ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik

Bingung Kenapa iPhone Tidak Ada Layanan? Ini Mungkin Penyebabnya

Penyebab iPhone Tidak Ada Layanan

Gadgetren – iPhone merupakan handphone buatan Apple yang mempunyai beragam fitur menarik yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

Namun tetap saja kamu akan jengkel apabila tiba-tiba iPhone menampilkan pesan tidak ada layanan yang membuat kegiatan telepon, SMS, internet, menonton video streaming, atau memainkan game menjadi terganggu.

Hal ini pun tentunya memunculkan pertanyaan mengapa bisa terjadi pada handphone sekelas iPhone. Supaya kamu tidak bingung, maka ada baiknya menyimak beberapa alasan yang menyebabkan iPhone mendapatkan pesan Tidak Ada Layanan.

Penyebab iPhone Tidak Ada Layanan

Sinyal Lemah

Terkadang pada saat kamu berada di area tertentu, sinyal jaringan dari operator ternyata lemah sehingga membuat sistem iOS pada iPhone menampilkan kekuatan sinyal pada Status Bar hanya beberapa garis saja. Bahkan bisa menampilkan pesan Tidak Ada Layanan ketika sinyal benar-benar hilang.

Oleh karena itu lokasi kamu berada menentukan kekuatan sinyal sehingga perlu berpindah jika memungkinkan. Namun kamu bisa coba lebih dulu aktifkan Airplane Mode dan mematikannya kembali untuk menyegarkan jaringan.

Apabila masih belum berhasil, maka ada baiknya kamu melakukan reset pada jaringan di iPhone dengan cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi Settings di iPhone
  2. Akses menu General dan pilih menu Reset
  3. Selanjutnya, pilih menu Reset Network
  4. Input Passcode atau password iPhone
  5. Tunggu proses Reset Network berjalan hingga selesai

Masalah Jaringan Operator

Biasanya hal yang sering terjadi ketika iPhone memunculkan pesan Tidak Ada Layanan karena sedang terjadi masalah jaringan operator di daerahnya sehingga perlu menunggu proses perbaikan hingga selesai.

Masalah pada iOS

Tidak menutup kemungkinan sistem operasi iOS pada iPhone yang mengalami bug bisa menjadi penyebab muncul pesan tidak ada layanan. Kamu dapat coba terlebih dulu melakukan restart iPhone dengan cara mematikan lalu menghidupkannya kembali.

Apabila masih bermasalah juga, maka bisa juga coba melakukan Factory Reset dan Restore. Namun jangan lupa mencadangkan atau backup data lebih dahulu karena seluruh data akan dihapus jika kamu melakukan Factory Reset.

Kartu SIM Rusak

Pada saat muncul pesan tidak ada layanan pada iPhone, kamu dapat mengeluarkan kartu SIM dan memasukkannya ke beberapa handphone lain. Namun jika tidak bisa dibaca juga oleh perangkat lain, maka dapat dipastikan bahwa kartu SIM telah rusak.

Tidak ada cara lain selain harus menuju customer service dari operator yang kamu gunakan untuk mengganti kartu SIM dengan yang baru. Apabila melalui customer service, biasanya nomor lama kamu akan tetap bisa digunakan.

Ada Kerusakan Komponen

Terkadang pada saat iPhone kamu terjatuh dan membentur sesuatu dapat menyebabkan kerusakan komponen yang ada di dalamnya seperti antenna atau pembaca kartu SIM yang tentunya membuat mengalami kendala untuk mendapatkan jaringan.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya kamu langsung menuju service center resmi produk Apple di Indonesia karena biasanya akan diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman. Bahkan terdapat suku cadang yang dapat digunakan untuk mengganti komponen rusak tersebut.

Masalah Lainnya

Terkadang sebagian dari kamu akan membeli iPhone dari luar negeri pada saat rilis pertama kali. Namun untuk bisa digunakan di Indonesia, kamu harus mengurus izin aktivitas dan registrasi IMEI ke Bea Cukai Pemerintah Indonesia.

Jika tidak maka layar akan menampilkan pesan Tidak Ada Layanan pada bagian Status Bar yang menandakan bahwa iPhone tersebut belum bisa digunakan untuk jaringan di Indonesia.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar