Aplikasi Tips dan Trik

Cara Gunakan Fitur Friend List di Google Maps Untuk Lacak Lokasi Teman

Fitur Friend List di Google Maps Header

Gadgetren – Friend List adalah salah satu fitur dari Google Maps yang berfungsi untuk melihat dan menambahkan teman dari daftar bisa mengetahui lokasi kita berada secara real-time.

Nantinya pada saat kamu mengaktifkan fitur Location Sharing, maka kamu akan menemukan Friend List yang berisikan nomor kontak telepon temanmu. Nantinya apabila kamu memiliki salah satu kontak tersebut, maka dapat mengirimkan lokasimu dengan link melalui SMS.

Pada saat teman mendapatkan pesan berupa link tersebut, maka teman akan diminta untuk membuka link tersebut untuk mendapatkan titik lokasi kamu berada saat ini secara langsung atau real-time.

Google Maps pun akan meminta izin teman kamu untuk membagikan link lokasinya kepada kamu. Setelah izin disetujui, maka secara otomatis lokasi teman dan kamu akan tampil di Google Maps.

Apabila kamu atau teman sedang dalam perjalanan pada lokasi yang dituju, maka secara otomatis Google Maps akan memperlihatkan pergerakan pada peta secara real-time.

Cara Menggunakan Friend List di Google Maps

  1. Buka aplikasi Google Maps di handphone
  2. Login ke akun Google
  3. Masuk ke menu Options lewat ikon foto profil akun Google di bagian kanan atas
  4. Pilih menu Location Sharing
  5. Pada menu Share your real-time location, tentukan durasi dan salah satu teman di menu Friend List
  6. Setelah kamu memilih salah satu dari daftar, maka secara otomatis link akan dikirimkan orang tersebut
  7. Tekan link tersebut untuk langsung diarahkan ke Google Maps
  8. Nantinya teman akan diminta untuk berbagi lokasi
  9. Setelah permintaan disetujui, maka lokasi kamu dan tema akan muncul di Google Maps yang ditandai dengan foto profil masing-masing

Sebagai catatan, pastikan GPS pada handphone sudah aktif agar memberikan lokasi yang akurat di Google Maps. Tidak hanya melalui pesan SMS, kamu juga dapat mengirimkan link lokasi melalui Facebook Messenger, WhatsApp, LINE, Telegram, email, dan lainnya.

Bisa dibilang cara kerja Location Sharing pada Google Maps hampir mirip dengan fitur Share Live Location di WhatsApp yang mana nantinya sesama pengguna WhatsApp dapat berbagi lokasi secara real-time untuk saling mengetahui keberadaan posisinya saat itu juga.

Kamu dapat mengatur durasi waktu yang ditampilkan oleh fitur Location Sharing di Google Maps mulai dari 15 menit hingga 12 jam. Namun untuk opsi Until you turn this off, kamu akan membagikan lokasi hingga dimatikan secara manual.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar