Berita Laptop / PC

Ini Harga dan Spesifikasi Laptop Baru Lenovo ThinkPad X13s dengan Snapdragon 8cx Gen 3

Lenovo-ThinkPad-X13s-Snapdragon-8cx-Gen-3-Header.

Gadgetren – Sebelumnya pada gelaran teknologi Mobile World Congress (MWC) 2022, Qualcomm telah mengumumkan inovasi produk terbarunya yang mana salah satunya ialah prosesor Snapdragon 8cx Gen 3 terbaru yang ditujukan untuk laptop atau PC kelas bisnis.

Prosesor ini dikabarkan akan menyokong laptop Lenovo ThinkPad X13s yang bakal segera dipasarkan secara global pada bulan Mei 2022 mendatang dengan harga 1.099 USD atau setara 15,7 jutaan rupiah. Produk ini di situs resmi Indonesia menariknya sudah terpajang, namun hingga kini Lenovo Indonesia belum membocorkan kapan laptop tersebut mulai dijual.

Dengan dibekali oleh prosesor Snapdragon 8cx Gen 3, laptop baru ini diklaim menawarkan 85 persen lebih ngebut dibanding generasi sebelumnya untuk menangani kegiatan multitasking. Laptop ini juga didukung oleh sistem pendingin tanpa kipas yang akan memungkinkan mesin laptop memiliki suara senyap ketika sedang digunakan.

Selain itu, dukungan prosesor tersebut memungkinkan laptop ThinkPad X13s bisa selalu aktif dan terhubung ke jaringan 5G karena dilengkapi oleh fitur standby dan instant-on dan konektivitas opsional Sub-6GHz atau 5G mmWave berkemampuan 5G.

Lenovo-ThinkPad-X13s-5G

Berkat adanya teknologi tersebut, pengguna nantinya bisa menikmati konferensi video berkualitas lebih tinggi sekaligus menawarkan latensi rendah, dan kegiatan kolaborasi lainnya. Prosesor tersebut juga dipadukan oleh RAM LPDDR4x berkapasitas 32 GB dual channel dan penyimpanan SSD PCle Gen 4 hingga 1TB.

Tak lupa kartu grafis Snapdragon Gen 3 Qualcomm Adreno telah dibenamkan ke dalam bodinya untuk menjalankan aplikasi, video, maupun konten visual pada layarnya. Layarnya tebar pesona dengan ukuran 13,3 inci yang memiliki resolusi WUXGA (1920 x 1200 piksel berpanel IPS serta dukungan tingkat kecerahan 400 nits, antiglare, 100% sRGB, dan tersertifikasi perlindungan mata terhadap paparan sinar biru.

Pada layarnya juga terdapat kamera webcam beresolusi 5 MP RGB yang dibekali dengan fitur webcam privacy e-shutter.  Sistem operasinya menggunakan Windows 11 Pro dan memiliki baterai berkapasitas 49,5Whr yang diklaim mampu digunakan hingga 28 jam lamanya. Pengisian dayanya juga mendukung pengisian cepat atau Rapid Charge.

Lenovo-ThinkPad-X13s-Privacy-Shutter.

Untuk ketahanan penggunaan, laptop ThinkPad X13s telah mengantongi sertifikasi standar MIL-STD 810H berupa pengujian 12 hal dan lebih dari 200 pemeriksaan kualitas untuk memastikannya berjalan dalam kondisi ekstrem. Pengujian ini mencakup lingkungan ekstrem, suhu, tekanan, kelembapan, getaran, jatuh, dan masih banyak lagi.

Secara fisik, laptop ini memiliki bobot hanya 1,06kg yang menawarkan satu varian warna Thunder Black dengan sertifikasi material daur ulang magnesium sebesar 90 persen. Soal keamanan, laptop ThinkPad X13s didukung oleh Trusted Platform Module (TPM) 2.0, Kensington lock, Microsoft Secured Core, dan  Computer Vision human-presence detection alerts.

Di bagian keyboard-nya sudah anti air atau tumpahan air dan memiliki touchpad berukuran 4,33 inci yang menyediakan cahaya backlit warna putih serta tombol F9 untuk privacy shutter. Fitur-fitur penunjang lainnya bisa dibilang lengkap mulai dari Dolby Audio  yang teridir dari 2 speaker dan 3 mikrofon, Qualcomm Voice & Audio Suite, WiFi 6E, Bluetooth 5.2, 2 x USB-C 3.2 Gen 2, headphone, dan SIM.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar