Smartphone Tips dan Trik

Cara Masuk ke Recover Mode di Handphone realme Saat Sistem Bermasalah

Cara Masuk ke Recover Mode di Handphone realme

Gadgetren – realme memiliki realme UI yang merupakan sistem operasi dengan tampilan antarmuka dan fitur tersendiri hasil modifikasi dari versi Android murni.

Sama seperti kebanyakan sistem operasi, realme UI juga tidak terhindar dari masalah yang bisa secara tiba-tiba melanda sehingga kamu harus memperbaikinya dengan berbagai cara. Biasanya kamu cukup melakukan restart saja agar sistem disegarkan terlebih dulu.

Namun apa jadinya jika tidak masuk sistem dan melakukan bootloop terus pada animasi logo realme? Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah melakukan Hard Reset melalui Recovery Mode agar sistem operasi realme UI kembali seperti sedia kala.

Apa Itu Recovery Mode?

Recovery Mode adalah opsi yang disematkan pada handphone Android, termasuk merek realme, yang terpisah dari sistem operasi sehingga dapat tetap diakses apabila suatu saat terjadi masalah yang mencegah sistem menyala.

Pada Recovery Mode terdapat berbagai fungsi-fungsi yang bisa dimanfaatkan untuk perbaikan sistem operasi yang terdiri dari Install from Storage, Online Update, Wipe Data, Reboot, dan Power Off.

Install from Storage memungkinkan kamu untuk memasang sistem operasi Android secara manual, baik Custom ROM dari pihak ketiga atau ROM dari realme langsung

Online Update merupakan pembaruan sistem operasi ke versi terbaru secara OTA (Over The Air) dengan menggunakan akses internet dan termasuk aman karena data tidak akan hilang. Biasanya fitur ini digunakan apabila terdapat bug yang mencegah kamu masuk homescreen akibat suatu error.

Wipe Data merupakan fitur untuk reset ke pengaturan pabrik sehingga nantinya sistem realme UI akan menjadi seperti baru kembali. Namun perlu dicatat, semua data yang kamu miliki akan hilang secara otomatis.

Reboot digunakan untuk menyalakan kembali handphone realme ke mode normal. Terakhir, Power Off digunakan untuk membuat handphone menjadi kondisi mati.

Cara Masuk ke Recovery Mode di Handphone realme

  1. Pastikan handphone realme dalam kondisi mati
  2. Apabila belum, tahan tombol power selama 10 detik hingga perangkat mati
  3. Tekan tombol volume bawah + power secara bersama dalam beberapa detik hingga muncul logo realme
  4. Selanjutnya kamu akan masuk ke Recovery Mode
  5. Pilih bahasa English dengan menekan tombol power
  6. Kamu akan dihadapkan pada beberapa menu Recovery mulai dari Install from Storage, Online Update, Wipe Data, Reboot, dan Power Off
  7. Untuk berpindah menu ini, kamu dapat menggunakan tombol volume atas atau volume bawah
  8. Pilih menu sesuai dengan kebutuhan kamu dengan tombol power

Meskipun cara untuk masuk ke Recovery Mode di handphone realme sangat mudah, namun kamu perlu berhati-hati ketika memilih menu yang terdapat di dalamnya agar tidak terjadi membuat data kamu hilang begitu saja.

Maka dari itu, sebaiknya kamu memastikan terlebih dahulu tujuan dan maksud ingin menggunakan Recovery Mode sehingga tidak ada terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar