Berita Smartphone

Google Bakal Segera Permudah Migrasi Data dari iPhone ke Android

Google-Switching-iOS-to-Android

Gadgetren – Google dikabarkan akan mengeluarkan aplikasi baru bernama Switch to Android yang memungkinkan pemindahan data dari perangkat iOS ke Android secara mudah.

Dilansir dari 9to5google fitur ini sendiri tersedia dalam bentuk aplikasi mandiri yang secara khusus disediakan untuk perangkat iOS. Aplikasi ini sudah meluncur namun tidak banyak yang tahu karena tidak terdaftar.

Menurut laporan 9t05google, aplikasi Switch to Android hanya bisa diakses melalui tautan langsung. Kehadiran fitur baru ini tentunya akan memudahkan pengguna iOS melakukan transfer data ke Android dengan cepat tanpa membutuhkan banyak waktu dibandingkan transfer data secara manual atau satu persatu.

Dengan begitu akan ada banyak data yang bisa dipindahkan dalam satu waktu mulai dari foto, video, nomor kontak, maupun jenis file lainnya. Semuanya bisa dipilih oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Ada dua langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan transfer data menggunakan fitur Switch to Android. Cara pertama secara nirkabel atau tanpa kabel melalui hotspot yang tersambung di kedua perangkat. Kedua ialah menggunakan kabel USB C Lightning.

Soal kapan Google akan meluncurkan fitur Switch ke Android secara global termasuk Indonesia belum diketahui lebih jauh kepastiannya karena langkah-langkah transfer data menggunakan Switch to Android diketahui masih memiliki beberapa pemulihan lebih lanjut.

Laporan 9to5goolge juga menyebutkan bahwa data yang bisa ditransfer dari iOS ke Android berupa foto, video, jenis dokumen lainnya yang disimpan secara lokal di iPhone. Sedangkan data yang berada di iCloud akan ditransfer setelah proses data lokal selesai dipindahkan.

Transfer data dari iCloud perlu dicatat membutuhkan Apple ID. Setelah semua data berhasil pindah dari iOS ke Android, masih ada beberapa langkah yang perlu dilalui seperti menonaktifkan iMessage agar pesan yang akan datang nanti terkirim lewat SMS.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar