Laptop / PC

Mengenal Laptop Chromebook yang Semakin Populer Menyaingi Windows

Mengenal Laptop Chromebook Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Selain perangkat Windows atau MacBook, kita sebenarnya juga akan menjumpai laptop berjenis Chromebook sebagai alternatif tambahan saat sedang berbelanja di toko komputer.

Namun sayangnya, laptop yang sebenarnya cukup menarik tersebut masih kalah pamor dengan laptop Windows maupun MacBook yang mana terdengar lebih akrab bagi telinga masyarakat Indonesia.

Bahkan tak bisa dipungkiri, sebagian dari kita baru akan mencari tahu mengenai laptop jenis Chromebook tersebut ketika ramai diperbincangkan di dunia maya atau sedang ditawari saat berbelanja.

Kamu yang mengunjungi halaman ini mungkin menjadi salah satunya. Jika benar, kamu berada di tempat yang tepat karena saya akan mencoba untuk menjelaskan apa itu laptop Chromebook.

Mengenal Laptop Chromebook

Chromebook sebenarnya sama seperti laptop secara umum. Hanya saja supaya dapat berjalan dan digunakan, perangkat tersebut mengandalkan Google Chrome OS sebagai sistem operasi. Bagi kamu yang baru mendengarnya, Chrome OS merupakan sistem operasi selayaknya Windows maupun MacOS namun secara khusus dikembangkan berdasarkan Linux.

Sama seperti namanya, Chrome OS mengadaptasi peramban Google Chrome menjadi sebuah sistem operasi komputer dengan tampilan antarmuka dan fungsi yang hampir sama. Jadi secara sederhana, Chromebook bisa dikatakan sebagai versi laptop dari Chrome. Apa yang bisa dikerjakan oleh peramban Google itu pun dapat dengan mudah dilakukan oleh laptop Chromebook

Pada masa-masa awal pengembangannya, sistem operasi Chromebook bahkan benar-benar mirip dengan peramban dimana kita harus online, mempunyai penyimpanan berbasis awan, hingga hanya dapat membuka aplikasi web.

Kabar baiknya beberapa waktu belakangan ini, dukungan pada Chrome OS mulai benar-benar meningkat. Pengguna sekarang bahkan dapat menjalankan aplikasi Android maupun Linux di dalam Chromebook secara langsung.

Meskipun tidak memuat portofolio aplikasi desktop secara penuh, dukungan untuk menjalankan Android dan Linux pada Chromebook tentu sangat bermanfaat karena kedua ekosistem itu mempunyai koleksi yang sangat banyak.

Chromebook sekarang juga mempunyai offline-ready app yang memungkinkan pengguna menjalankan berbagai macam aplikasi secara luring seperti Gmail, Google Keep, Google Drive, Google Calendar, pemutar media, maupun pengedit foto.

Spesifikasi laptop berjenis ini sayangnya tergolong biasa saja. Oleh karena itu, kami belum  bisa merekomendasikannya jika kamu membutuhkan perangkat untuk bermain game maupun pekerjaan kreatif seperti mengedit foto apalagi video yang sering kali membutuhkan sumber daya besar.

Tinggalkan Komentar