurangan yang diusungnya, Tecno POVA 3 dapat menjadi alternatif pilihan menarik saat kita sedang mencari handphone menengah dengan harga Rp2 jutaan.

Handphone baru dari Tecno Mobile Indonesia ini mengemas paket lengkap dengan harga normal mulai dari Rp2.599.000 untuk varian warna Eco Black dan Tech Silver hingga Rp2.699.000 untuk Electric Blue. Harga banderolnya bahkan bisa lebih murah saat ada program tertentu.

Hanya dengan mengeluarkan dana kurang dari Rp3 juta, kita nantinya akan memperoleh handphone dengan layar berukuran luas, baterai berkapasitas besar, hingga dapur pacu cukup kuat. Kamu yang penasaran dapat menyimaknya secara lebih lanjut dalam rincciannya sebagai berikut.

Kelebihan dan Kekurangan Tecno POVA 3

Kelebihan

Tecno POVA 3 hadir dengan dukungan panel layar berjenis IPS yang membentang seluas 6,9 inci. Resolusinya pun sudah Full HD+ (2460 x 1080 piksel) dengan refresh rate tinggi hingga 90Hz yang mampu menghadirkan animasi lebih halus dari layar pada umumnya.

Layar berukuran sangat luas ini tentu dapat mempermudah kita menikmati berbagai macam konten. Kamu yang gemar bermain game pun akan terbantu dengan gerakan karakter atau kamera yang jadi lebih mulus sehingga lebih mudah mengunci target saat bertanding.

Baterai berkapasitas 7.000mAh juga dapat menjadi salah satu hal yang bisa dipertimbangkan saat memilih handphone ini. Tecno POVA 3 soalnya dapat memungkinkan kita bekerja, belajar, bermain, hingga menikmati hiburan dengan durasi pemakaian lebih lama.

Sesuai dengan keterangan Tecno Mobile di laman web resminya, handphone ini diklaim dapat bertahan hingga lebih dari 20 jam untuk memutar video YouTube, 50 jam mendengarkan musik, atau 8 jam bermain game dalam sekali siklus pengisian daya dengan baterainya.

Kita pun tak perlu khawatir soal durasi pengisian baterainya. Handphone ini dilengkapi dengan teknologi pengisian berdaya 25W dan adaptor 33W Flash Charge yang memungkinkan pengisian ulang daya baterai hingga penuh dalam waktu sekitar 50 menit.

TECNO-POVA-3-Warna

Di sektor dapur pacu, Tecno POVA 3 juga terekam membawa MediaTek Helio G88. Chipset dengan delapan inti tersebut mempunyai arsitektur berbasis ARM Cortex-A75 dan Cortex-A55 dalam balutan manufaktur 12nm yang mampu dipacu hingga 2,0GHz.

Tecno Mobile kemudian memperkuat kemampuan dari chipset tersebut dengan menambahkan memori yang terkonfigurasi sebesar 6GB + 128GB secara berurutan untuk RAM dan penyimpanan internal yang ada di dalamnya. Terdapat juga teknologi Memory Fusion yang bisa memperluas ukuran RAM hingga 5GB dengan mengambil ruang kosong media penyimpanan.

Aspek fotografi yang diusung Tecno POVA 3 pun tidak ketinggalan. Sebagaimana handphone-handphone masa kini, perangkat menengah ini pun sudah mengusung kamera utama berlensa tiga dengan resolusi hingga 50MP pada bagian belakang dan kamera selfie 8MP pada bagian depannya.

Fitur-fitur yang diusung oleh Tecno POVA 3 juga terbilang cukup lengkap. Di dalamnya sudah ada dukungan seperti sensor pemindai sidik jari, z-axis linear motor, speaker ganda dengan DTS Stereo Sound Effect, hingga lapisan pendingin berbahan grafit.

Perangkat ini juga mempunyai desain bodi yang cukup menarik. Terlebih lagi jika memilih varian Electric Blue, kita akan memperoleh handphone dengan panel LED yang bisa berubah-ubah warna di bagian belakangnya.

Kekurangan

Sayangnya dengan baterai berkapasitas besar dan layar yang cukup lebar, Tecno POVA 3 mempunyai bodi yang lumayan bongsor sebagai gantinya. Dimensi handphone ini bahkan tercatat berukuran hingga 173,1 x 78,46 x 9,44mm dan bisa semakin besar ketika kita menggunakan case pelindung yang tebal.

Bobot Tecno POVA 3 juga menjadi sedikit lebih berat karena ukuran layar dan kapasitas baterai tersebut. Jadi nantinya kita yang belum terbiasa kemungkinan akan merasa kurang nyaman saat menggunakan perangkat dengan satu tangan.

Absennya dukungan tahan air dan debu dari handphone ini juga menjadi kekurangan yang perlu diperhatikan. Beberapa perangkat yang hadir di kelas Rp2 jutaan soalnya sudah mempunyai proteksi untuk hal tersebut minimal IP53.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangna yang dimiliki Tecno POVA 3 yang patut untuk dipertimbangkan sebelum membelinya. Secara keseluruhan, handphone besutan Tecno Mobile yang satu ini terlihat cukup menarik dengan speisifkasi yang mungkin cocok untuk sebagian pengguna yang khususnya mencari handphone dengan baterai besar.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar