Mading Smartphone

Handphone dengan Fast Charging Tercepat di Indonesia yang Bisa Kamu Beli

OPPO SuperVOOC

Gadgetren – Teknologi pengisian daya kilat atau acap dijuluki fast charging merupakan  aspek yang telah berjasa mempermulus aktivitas kita sehari-hari.

Bayangkan saja kalau teknologi ini tidak ada atau lamban berkembang, mungkin kita akan memerlukan waktu jauh lebih lama untuk menunggu baterai handphone untuk kembali terisi ulang. Apalagi jika kapasitasnya tergolong sangat besar.

Dengan semakin beragamnya pola dan intensitas pemakaian handphone, teknologi fast charging pun semakin diperlukan. Menonton video dalam resolusi Full HD, merekam video 4K, dan tentunya bermain game menjadi segelintir aktivitas yang akan menguras banyak daya baterai dalam sekejap.

Dengan adanya teknologi fast charging, untungnya bisa proses isi ulang dapat menjadi secepat kilat. Bahkan saat ini para pemanufaktur sudah berani mengaplikasikan teknologi fast charging untuk semua jenis handphone yang mereka produksi baik untuk perangkat flagship, kelas menengah, maupun entry-level.

Walau demikian, peribahasa “ada harga ada rupa” memang selalu relevan dengan pergantian zaman. Semakin tinggi harga perangkat tersebut, biasanya semakin tinggi pula output fast charging yang dimilikinya.

Saya pun jadi tertarik untuk merangkum perangkat dengan fast charging paling kencang yang dijual resmi di Indonesia. Santai saja, rekomendasi saya ini bisa kamu beli mulai dari harga 3 jutaan saja.

Deretan Handphone dengan Fast Charging Tercepat di 2021

ModelHarga
OPPO Reno5Rp 4.999.000
OPPO Find X2Rp 11.999.000
realme 8 ProRp 4.499.000
HUAWEI Mate 40 ProRp 15.999.000
Xiaomi Mi 11Rp 9.999.000

OPPO Reno5

OPPO Reno5

Kita awali daftar ini dari jenama yang aktif berkontribusi dalam pengembangan teknologi fast charging. Siapa yang tak kenal VOOC? Teknologi yang debut di OPPO Find 7 (2014) ini kerap menjadi fitur unggulan. Bahkan sampai tulisan ini diturunkan, teknologi VOOC Flash Charge 4.0 telah disematkan pada OPPO Reno5.

50W VOOC Flash Charge 4.0 mendampingi baterai 4.310 mAh yang membekali OPPO Reno5. Teknologi fast charging ini hanya memakan waktu sekitar satu jam saja untuk isi ulang daya dari nol sampai 100 persen. Saya pribadi memilih Reno5 dibandingkan Reno4 Pro yang mengemas 65W SuperVOOC 2.0 karena harganya terpaut dua juta lebih murah.

Reno5 telah menjalankan sistem operasi Android 11 yang berbalut ColorOS 11.1. Chipset yang ia pakai masih sama seperti Reno4 Pro, yaitu Snapdragon 720G yang ditunjang RAM 8GB dengan memori internal 128GB. Perangkat ini punya empat kamera yang salah satunya mengandalkan sensor 64MP dengan bukaan lensa f/1.7 dan tentunya fitur fotografi yang melimpah.

OPPO Find X2

OPPO Find X2

OPPO Find X2 merupakan perangkat flagship yang sedikit lebih terjangkau dari sepupunya yang menyandang status “Pro”. Tidak banyak hal-hal hebat yang dipangkas dari handphone pintar ini. Salah satunya yang tetap dimilikinya adalah teknologi 62W SuperVOOC 2.0 sebagai fitur pengisian cepatnya.

Dengan baterai 4.200 bersistem sel ganda (2x 2100 mAh), teknologi isi ulang kilat tersebut sanggup mengisi penuh baterai yang sebelumnya kosong total menjadi 100 persen kembali hanya dalam waktu sekitar setengah jam saja.

Sebagai perangkat flagship, Find X2 mempercayakan kebutuhan performanya kepada SoC Snapdragon 865 yang disempurnakan oleh RAM 12GB berjenis LPDDR5 serta penyimpanan internal UFS 3.0 hingga kapasitas 256GB.

Peminat OPPO Find X2 dijamin terpukau oleh pesona layarnya yang mana spesifikasinya meliputi layar 6,7 inci dengan resolusi QHD+ serta panel OLED berteknologi 120Hz Ultra Vision Screen untuk transisi animasi dan perpindahan ikon yang jauh lebih halus. Layar berlapis Gorilla Glass 6 ini juga mendukung gamut warna P3 100% serta kedalaman warna hingga 1 miliar.

realme 8 Pro

realme 8 Pro

Sudah bukan rahasia lagi bahwa teknologi atau inovasi yang dipamerkan OPPO cepat atau lambat bakal diturunkan pula ke kerabatnya, yakni realme. Salah satunya teknologi SuperDart Charge 50W yang ada di dalam realme 8 Pro.

Perangkat ini hadir dengan kapasitas baterai 4.500 mAh sebagai sumber dayanya. Durasi isi ulangnya kurang lebih membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mengisi penuh baterainya tersebut dari kondisi nol.

Sementara untuk mencapai persentase 50 persen, kamu cukup luangkan waktu 17 menit saja dari titik mulai yang sama. Menariknya, realme memberikan adaptor charger 65W langsung di dalam kotak penjualan.

Keunggulan realme 8 Pro lainnya terletak pada sensor kamera primernya yang beresolusi 108MP. Handphone ini juga punya panel Super AMOLED yang cantik dengan resolusi Full HD+ yang sialnya tidak dibarengi oleh teknologi refresh rate modern.

HUAWEI Mate 40 Pro
HUAWEI Mate 40 Pro

Handphone yang satu ini menjadi salah satu yang terdepan dalam urusan fast charging. HUAWEI Mate 40 Pro menawarkan dirinya dengan membawa baterai 4.400 mAh yang diperkuat oleh HUAWEI SuperCharge 66 Watt. Berapa lama untuk isi ulang dari kondisi baterai nihil sampai penuh? Cukup 45 menit saja.

Kedahsyatannya tidak berhenti sampai di situ. Selain charging metode konvensional, HUAWEI Mate 40 Pro juga mendukung proses isi ulang daya secara nirkabel dengan output daya hingga 50 Watt. Terakhir, ada fitur reverse charging secara nirkabel sebesar 5 watt yang bisa kamu manfaatkan untuk isi ulang gadget lain.

Di sisi lain, Mate 40 Pro punya layar OLED yang mendukung refresh rate 90Hz. Tiga kamera terpasang padu di bagian belakang bodi dengan susunan sensor wide 50MP, teleskop 12MP, dan ultra wide 20MP. Perangkat ini pun ditenagai salah satu chip 5G paling kencang Kirin 9000. Unit yang dipasarkan di Indonesia tersedia dalam varian RAM 8GB dengan penyimpanan 256GB.

Xiaomi Mi 11
Xiaomi Mi 11

Posisi terakhir diamankan oleh Xiaomi Mi 11. Dengan harga kurang dari Rp 10 jutaan, perangkat ini juga terhitung istimewa berkat kepemilikan dua sistem pengisian daya yang sama-sama sangat kencang.

Perangkat ini dibekali pengisian daya turbo berkabel yang sanggup mengalirkan arus sebesar 55 Watt serta sistem pengisian daya turbo nirkabel dengan kecepatan 50 Watt. Secara berturut-turut, dua sistem ini diklaim Xiaomi hanya perlu waktu 45 menit dan 53 menit untuk mengisi daya perangkat dari nol sampai penuh.

Fitur tersebut juga dilengkapi teknologi reverse charging dengan kecepatan 10 Watt. Selain itu, Mi 11 memiliki layar 6,81 inci QHD+ AMOLED dengan fitur seperti refresh rate 120Hz, HDR10+, hingga tingkat kecerahan puncak 1500 nit.

Perangkat ini pun menjadi pertama di dunia yang mengusung Snapdragon 888. Mi 11 dipersenjatai tiga buah kamera yang salah satunya merupakan sensor 108MP terbaru besutan Samsung yang siap menghasilkan kualitas fotografi khas flagship.

Tinggalkan Komentar