Aplikasi Tips dan Trik

Mau Bertanya di Google Meet, Gunakan Fitur Raise Hand!

Cara Gunakan Raise Hand di Google Meet

Gadgetren – Pada masa pandemi ini, hampir sebagian masyarakat di berbagai negara termasuk Indonesia harus melakukan kegiatan kerja maupun belajar mengajar dari rumah secara online.

Selain Zoom, layanan Google Meet menjadi salah satu aplikasi dan layanan yang digunakan banyak orang untuk melakukan video conference.

Bisa dibilang Google Meet menawarkan tampilan antarmuka yang sederhana dan pengalaman penggunaan yang mudah. Namun apabila dalam meeting atau kegiatan belajar terdapat banyak peserta di dalamnya, maka terkadang host sebagai yang mengadakan meeting akan sulit memperhatikan siapa yang bertanya.

Maka dari itu, Google pun menambahkan fitur Raise Hand pada Google Meet agar host atau admin penyelenggara dapat langsung mengetahui siapa yang bertanya. Nah sebagai peserta, maka kamu bisa menggunakan fitur Raise Hand di Google Meet dengan cara berikut.

Cara Gunakan Raise Hand di Google Meet

  1. Buka browser seperti Chrome atau Firefox
  2. Selanjutnya, buka alamat Google Meet yang diberikan oleh host atau admin penyelenggara
  3. Nantinya kamu akan melihat tombol Raise Hand berikon telapak tangan di bagian bawah layar
    Google Meet Raise Hand All
  4. Setelah tombol Raise Hand ditekan, maka host atau admin penyelenggara akan mendapatkan notifikasi bahwa kamu telah mengangkat tangan

Tentu saja fitur ini juga sangat berguna bagi peserta meeting kerja atau kegiatan belajar karena secara cepat dapat langsung direspon oleh host.

Sebagai catatan, fitur Raise Hand baru tersedia untuk pelanggan Google Workspace dan G-Suite saja. Belum diketahui apakah fitur ini akan tersedia untuk pengguna dengan akun gratis sehingga kamu yang menggunakannya secara gratis untuk saat ini perlu mencari alternatifnya seperti memberitahukan nama di Google Meet setiap kali ingin bertanya kepada host.

Sementara itu, fitur Raise Hand sendiri sudah hadir lebih dulu pada aplikasi Zoom dibandingkan Google Meet. Saya sendiri merasa fitur ini sangat berguna ketika menghadiri suatu acara online dan bertanya kepada pembicara yang hadir di Zoom.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar