Aplikasi Tips dan Trik

Kenapa Background Zoom Menutupi Wajah? Ini Alasannya

Kenapa Background Zoom Menutupi Wajah

Gadgetren – Selain mudah digunakan, Zoom hadir dengan banyak fitur yang membuat menjadi salah satu aplikasi video konferensi yang digunakan oleh berbagai kalangan.

Latar atau background menjadi fitur yang biasanya digunakan saat meeting karena dapat membuat peserta Zoom mempunyai latar belakang dengan gambar atau foto yang sesuai selera menggantikan latar aslinya.

Namun pada saat memanfaatkan fitur ini, terkadang background Zoom justru turut menutupi wajah penggunanya karena beberapa faktor yang tidak diduga. Tentunya hal ini akan merepotkan dan mengurangi profesionalisme ketika meeting.

Padahal harusnya menggunakan fitur background dapat membuat video kamu lebih tertata dan rapi ketika dilihat oleh banyak orang. Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu mengetahui alasan dan cara menanggulangi permasalahan di Zoom ini.

Penyebab Background Zoom Menutupi Wajah

Biasanya permasalahan background Zoom yang menutupi wajah dikarenakan latar belakang yang digunakanmu memiliki warna yang kompleks sehingga membuat aplikasi kesulitan menentukan mana target yang akan diubah menggunakan gambar latar baru.

Salah satunya penyebabnya, wajah yang akan dijadikan sasaran background Zoom memiliki pola warna yang serupa. Pastinya hal ini sangat mengganggu ketika kamu sedang melakukan rapat penting atau kegiatan belajar karena kondisi lingkungan sekitar sedang tidak kondusif.

Terkadang pencahayaan di ruangan pun berpengaruh terhadap deteksi warna sehingga membuat fitur ini salah sasaran dan malah menutupi wajah. Apalagi kalau webcam yang digunakan mempunyai resolusi rendah, maka akan lebih mempersulit dan mengurangi proses pencitraan dari aplikasi Zoom.

Solusi yang Bisa Kamu Lakukan

Sebaiknya kamu menggunakan latar belakang yang memiliki satu warna dan kontras seperti hijau, biru, putih, atau warna jelas lainnya agar Zoom mampu mengunci satu titik warna dengan mudah. Tentunya jangan menggunakan latar belakang yang mendekati warna wajah atau pakaian.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lampu di sekitar area kamu meeting agar lebih terlihat jelas dan dapat membantu Zoom dalam mendeteksi warna latar belakang. Apabila masih bermasalah juga, mungkin kamu dapat mencoba menggunakan webcam yang berkualitas dan beresolusi lebih bagus dibandingkan yang menjadi bawaan di laptop.

Namun jika tidak berhasil juga, mungkin kamu terpaksa tidak mengaktifkan background untuk sementara waktu hingga mendapatkan area yang memiliki latar belakang bagus agar meeting menjadi lebih tertata.

Tinggalkan Komentar