Tips dan Trik

Cara Menonaktifkan dan Menghapus Google TV di Handphone vivo Biar Penyimpanan Lega

Cara Menonaktifkan dan Menghapus Google TV di Hp vivo -Header

Gadgetren – Google TV biasanya menjadi salah satu aplikasi bawaan yang akan tertanam secara mendasar di berbagai macam handphone berbasis Android, termasuk di antaranya perangkat buatan vivo.

Aplikasi yang semula bernama Play Movies & TV ini sebenarnya menawarkan berbagai macam fitur menarik terutama buat kita yang mempunyai kegemaran untuk menonton tayangan film dan acara televisi secara daring.

Lewat aplikasi buatan Google ini, kita soalnya bisa menemukan lebih dari 700.000 judul film dan program acara televisi dari berbagai macam platform streaming seperti Disney+, HBO Max, hingga hulu dalam satu layanan.

Namun sayangnya bagi sebagian dari kita, Google TV sering kali hanya memenuhi ruang penyimpanan saja karena jarang digunakan. Bahkan kadang kala justru bisa menjadi sumber masalah terutama saat kehabisan memori untuk menyimpan data atau memasang aplikasi lain.

Sama seperti aplikasi bawaan sistem Android pada umumnya, Google TV di beberapa perangkat soalnya tidak bisa dihapus begitu saja. Pada handphone-handphone buatan vivo pun juga demikian.

Di handphone vivo, Google TV biasanya tersedia sebagai salah satu aplikasi sistem. Dengan kata lain kita tidak bisa menghapusnya begitu saja untuk mengambil ruang penyimpanan yang dipakai oleh layanan ini.

Sebagai alternatif, untungnya ada cara untuk menonaktifkannya. Dengan begitu nanti aplikasi akan berhenti berjalan dan tak akan memakan ruang penyimpanan terlalu banyak karena seluruh pembaruannya pun ikut terhapus.

Cara Menonaktifkan Google TV di Handphone vivo

  1. Masuk ke halaman Settings
  2. Buka bagian Apps
  3. Klik See all apps jika diperlukan
  4. Cari dan pilih aplikasi Google TV
  5. Ketuk tombol Uninstall Updates atau Disable
  6. Konfirmasi sesuai tombol yang muncul

Setiap versi Funtouch OS hanya saja mempunyai tampilan antarmuka yang berbeda-beda. Kita karena itu perlu cara berlainan untuk menonaktifkan aplikasi sistem di mana secara umum kurang lebih seperti beberapa langkah di atas.

Cara Menghapus Aplikasi Google TV di Handphone vivo

Sementara jika benar-benar ingin menghapus aplikasi Google TV, kita perlu upaya lebih keras untuk melakukan hal tersebut. Salah satu di antaranya dengan memanfaatkan mode Android Debugging yang tidak membutuhkan akses root.

Mode debugging merupakan sebuah dukungan yang dirancang untuk pengembang supaya bisa menguji coba dan mencari kesalahan dalam baris-baris kode pengembangan aplikasi atau layanan sebelum diluncurkan secara resmi.

Kita pun bisa memanfaatkan mode ini untuk mengotak-atik sistem Android termasuk menghapus aplikasi bawaan seperti Google TV. Hanya saja kita memang memerlukan komputer dengan ADB Driver terpasang atau aplikasi LADB serta mengaktifkan mode USB Debugging di perangkat.

Saya secara pribadi tidak menyarankan metode ini untuk kita yang masih awam karena langkah-langkahnya lumayan ribet dan riskan terjadi kesalahan. Kalau pun perlu untuk dilakukan, sebaiknya meminta bantuan kepada orang yang lebih ahli supaya tidak terjadi hal-hal tidak mengenakan.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar