Review Handphone

Review vivo V23 5G – Desain Cantik, Kamera Ciamik

vivo-V23-5G-Feature

vivo V23 5G merupakan salah satu handphone seri V yang memiliki dukungan jaringan 5G di Indonesia. Perangkat ini juga memiliki keunggulan pada bodi belakangnya yang memiliki warna unik.

Dibanderol seharga Rp5.999.000, vivo V23 5G sudah dibekali dengan lima kamera yang terdiri dari dua kamera depan dan tiga kamera belakang untuk memudahkan penggunanya berkreasi dalam menghasilkan foto yang menarik.

Sementara itu RAM dan penyimpanan internal yang dibawa oleh handphone ini mempunyai kapasitas yang besar. Tak ketinggalan, dukungan fitur Flash Charge yang hadir pada vivo V23 5G mampu mengisi daya baterai dengan cepat.

vivo V23 5G
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Kamera - 9/10
    9/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 10/10
    10/10
8.8/10

Ringkasan

vivo V23 5G nyaman digunakan untuk sehari-hari berkat daya tahan baterai yang lama, performa yang lancar, dan dukungan multi kamera. Adapun desainnya juga terlihat cantik.

Pros

  • Daya tahan baterai lama
  • 44W Flash Charge
  • Hasil foto bagus
  • Performa lancar
  • Layar AMOLED dengan refresh rate 90Hz
  • Sensor NFC multifungsi

Cons

  • Tidak ada jack audio 3,5mm
  • Tidak ada slot microSD
  • Bodi belakang licin

vivo-V23-5G-DisplayHandsOn

Meskipun sudah banyak handphone yang menggunakan punch hole, namun nyatanya vivo tetap mempercayakan poni pada bagian atas layar vivo V23 5G untuk menampung dua kamera depannya.

Secara kasat mata, vivo V23 5G ini hadir dengan layar 6,44 inci yang mempunyai teknologi AMOLED dan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) yang mampu menampilkan konten dengan terang serta tajam.

Apalagi layarnya masih mampu menampilkan konten dengan jelas walaupun sedang berada di bawah kondisi terik matahari sekalipun. Berkat refresh rate 90Hz, membuat gerakan transisi antar menu atau animasi pada game terlihat halus. Namun untuk menghemat baterai, saya pun terkadang menggantinya ke refresh rate 60Hz.

Sensor fingerprint yang hadir di dalam layarnya mampu mendeteksi sidik jari dengan responsif sehingga pembukaan kunci layar menjadi cepat. Fitur Face Unlock pun sudah dihadirkan pada produk ini.

Perangkat ini sendiri hadir dengan dua varian warna yang terdiri dari Stardust Black dan Sunshine Gold. Beruntungnya saya mendapatkan vivo V23 5G dengan warna Sunshine Gold yang bodi belakangnya dilapisi Color Changing Fluorite AG Glass yang mampu menampilkan warna gradasi yang berubah-ubah ketika berada di bawah cahaya dan tergantung dari sudut melihatnya.

vivo-V23-5G-Backhandson

Pada dasarnya Sunshine Gold ini mempunyai warna dasar emas berkilau, namun jika saya melihatnya dari sudut yang berbeda, maka bodi belakangnya akan memperlihatkan warna gradasi biru hijau.

Tidak hanya sampai di situ saja, saya juga dapat menambahkan pola pada bodi belakangnya tergantung benda yang saya tempelkan pada vivo V23 5G. Misalnya saya menempelkan daun pada bodi belakang handphone ini beberapa detik di bawah sinar matahari atau UV (Ultra Violet), maka secara otomatis pola daun akan terbentuk di bodi belakangnya.

Sementara untuk menghilangkan pola tersebut, maka saya cukup menjemur kembali vivo V23 5G di bawah terik matahari hingga polanya benar-benar hilang. Menurut saya, desain dan warna menjadi salah satu daya tarik dari handphone ini.

vivo-V23-5G-Pattern-Leaf

Untuk frame pinggiran dari vivo V23 5G pun menggunakan logam dengan warna emas sehingga membuatnya terlihat menawan. Namun node sidik jari dan debu mudah menempel pada frame ini.

Apalagi lapisan kaca pada bagian belakang handphone ini membuatnya terasa licin ketika dipegang dengan satu tangan. Untuk itulah, saya langsung menggunakan softcase bawaan vivo V23 5G agar frame pinggir dan bagian belakangnya terlindungi.

Pada bagian samping kanan terdapat tombol volume dan power yang disusun secara vertikal. Sementara pada bagian bawah terdapat port USB Type-C, lubang speaker, dan slot kartu SIM tanpa hadirnya microSD.

vivo-V23-5G-Camera

Soal urusan fotografi, vivo V23 5G hadir dengan dukungan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP. Berkat teknologi 4-in-1 pixel binning, membuat kamera utamanya secara bawaan menghasilkan foto 16 MP dengan warna yang dinamis dan menyerap cahaya yang banyak.

Namun kamera utamanya dapat menghasilkan foto dengan resolusi yang lebih besar mencapai 64 MP ketika saya mengaktifkan fitur High Resolution. Bisa dibilang foto beresolusi 64 MP mempunyai detail yang lebih tinggi dibandingkan foto 16 MP.

Pada media kecil seperti layar handphone memang perbedaan kedua foto ini tidak terlihat, namun jika dicetak pada media lebih besar seperti spanduk, baliho, billboard, dan lainnya, maka terlihat bahwa foto 64 MP lebih jelas dibandingkan dengan 16 MP.

Untuk mempermudah kamu melihat perbandingan di antara foto 64 MP dan 16 MP, maka saya pun langsung melakukan crop atau memotong bagian tertentu pada kedua foto tersebut.

vivo-V23-5G-Bear-Auto-Target

Auto

vivo-V23-5G-Bear-64MP-Target

64 MP

vivo-V23-5G-Bear-Auto-Cropz

Auto-Crop

vivo-V23-5G-Bear-64MP-Cropz

64 MP – Crop

Terlihat memang foto 64 MP mempunyai detail yang lebih jelas. Namun perlu dicatat bahwa hasil foto dari kedua resolusi ini memiliki kualitas yang bagus sehingga kamu dapat mengambil fotonya sesuai kebutuhan.

Untuk kamera ultrawide dapat dimanfaatkan untuk mengambil foto dengan area yang luas secara instan tanpa perlu repot menggunakan mode panorama. Sedangkan kamera makro dapat digunakan untuk membidik obyek dari jarak dekat, terutama berukuran kecil, dengan detail yang masih terlihat.

Menariknya lagi, kamera belakang vivo V23 5G ini mampu menghasilkan foto malam hari yang terang dan jelas baik menggunakan Night Mode maupun Auto Mode.

vivo-V23-5G-Alun2Bogor-Ultrawide

Ultrawide

vivo-V23-5G-Alun2Bogor-Auto-ok

Auto

vivo-V23-5G-StasiunBogor-Utrawide

Ultrawide

vivo-V23-5G-StasiunBogor-Auto

Auto

vivo-V23-5G-Makro-Bungakecil_1920x1440

Makro

vivo-V23-5G-Makro-Rambutan

Makro

vivo-V23-5G-Makro-Mobil

Makro

vivo-V23-5G-PohonMalam-Auto_1920x1440

Auto

vivo-V23-5G-PohonMalam-Night_1920x1440

Night

vivo-V23-5G-GerbangMalam-Auto_1920x1440

Auto

vivo-V23-5G-GerbangMalam-Night_1920x1440

Night

Beralih ke bagian depannya, terdapat dua kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan ultrawide 8 MP. Terlihat bahwa kamera utamanya mampu menghasilkan foto selfie dengan tajam. Sedangkan kamera ultrawide dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan area yang luas.

Saya pun memanfaatkan fitur Portrait untuk menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh. Pada kondisi malam hari, kamera depan dari vivo V23 5G mampu menghasilkan foto selfie yang baik.

Foto Selfie Siang Hari

Normal

vivo-V23-5G-Selfie-Ultrawide

Ultrawide

vivo-V23-5G-Selfie-Auto

Auto

Portrait

vivo-V23-5G-SelfiePortrait-Ultrawide

Ultrawide

vivo-V23-5G-SelfiePortrait-Auto

Auto

Foto Selfie Malam Hari

vivo-V23-5G-SelfieMalam-Auto_1920x1440

Night

vivo-V23-5G-SelfieMalam-Portrait_1920x1440

Portrait

vivo-V23-5G-SelfieMalam-Ultrawide_1920x1440

Ultrawide

Di atas kertas, vivo V23 5G ini hadir dengan chipset MediaTek Dimensity 920 (6nm) Octa-Core 2,5 GHz dan RAM 8 GB yang mempunyai performa bertenaga. Apalagi terdapat fitur Extended RAM yang memungkinkan sistem meminjam kapasitas kosong dari penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual hingga 4 GB.

vivo-V23-5G-FrontDiagonal

Dengan kata lain, vivo V23 5G ini mempunyai RAM dengan kapasitas total yang mencapai 12 GB. Selain itu, penyimpanan internal handphone ini mencapai 128 GB sehingga peminjaman kapasitas kosong untuk RAM Virtual bukanlah masalah.

Sebenarnya RAM Virtual ini akan digunakan oleh sistem vivo V23 5G ketika kapasitas dari RAM fisik sudah hampir habis digunakan oleh aplikasi sehingga membuat handphone dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Untuk menguji kemampuan dari kombinasi hardware perangkat ini, saya pun langsung menjalankan beragam aplikasi untuk aktivitas sehari-hari mulai dari media sosial, chat, Telepon, SMS, musik streaming, video streaming, editor dokumen, dan email.

vivo-V23-5G-PUBGM-Graphic

Hasilnya, aplikasi dapat dijalankan secara multitasking dengan lancar dan tanpa lag. Bisa dibilang faktor chipset yang memiliki kinerja cepat dan kapasitas RAM yang besar membuat vivo V23 5G dapat berjalan dengan mulus.

Untuk pengujian yang lebih berat lagi, saya pun mencoba  beberapa game populer seperti Call of Duty Mobile, PUBG Mobile, Pokemon Unite, Mobile Legends, Arena of Valor, dan Final Fantasy XV Pocket Edition.

Semua game dapat dijalankan dengan lancar walaupun menggunakan setelan grafis dan frame rate yang tinggi. Namun sebagai catatan, saya merasa bahwa Final Fantasy XV Pocket Edition sebaiknya dimainkan dengan grafis dan frame rate menengah atau di bawahnya agar vivo V23 5G tidak menjadi cepat panas.

vivo-V23-5G-Benchmark-Performance

Tak hanya itu saja, saya juga turut melakukan tes performa vivo V23 5G dengan aplikasi AnTuTu Benchmark v9.2.9 yang menunjukkan skor tinggi mencapai 484.434 poin. Sedangkan dengan pengujian menggunakan Geekbench 5.4.4, perangkat ini berhasil mendapatkan skor 706 untuk Single-Core dan 2.000 poin untuk Multi-Core.

Berdasarkan pengujian dengan penggunaan aplikasi sehari-hari, game populer, dan aplikasi benchmark, terlihat bahwa vivo V23 5G ini memiliki kinerja yang mampu bersaing dengan handphone 5G lainnya di kisaran harga yang sama.

Sebagai sumber energi kehidupannya, vivo mempercayakan baterai berkapasitas 4.200mAh pada vivo V23 5G yang diklaim mampu bertahan lama dalam penggunaan untuk aktivitas sehari-hari.

vivo-V23-5G-DisplayHalfBottom

Untuk mengetahui kemampuan daya tahan baterainya, saya pun langsung melakukan benchmark dengan menggunakan aplikasi PCMark for Android dengan parameter mode Work 3.0 battery life, tingkat kecerahan layar 50%, dan baterai dari 100%.

Hasilnya, vivo V23 5G berhasil mendapatkan PCMark for Android sebesar 11 jam 5 menit untuk penggunaan layar dengan refresh rate 90Hz. Sedangkan jika memakai refresh rate 60Hz, maka skor yang didapatkannya mencapai 15 jam 38 menit.

Sementara pada penggunaan aplikasi untuk aktivitas sehari-hari, seperti media sosial, chat, email, editor dokumen, pemutar lagu streaming sesekali, dan pemutar video streaming sesekali, AccuBattery mencatat bahwa vivo V23 5G mampu bertahan 19 jam 33 menit dengan Screen on time 7 jam 23 menit dari kondisi baterai 100% ke 15% untuk layar dengan refresh rate 60Hz.

vivo-V23-5G-Benchmark-Battery

Sedangkan pada refresh rate 90Hz, vivo V23 5G mampu bertahan selama 14 jam 33 menit dengan Screen on time 7 jam 33 menit dari kondisi baterai 100% ke 15%. Hal ini memperlihatkan bahwa handphone memiliki daya tahan baterai yang lama mengingat kapasitas baterainya hanya 4.200mAh.

Selain itu, terlihat juga bahwa layar dengan refresh rate 90Hz lebih banyak mengonsumsi energi dibandingkan dengan refresh rate 60Hz. Namun berkat fitur 44W Flash Charge, daya baterai vivo V23 5G mampu terisi dari kondisi 15% ke 100% hanya dalam waktu Cuma 1 jam saja.

vivo V23 5G ini sudah dilengkapi dengan FunTouch OS 12 berbasiskan Android 12 yang memiliki tampilan antarmuka simpel dan minim bloatware sehingga memudahkan saya untuk melakukan navigasi perpindahan antar menu atau mengakses aplikasi.

vivo-V23-FunTouch OS 12

Pada FunTouch OS 12 ini terdapat beberapa fitur menarik mulai dari Dark Mode, App Clone, Split Screen, dan Ultra Game Mode. Dark Mode mampu membuat tampilan sistem dan beberapa aplikasi menjadi gelap sehingga membuat mata nyaman ketika melihat konten pada layar vivo V23 5G dalam kondisi minim cahaya.

Fitur App Clone dapat menggandakan beberapa aplikasi, terutama media sosial, sehingga memudahkan saya untuk  memasukkan lebih dari satu akun. Selanjutnya Split Screen, memudahkan saya untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Misalnya melakukan chat di WhatsApp sekaligus melihat berita dari browser

Untuk Ultra Game Mode akan meningkatkan performa game ketika sedang dijalankan. Bahkan pada saat memainkan game, saya dapat mengakses Game Assistance berisikan beragam fitur game mulai dari Esport Mode, 4D Game Vibration, Voice Changer, Background Calls, dan masih banyak lagi.

vivo-V23-5G-BackhandsonGold

Setelah pemakain beberapa minggu, saya sendiri merasa bahwa vivo V23 5G ini memang nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Apalagi handphone ini menawarkan performa yang lancar dan daya tahan baterai yang lama.

Dukungan kamera depan dan belakang yang ditawarkan perangkat ini bisa dibilang memuaskan dalam menghasilkan foto yang baik. Sensor fingerprint dan Face Unlock yang hadir pada vivo V23 5G pun dapat mempercepat pembukaan kunci layar dengan cepat.

Meskipun bodi belakangnya mempunyai warna yang unik, namun terasa licin ketika digenggam dengan satu tangan. Untuk itulah, saya sarankan sebaiknya langsung menggunakan softcase tambahan yang tersedia dalam paket penjualannya.

Sensor NFC yang dihadirkan pada handphone ini memudahkan saya untuk mengecek atau mengisi saldo emoney dengan cepat, terutama pada saat kondisi terburu-buru. Selain itu, NFC pada vivo V23 5G juga dapat dimanfaatkan untuk pengganti kartu akses apartemen, kost, maupun kantor.

vivo-V23-5G-BackDiagonal

Absennya port Jack Audio 3,5mm, membuat saya terpaksa harus menggunakan kabel converter Jack Audio 3,5mm to USB Type-C yang tersedia dalam dus penjualan agar bisa menghubungkan earphone atau headphone ke vivo V23 5G.

Sebagai alternatifnya, saya terkadang menggunakan earphone TWS (True Wireless Stereo) dengan koneksi Bluetooth agar dapat dengan mudah terhubung dengan handphone. Selain itu, kamu juga bisa membeli earphone atau headphone dengan port USB Type-C untuk terhubung langsung dengan vivo V23 5G.

Perangkat ini sudah didukung jaringan 5G untuk slot SIM 1 dan SIM 2. Namun perlu dicatat, baru beberapa operator dan sedikit wilayah di Indonesia yang mendukung jaringan 5G.

Secara keseluruhan, vivo V23 5G ini memiliki keunggulan yang lebih banyak dibandingkan dengan kekurangannya sehingga bisa menjadi salah satu handphone 5G pilihan di kelas menengah.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar