Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan POCO X3 GT – Primadona Baru Dari Xiaomi

Kelebihdan dan Kekurangan POCO X3 GT - Header

Gadgetren – Peluncuran seri POCO memang senantiasa menarik perhatian. Kinerja tinggi dan fitur  dengan harga banderol relatif terjangkau menjadi salah satu alasan di balik itu semua.

POCO X3 GT yang meluncur belum lama pun termasuk ke dalamnya. Perangkat yang mengusung MediaTek Dimensity 1100 sebagai andalan ini tentu dapat menjadi primadona baru bagi sebagian orang di pasar menengah.

Anggota keluarga baru POCO ini hanya tersedia dengan harga kurang dari Rp 5 juta. Kita tepatnya bisa meminang handphone ini dengan dana Rp 4.399.000 atau Rp 4.799.000 tergantung varian media penyimpanan yang bisa dipilih.

Dilihat secara sekilas, spesifikasi yang diusung pun tak boleh dipandang sebelah mata. Handphone yang masuk ke dalam kelas flagship killer ini menawarkan teknologi-teknologi lebih mutakhir bahkan ketika dibandingkan dengan POCO X3 Pro.

Untuk sebuah handphone yang dipasarkan di rentang harga Rp 4 juta, POCO X3 GT secara keseluruhan merupakan perangkat yang lebih sempurna karena mempunyai lebih banyak kelebihan dibandingkan kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan POCO X3 GT

Kelebihan POCO X3 GT

Dimensity 1100 yang menjadi dalang di balik berbagai macam kemampuan POCO X3 GT menjadi kelebihan pertama. SoC buatan MediaTek tersebut membawa berbagai macam dukungan dan teknologi kelas atas.

ARM Cortex-A78 yang diusung oleh SoC tersebut misalnya merupakan arsitektur inti generasi baru. Jika dibandingkan dengan varian yang sebelumnya, terdapat sejumlah peningkatan kinerja dan efisiensi pemakaian daya yang cukup signifikan.

Kelebihdan dan Kekurangan POCO X3 GT - Dimensity 1100

SoC tersebut pun memungkinkan POCO X3 GT mempunyai dukungan jaringan 5G Non-standalone (NSA) yang berlaku di Indonesia. Modem yang ditawarkan pun sudah mendukung teknologi unggulan MediaTek seperti True Dual 5G dengan kecepatan hingga 4,7Gbps.

Dukungan koneksi dari Wi-Fi 6 pun dapat terealisasi berkat hadirnya Dimensity 1100 di dalam POCO X3 GT. Berdasarkan hasil uji lab tim POCO, teknologi baru ini bakal memperoleh kemampuan 38 persen lebih baik ketimbang Wi-Fi 5.

Dengan menggunakan Dimensity 1100, POCO X3 GT pun mampu menghadirkan dukungan layar dengan refresh rate tinggi. Kita bahkan dapat menggunakannya pada aplikasi-aplikasi yang mendukung laju hingga 120Hz untuk menciptakan animasi yang benar-benar mulus.

Kelebihdan dan Kekurangan POCO X3 GT - Layar

ISP (Image Signal Processor) yang mempersenjatai Dimensity 1100 juga memperkenalkan dukungan fotografi yang lebih baik. Pada POCO X3 GT saja, kita dapat menggunakan kamera berlensa tiga dengan resolusi hingga 64MP.

Di luar kemampuan Dimensity 1100, POCO X3 GT tentu masih juga mempunyai beberapa keunggulan lain yang tak kalah menarik untuk ikut dipertimbangkan. Adapun di antaranya termasuk teknologi pengisian daya cepat, proteksi layar mumpuni, hingga fitur yang sangat komplit.

Pada sektor pengisian daya misalnya, POCO X3 GT sudah membawa teknologi Turbo Charging 65W. Kamu dapat memanfaatkannya untuk mengisi baterai 5.000 mAh dari kondisi kosong hingga penuh hanya dalam waktu 42 menit.

Kelebihan dan Kekurangan POCO X3 GT - Turbo Charging

Handphone ini pun sudah membawa lapisan pelindung layar yang lebih baik. Disebut dengan Corning Gorilla Glass Victus, proteksinya bahkan diklaim 1,5 kali lebih tahan benturan dan dua kali lebih tahan goresan dibanding Gorilla Glass 6.

Dalam handphone yang menjadi andalan baru Xiaomi untuk memenangkan persaingan di pasar menengah ini, kamu pun akan menjumpai beberapa fitur tambahan seperti NFC, Dolby Atmos, IR Blaster, hingga sistem pendingin LiquidCool Technology 2.0.

Kekurangan POCO X3 GT

POCO X3 GT sayangnya harus melewatkan beberapa hal agar tetap dapat memiliki banderol harga terjangkau. Kamu salah satu di antaranya harus berhati-hati saat menggunakannya karena handphone ini belum dilengkapi dengan sertifikasi tahan percikan air dan debu.

Padahal seri yang dipasarkan dengan harga lebih murah seperti POCO X3 NFC maupun Pro sudah mengemas sertifikasi IP53. Meskipun bukan yang paling mumpuni, tetapi kehadirannya tentu dapat memangkas rasa khawatir saat perangkat perlu terkena cipratan air.

Absennya jack audio 3,5mm pada handphone ini juga perlu dipertimbangkan. Kamu perlu membawa adapter khusus yang termasuk dalam paket penjualan jika ingin menikmati musik dengan headset atau headphone kabel.

Tinggalkan Komentar