ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Tingkatkan Pelayanan ke UMKM, Toko Cabang Berubah Nama Jadi Dilayani Tokopedia

Fitur-Dilayani-Tokopedia-Header

Gadgetren – E-commerce Tokopedia dikabarkan telah melakukan pembaruan nama fitur Toko Cabang menjadi Dilayani Tokopedia.

Fitur ini biasanya digunakan oleh penjual untuk menawarkan kepada pembeli layanan akses mudah dalam membeli barang dan bisa menjangkau ke berbagai kota. Ringkasnya, Dilayani Tokopedia menghadirkan konsep gudang untuk penjual menaruh barang dalam jumlah banyak yang sudah dibeli dan akan dikirim ke luar kota.

Dilayani Tokopedia saat ini sudah memiliki enam gudang yang tersebar di enam kota Indonesia mencakup Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Surabaya, hingga Makassar. Nantinya gudang-gudang lain akan terus bertambah seiring dengan permintaan pasar.

Layanan ini bertujuan menjawab tantangan logistik antar pulau di Indonesia yang dihadapi oleh penjual Tokopedia. Dengan begitu, penjual bisa memaksimalkan penjualan sekaligus Tokopedia mendorong pemulihan ekonomi secara nasional dan bisa menjangkau seluruh masyarakat untuk menyediakan pengalaman berbelanja yang merata.

Erwin Dwi Saputra selaku AVP of Fulfillment Tokopedia menjelaskan bahwa perubahan nama Toko Cabang menjadi Dilayani Tokopedia merupakan bentuk evolusi dari pelayanan pihaknya agar selalu lebih baik untuk pembeli  dan penjual.

“Dengan ubah nama, Dilayani Tokopedia bisa dipahami dengan pembeli dan bisa lebih banyak lagi pengalaman yang dirasakan dengan aman serta nyaman. Kita akan terus kembangkan layanan ini ke depan,” ujarnya kepada tim Gadgetren.

Dilayani-Tokopedia-3

Adanya gudang dipastikan Erwin mampu menjaga dan menyimpan barang titipan penjual dengan baik dan aman karena pihaknya berkolaborasi dengan mitra yang menerapkan protokol dan pengamanan yang ketat.

Erwin menambahkan bahwa manfaat yang bisa didapat oleh penjual lewat Dilayani Tokopedia selain bisa menangani pemesanan besar terutama di musim perayaan, penjual juga bisa lebih mudah dan efisien mendistribusikan produk ke berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, lebih hemat dengan bebas biaya layanan 30 hari pertama. Bila ada promo spesial, penjual pun bisa berpartisipasi untuk kemudian pesanan diterima dan diproses oleh Dilayani Tokopedia dalam waktu 3 jam (instan) dan 24 jam (reguler).

Dilayani-Tokopedia-2

Dengan layanan ini, penjual bisa memberikan ongkos kirim Rp0 ke seluruh Indonesia dan barang bisa tiba maksimal dalam waktu 48 jam. Di samping itu, penjual juga bisa memanfaatkan halaman dasbor yang berguna untuk memberikan informasi analitis dan mengatur level stok barang yang tersebar di seluruh jaringan gudang Tokopedia.

Bagi penjual yang sudah terdaftar resmi di Tokopedia bisa mendaftarkan tokonya di situs Dilayani Tokopedia agar pembeli yang berada di luar pulau bisa mendapatkan layanan ini. Namun ada persyaratan khusus yang perlu diketahui oleh penjual ketika ingin mendaftarkan tokonya di Dilayani Tokopedia.

Yang mana Tokopedia hanya melayani Dilayani Tokopedia untuk Seller atau penjual dengan minimum reputasi Gold 1 atau Official Stores. Tokopedia juga memberikan persyaratan produk yang mengikuti layanan ini antara lain tidak menerima produk yang tidak mengikuti aturan peraturan pemerintah dan tidak sesuai dengan ketentuan perizinan yang berlaku sesuai jenis produk (BPOM, PIRT, SNI, dan sebagainya).

Dilayani-Tokopedia-4

Kemudian Tokopedia tidak menerima produk makanan dan minuman segar, produk yang sudah kadaluwarsa, produk yang memiliki batas kedaluwarsa di bawah 6 bulan, dan produk dengan dimensi melebihi 40cm x 28cm x 28cm atau berat lebih dari 23 kg.

Sementara itu, produk yang diikutkan dalam layanan Dilayani Tokopedia akan dikelola oleh tim terkait termasuk penerimaan pesanan, pembalasan chat dan diskusi produk, pengemasan produk, dan pengiriman produk ke agen logistik.

Yang perlu diperhatikan, penjual akan menanggung dua komponen biaya. Pertama biaya Fulfillment untuk produk terjual yang Dilayani Tokopedia dan kedua biaya Penyimpanan untuk produk yang tersimpan di gudang Dilayani Tokopedia lebih dari 60 hari.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

  • dengan ikut program tokocabang,
    barang saya banyak yang hilang,
    ada juga yang pecah,
    juga ada yang kena minyak,
    entah minyak dari mana

    pengiriman sangat lelet,
    masa jasa kirim instant di kirim di besoknya atau lusa,
    jadi bertanya, apa gunanya customer bayar lebih buat pengiriman yang lebih cepat,
    tapi dpet nya pengiriman yang lelet,

    untuk proses klaim barang rusak oleh team tokopediacabang (hilang di gudang tokopedia cabang) sangat lama,
    minimal ya 2-3 bulan, itu pun klo berhasil di klaim ya,
    soalnya kadang bukti kita kuat (misal ada bukti foto qty barang dan surat jalan yang sudah di tanda tangani) ini pun masih bisa dikalahkan oleh team tokopedia

    terus stok barang bisa di buat 0 (NOL) oleh team tokopedia cabang,
    akibatnya apa? ya seller kaga jualan,
    karena di anggap stoknya NOL,
    wkwkwkwk

    semangat yang baru pake tokocabang,
    semoga betah pake tokocabang