ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Tips dan Trik

Tidak Sembarangan! Inilah Cara Membuat Centang Hijau di WhatsApp

 Cara Membuat Centang Hijau di WhatsApp Header

Gadgetren – Berbeda dengan WhatsApp Messenger yang digunakan oleh orang umum, WhatsApp Business merupakan aplikasi dan layanan yang dirancang untuk mendukung pemilik usaha kecil dan menengah.

Selain melakukan chat kepada pengguna lain, WhatsApp Business juga menyuguhkan beragam fitur yang memudahkan dalam transaksi jual beli, mempromosikan produk, dan melakukan tanya jawab ketika transaksi sedang berlangsung.

Sementara untuk lebih meyakinkan pembeli dan pelanggan terhadap suatu akun WhatsApp Business, pihak WhatsApp telah menghadirkan fitur Verified Badge yang ditandai dengan centang berwarna hijau.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, Verified Badge merupakan fitur WhatsApp Business API yang menunjukkan bahwa akun penjual telah diverifikasi secara resmi oleh WhatsApp sehingga terpercaya bahwa memang mempunyai bisnis yang kredibilitasnya dapat dipertanggungjawabkan.

Dengan kata lain, akun WhatsApp Business yang memiliki Centang Hijau di sampingnya berarti telah mendapatkan Verified Badge. Tentunya manfaat akun dengan Verified Badge salah satunya meningkatkan reputasi dan menambah kepercayaan dari pembeli atau pelanggan karena bisnisnya sudah diakui oleh WhatsApp.

Sementara bagi kamu yang ingin mendapatkan Centang Hijau harus menggunakan WhatsApp Business API terlebih dulu, di mana kamu harus bermitra dengan partner resmi WhatsApp (Official Partner WhatsApp Business API) dari negara asal masing-masing.

Nantinya Official Partner akan membantu kamu untuk mendapatkan Centang Hijau di akun WhatsApp Business yang kamu gunakan setelah dilakukan verifikasi data.

Cara Membuat Centang Hijau di WhatsApp

  1. Daftarkan bisnis kamu melalui Official Partner WhatsApp Business API, seperti Barantum atau Qontak
  2. Selanjutnya, buat Facebook Business Manager
  3. Berikan ID Facebook Business Manager kepada Official Partner WhatsApp Business API
  4. Setujui pengiriman pesan dari Platform Barantum atau Qontak
  5. Siapkan dokumen seperti NPWP, SIUP, dan lainnya terkait bisnis kamu
  6. Nantinya pihak Official Partner WhatsApp Business API akan membantu proses verifikasi
  7. Pastikan nama bisnis sesuai dengan nama di Facebook Business Manager dan WhatsApp Business API
  8. Daftar nomor dan display name yang diinginkan di WhatsApp nanti
  9. Qontak atau Barantum akan mendaftarkan akun kamu menjadi Official WhatsApp Business
  10. Tunggu kabar dari WhatsApp yang sedang melakukan verifikasi akun
  11. Apabila telah sesuai ketentuan yang berlaku, maka akun WhatsApp Business kamu akan mendapatkan Centang Hijau

Perlu dicatat bahwa pihak WhatsApp tidak akan memverifikasi akun apabila berjualan produk seperti Drugs, Tobacco Items, Gambling Businesses, Alcohol Brands, Weapons & Ammunition Businesses, Live Animal, Adult Product/Services, Medical & Healthcare Products, Dating Services, dan Cryptocurrencies.

Bisa dibilang pihak WhatsApp harus melakukan upaya untuk memastikan akun dengan Centang Hijau tidak menimbulkan masalah di kemudian hari sehingga tidak berurusan dengan pihak berwajib, seperti polisi.

Sementara jika kamu masih gagal dalam mendapatkan akun WhatsApp Business API dengan Centang Hijau, maka pihak Official Partner WhatsApp Business API akan membantu kembali dan menyelesaikan permasalahan hingga mendapatkan jalan keluarnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar