Operator Seluler

Wajib Tahu! Arti Kuota Unlimited FUP di Paket Telkomsel Agar Tidak Kaget Internet Lambat

Arti Kuota Unlimited FUP di Paket Telkomsel Header

Gadgetren – Untuk dapat bersaing dengan operator lainnya di Indonesia, Telkomsel telah menghadirkan beragam event, promo, dan paket kepada pengguna setiap periodenya.

Bahkan Telkomsel pun telah menghadirkan berbagai paket unlimited dengan harga terjangkau untuk memanjakan pengguna setianya. Meskipun menarik, namun paket unlimited ini mempunyai FUP di dalamnya.

Namun apa sih arti FUP yang kerap kali digunakan oleh Telkomsel khususnya pada paket unlimited? Apa sama dengan kuota khusus?

Pengertian FUP di Paket Unlimited Telkomsel

Fair Usage Policy atau biasa disingkat FUP adalah sebuah ketentuan yang ditetapkan oleh operator selular termasuk Telkomsel untuk batas penggunaan kuota dari paket internet unlimited agar seluruh pengguna bisa mendapatkan kecepatan yang merata.

Pada saat pemakaian kuota dari paket unlimited sudah melebihi batas pemakaian wajar yang telah ditetapkan, maka Telkomsel akan mengurangi kecepatan internet yang bisa kamu dapatkan.

Tentunya besaran kuota FUP ditentukan dari jenis paket unlimited yang dibeli. Biasanya semakin mahal harga paketnya, maka kuota batas pemakaian wajar atau FUP pun menjadi lebih besar. Sementara itu, pengurangan kecepatan internet sudah ditentukan oleh Telkomsel sesuai dengan paket unlimited yang digunakan.

Sebagai contohnya, jika kamu membeli paket unlimited Telkomsel dengan FUP 50 GB berkecepatan maksimal 30 Mbps nantinya akan diturunkan secara drastis menjadi 128 Kbps apabila penggunaan internet telah melebihi kuota FUP.

Selain itu, penurunan kecepatan internet setelah pemakaian melebihi kuota FUP pun bervariasi meliputi 64 Kbps, 128 Kbps, atau 256 Kbps tergantung dari jenis paket unlimited Telkomsel yang dibeli. Tentu saja kecepatan itu tergolong sangat lambat untuk mengakses aplikasi masa kini yang kebanyakan semakin membutuhkan kecepatan tinggi.

Namun, Telkomsel pun menyediakan paket tambahan kecepatan (Add On) yang dapat dibeli langsung melalui kode UMB *363# atau aplikasi MyTelkomsel agar kecepatan internet pada paket unlimited kembali menjadi normal.

Sementara jika kamu tidak ingin menggunakan paket Add On, maka bisa juga berhenti berlangganan paket unlimited tersebut dan kembali membeli paket yang baru. Namun keputusan tergantung dari preferensi kamu, mana yang lebih cocok dengan penggunaan.

Kamu juga dapat mencoba alternatif untuk membeli paket promo berkuota besar dengan harga terjangkau yang biasanya muncul dalam bentuk promo ketika paket unlimited dirasa sedang kurang bersahabat.

Tinggalkan Komentar