Berita

Pasarkan 49,4 Juta Unit Handphone, Xiaomi Beberkan Hasil Penjualan Selama Q1 2021

Xiaomi-Corporation-2021-Q1-Results-Feature

Gadgetren РProdusen handphone dan perangkat cerdas asal Tiongkok bernama Xiaomi dikabarkan telah meraih pertumbuhan penjualan selama kuartal pertama tahun 2021.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima oleh tim Gadgetren, hasil penjualannya itu diambil dari pengumpulan hasil konsolidasi yang tidak diaudit untuk periode tiga bulan yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2021.

Pada kuartal pertama 2021, Xiaomi menyebutkan telah memperoleh total pendapatan senilai 76,9 miliar renminbi atau naik sebesar 54,7% tahun ke tahun, sedangkan laba bersih yang sudah disesuaikan pada periode ini mencapai 6,1 miliar renminbi atau naik 163,8% tahun ke tahun.

Sementara itu, juru bicara Xiaomi menyampaikan bahwa pertumbuhan dalam pengiriman perangkat handphone selama kuartal pertama 2021 telah mendorong perluasan jumlah pengguna global dan secara paralel juga diikuti oleh ekspansi dari platform AIoT.

Pada sektor perangkat handphone, pihak Xiaomi mengklaim bahwa bisnisnya mengalami pertumbuhan pada kuartal 2021 yang dibuktikan dengan nilai pendapatan dari penjualan naik sebesar 69,8% dibandingkan tahun 2020 menjadi 51,5 miliar renminbi.

Produk-dan-layanan-xiaomi-tersedia-di-lebih-100-pasar-globa

Untuk pengapalan handphone Xiaomi secara global selama kuartal pertama 2021 mencapai 49,4 juta unit. Di samping itu, perusahaan riset Canalys juga mengeluarkan laporan bahwa Xiaomi telah mempertahankan posisi tiga besar dunia dalam hal pengapalan dengan menguasai 14,1% pangsa pasar.

Di pasar Tiongkok sendiri, selama kuartal pertama 2021 pengapalan handphone Xiaomi memiliki harga jual di atas 3.000 renminbi atau setara 300 euro di pasar internasional dimana telah memasarkan 4 juta unit.

Lalu bagaimana dengan pendapatan dari segmen produk IoT Xiaomi? Pihak Xiaomi menjelaskan adanya performa yang juga menggembirakan pada kuartal pertama 2021 dengan pendapatan yang tumbuh sebesar 40,5% tahun ke tahun menjadi 18,2 miliar renminbi.

Xiaomi-TV-QLED-4K-70-inci-paling-laku-di-Tiongkok

Produk TV pintar dari Xiaomi ke pasar global turut berkontribusi dengan penjualan mencapai 2,6 juta unit. All View Cloud (AVC) mengatakan bahwa pengapalan TV Xiaomi telah menempati peringkat pertama di Tiongkok untuk sembilan kuartal berturut-turut dan bertahan di posisi lima besar global.

Menurut AVC, TV pintar dengan ukuran layar 70 inci ke atas dari Xiaomi menjadi penguasa pasar Tiongkok dengan pangsa pasar 29% sementara volume penjualan meningkat 160% tahun ke tahun.

Ditambah produk gaya hidup dan IoT diklaim Xiaomi semakin diminati oleh pasar internasional dengan pendapatan yang tumbuh sebesar 81,1% tahun ke tahun berkat sejumlah produk seperti skuter elektrik, penjernih udara, Mi Box, dan masih banyak lagi.

Terhitung sejak tanggal 31 Maret 2021, jumlah perangkat IoT Xiaomi yang terhubung ke platform AIoT kecuali handphone dan laptop mencapai 351,1 juta unit. Jumlah pengguna yang menghubungkan lima atau lebih perangkat sekaligus ke platform AIoT kecuali handphone dan laptop mencapai 6,8 juta pengguna atau tumbuh 48,9% tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar