Berita Laptop / PC

ASUS Perkenalkan ExpertBook B5, Laptop Untuk Pebisnis dengan Intel Generasi ke-11

ASUS-ExpertBook-B5-Flip-Model.

Gadgetren – ASUS Indonesia kembali memperkenalkan laptop barunya yang sebentar lagi siap dipasarkan di Indonesia. Laptop tersebut datang dari segmen bisnis bernama ExpertBook B5302 yang terbagi menjadi dua model.

Model pertama memiliki kode B5302F di mana laptop tersebut mengusung desain Flip yang bisa diputar hingga 360 derajat. Dengan demikian pengguna bisa lebih banyak memaksimalkan pekerjaan untuk beragam mode seperti Laptop, Tablet, Tenda, dan Display.

Sementara untuk model kedua ialah memiliki kode B5302C yang mana hanya bisa diputar mentok hingga 180 derajat sehingga akan menampilkan mode Laptop dan Display saja.

Laptop ExpertBook B5 ini akan ditenagai oleh prosesor Intel Generasi ke 11 dengan varian tertinggi i7 bersertifikasi Intel Evo sehingga menjadikannya sebagai laptop tipis konvertibel dengan bobot kurang lebih 1 kg.

Prosesornya itu juga akan dipadukan dengan kartu grafis Intel Iris Xe dan RAM DDR4 3200Mhz berkapasitas hingga 48 GB dan penyimpanan hingga dua SSD M.2 NVMe PCle 3.0×4 masing-masing berkapasitas 1 TB.

Pada ExpertBook B5, ASUS juga turut menghadirkan teknologi terbaru yakni RAID untuk meningkatkan keandalan data atau pengoperasian yang lebih cepat. RAID singkatan dari Redundant Array of Independent Disks merupakan teknologi penyimpanan yang memungkinkan beberapa drive berperilaku sebagai satu kesatuan.

Sementara itu, baterainya akan mengusung kapasitas 66Whr yang diklaim tahan hingga 14 jam dengan dukungan pengisian cepat yang mampu mengisi daya selama 49 menit dari 0 persen hingga 60 persen.

Dari sisi tampilan, ExpertBook B5 akan tebar pesona dengan layar berukuran 13,3 inci dengan bingkai tipis di ketiga sisinya dan mendukung panel OLED yang memiliki resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) serta antiglare.

Berkat dukungan panel OLED, ExpertBook B5 juga akan dibekali oleh fitur mutakhir untuk mengoptimalkan tampilan gambarnya lebih hidup seperti HDR dan 100% DCI-P3 warna gamut. Tak lupa mengantongi sertifikasi TUV Rheinland untuk kenyamanan mata melihat konten di layar serta perlindungan mata dalam jangka panjang dari paparan sinar biru.

ASUS-ExpertBook-B5-Flip

Layarnya akan mempunyai kamera webcam 720p HD yang didukung privacy shutter. Untuk ExpertBook B5302F atau model flip akan dilengkapi dengan stylus Pen, sedangkan B5302C tidak didukung aksesoris tersebut.

Lantaran dikhususkan untuk pasar bisnis, ExpertBook akan disokong oleh fitur-fitur keamanan kelas bisnis berupa IT Management, Data & Identify Security, dan Hardware Protection. IT Management menawarkan Trusted Platform Module 2.0 (TPM) dan ASUS Control Center.

Lalu Data & Identify Security meliputi kelengkapan sesor Fingerprint, Windows Hello Facial Recognition,  BIOS/ HDD Password, USB Storage Block, Secure File Shredder, dan Webcam Privacy Shield.

Kemudian Hardware Protection seperti Kensington Security Slot dan ASUS Privat View. Rifan Fernando selaku FA Engineer Lead of ASUS Indonesia menjelaskan bahwa Privat View akan bisa dimatikan dan dihidupkan serta bakal memiliki kontras di sisi kanan maupun kiri ketika dilihat.

 ASUS-ExpertBook-B5-Flip-Model-1.

Selain itu, ExpertBook B5 juga sudah tersertifikasi US Military Grade MIL-STD 810H yang sudah dibuktikan dengan beragam pengujian ketahanan baik itu suhu ekstrem, jatuh dari ketinggian tertentu, tes getaran, debu dan lingkungan esktrem, dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasi masalah pada bagian dalam komponen, bagian RAM dan SSD ExpertBook B5 dilapisi oleh kover khusus untuk mengurangi gelombang elektromagnetik yang biasanya datang dari kinerja komponen lain saat sedang digeber dengan performa tinggi. Hal ini berguna untuk menstabilkan performa pada koneksi WiFI dan CPU yang kerap mengganggu.

Soal konektivitas akan menggunakan Wi-Fi 6(802.11ax)+BT5.0 (Dual band) dan menyediakan port lengkap seperti 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt 4 mendukung display dan power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 lan), dan 1x 3.5mm Combo Audio Jack.

“ExpertBook B5 menjawab kebutuhan pengguna saat ini, market sudah bertransformasi, dulu pengguna nggak dapat fitur mutakhir. Pengguna dulu sama sekarang juga beda, pengguna sekarang lebih milenial, atau lebih terupdate dengan fitur baru. Hal itu yang mereka tuntut juga dari produk baru. Oleh karenanya kita kasih solusi dapat fitur komersial dan juga fitur terbaru sekaligus,” terangnya.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar