ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik

Cara Merekam Layar di Handphone realme C11 dengan Suara Sistem Atau Mikrofon

Cara Merekam Layar HP realme C11 Dengan Suara - Header

Gadgetren – Ada pengaturan menarik yang ditawarkan oleh handphone-handphone buatan realme ketika kita ingin merekam layar karena nantinya bisa memilih untuk menggunakan suara maupun tidak.

Kita bahkan bisa menemukan pengaturan tersebut pada berbagai macam perangkat menengah ke bawah seperti realme C11 yang mana dalam pantauan kami kini hanya dipasarkan dengan harga mulai dari sekitar Rp 1,2 jutaan.

Opsi merekam layar dengan suara tersebut pun bisa langsung diatur melalui halaman Settings. Untuk perangkat realme C11, kita secara khusus bisa melakukannya sebagaimana langkah-langkah berikut.

Cara Merekam Layar realme C11 dengan Suara

Atur Jenis Perekaman

  1. Masuk ke halaman Settings
  2. Cari dan buka menu Additional settings
  3. Klik sub menu Screen Recording
  4. Aktifkan opsi Record System Sound untuk merekam dengan suara dari handphone
  5. Aktifkan opsi Record Microphone Sound jika sumber suara ingin dari mikrofon (suara kita)

Setelah selesai mengatur opsi perekam suara seperti langkah-langkah di atas, kita selanjutnya dapat merekam layar seperti handphone realme biasanya. Kamu dalam hal ini dapat melakukan hal itu menggunakan tombol di Control Center.

Mulai Merekam Layar

  1. Tarik bar notifikasi ke bawah hingga Control Center terbuka
  2. Ketuk menu Screen Recording
  3. Klik tombol Allow jika fitur meminta akses ke sejumlah hal seperti kamera hingga mengelola data di media penyimpanan

Screen Recording umumnya akan langsung aktif tetapi proses merekam baru dimulai setelah beberapa detik. Kita pun bisa mengecek durasi, menjeda, dan menghentikan prosesnya dengan tombol melayang yang muncul.

Apabila opsi Screen Recording belum muncul di bagian Control Center, maka kita perlu mengaturnya terlebih dulu menggunakan menu Arrange Icon. Kamu yang belum tahu bisa menyimak melihat langkah berikut untuk menambahkan tombol tersebut.

Tambahkan Tombol Rekam ke Control Center

  1. Buka Control Center dengan menarik bar notifikasi
  2. Klik opsi Arrange Icon (ikon edit)
  3. Cari ikon Screen Recording
  4. Tarik ikon tersebut ke menu aktif (bagian atas)
  5. Klik tombol Done jika diperlukan

Merekam layar handphone realme C11 dengan suara memang sangat mudah untuk dilakukan. Meskipun begitu, kita harus memperhatikan beberapa sebelum membagikan hasilnya ke sejumlah platform seperti YouTube karena ada konten audio yang mempunyai hak cipta.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar