Mading Tablet

Tablet Android 4G Bawah 1 Juta Terbaik, Ideal Untuk Temani Aktivitas Anak-Anak dan Orang Tua

Tablet Terbaik Untuk Anak 2021 Header

Gadgetren – Di era ketika harga handphone sudah semakin mudah dijangkau oleh mayoritas konsumen, dalam benak kamu mungkin pernah terbesit satu pertanyaan menarik, “apakah tablet masih relevan untuk digunakan?”

Entah kapan tepatnya, tapi pada suatu saat perkembangan tablet khususnya Android seperti mandek begitu saja dan semakin tertinggal dari seteru abadinya, Apple iPad.

Dengan fungsi yang lebih kurang sama persis, konsumen lebih rela merogoh koceknya untuk ditukarkan dengan handphone yang lebih membuntuti perkembangan zaman. Walau demikian, peminat tablet bukannya tidak ada sama sekali.

Meski jumlahnya jauh lebih sedikit, para pembeli tablet tetap eksis dan mereka tetap tertarik dengan perangkat ini lantaran ukuran layarnya yang jauh lebih lega dari handphone kebanyakan. Perangkat seperti ini biasanya mereka berikan untuk anak-anak atau orang lanjut usia.

Anak-anak umumnya anteng menggunakan tablet untuk menonton video atau bermain game interaktif yang ringan. Begitu pun orang tua yang akan lebih mudah membaca aksara dengan ukuran lebih besar. Sementara buat kamu, tablet bisa banget dipakai sebagai perangkat sekunder atau modem Wi-Fi dadakan.

Jadi, penting bagi kamu untuk mencari tablet yang sudah mendukung konektivitas seluler dengan harga paling terjangkau. Berikut jajaran tablet 4G terbaik di bawah 1 juta rupiah rekomendasi tim Gadgetren.

Tablet Android 4G Terbaik Untuk Anak di 2021

Nama TabletHarga
Evercoss Tab M70Rp 749.000
XCOM iCE 4GRp 775.000
Advan i LiteRp 899.000
Alldocube iPlay 7TRp 925.000
Advan X7 Pro (2020) 999rbRp 999.000

Advan i Lite

Advan i Lite

Produk bikinan vendor lokal ini sejatinya sudah rilis sejak pertengahan 2018 silam. Namun untuk sekadar memenuhi kebutuhan hiburan anak-anak atau orang tua, tablet 4G ini sangat bisa kamu andalkan.

Advan i Lite tampil sederhana dengan layar 7 inci dan resolusi 1024 x 600 piksel. Bezel tebal pada sekeliling layarnya efektif sebagai area pegangan tangan anak-anak yang kerap menggunakannya sambil berjalan-jalan.

Mesin tablet ini dipacu oleh chipset MediaTek MT6582V yang dipasangkan RAM 1GB. Tentunya kamu mesti bijak menginstal aplikasi karena memori internal tablet ini hanya 8GB saja.

Tidak ada sensor pemindai sidik jari, tapi Advan sudah menanamkan sensor pemindai wajah yang diklaim cukup responsif mengenal wajah penggunanya dengan durasi 0,4 detik saja sampai layar terbuka. Baterainya hanya 2.500 mAh, jadi anak-anak mungkin harus menggunakannya sembari mengecas tablet ini.

Evercoss Tab M70

Evercoss Tab M70

Brand lokal lainnya menyumbang Evercoss M70 sebagai tablet Android 4G di bawah 1 jutaan terbaik dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat. Dalam konteks tablet, sistem operasi tersebut masih belum begitu ketinggalan zaman.

Tablet ini menyajikan layar 7 inci dengan resolusi 1024 x 768 serta dimensi bezel yang tampaknya sedikit lebih kecil dari Advan i Lite. Game-game ramah anak seperti Angry Birds atau Fruit Ninja akan sangat seru saat dimainkan pada layar selega ini. Menyoal kamera, tersedia sensor kamera utama 3MP dan sensor swafoto 1,3MP.

Kapasitas memori internalnya hanya 8GB, namun kamu dapat memperluasnya hingga 64GB melalui slot kartu memori eksternal. Tablet 4G LTE ini mendapat suplai energi dari baterai sebesar 2.900 mAh. Untuk keamanannya, kamu bisa mendaftarkan sidik jari anak-anak pada sensor yang telah disediakan.

XCOM iCE 4G

XCOM iCE 4G

Masih dengan layar 7 inci, tapi teknologi panel yang digunakan tablet ini sudah beralih ke IPS LCD yang dikenal punya reproduksi warna bagus serta sediakan sudut pandang yang lebih lebar dibandingkan panel TFT.

XCOM iCE ditenagai oleh chipset Quad-Core 1,3GHz yang kerjanya dibantu oleh RAM 1GB. Kamera utamanya beresolusi 5MP yang bisa dimanfaatkan menggunakannya apabila sewaktu-waktu ingin mengirimkan hasil gambarnya kepada keluarga. Untuk kamera depannya, kamu harus puas dengan resolusi 5MP.

Perangkat ini sudah mendukung Wi-Fi serta konektivitas seluler 4G walau agak disayangkan karena slot kartu SIM yang tersedia cuma satu. Sisi positifnya, tablet 4G di bawah 1 jutaan ini telah mengadopsi USB Type-C sebagai port isi ulang. Jadi, orang tua sekalipun tak perlu ribet saat ingin mengecas.

Alldocube iPlay 7T

Alldocube iPlay 7T

Sebagai produsen asal China, menjadi hal yang tidak mengherankan apabila Alldocube iPlay 7T dilempar ke pasaran dengan mengemas spesifikasi yang komplit dan melampaui kepantasan harganya.

Sebagai permulaan, tablet berukuran 7 inci ini sudah berani tampil dengan resolusi HD (1280 x 720). Dengan kepadatan pixel yang lebih tajam, anak-anak pun akan lebih anteng saat menyaksikan serial kartun favoritnya. Begitu pula dengan kamu yang akan lebih nyaman saat menonton video di YouTube pada resolusi yang proporsional.

Alldocube iPlay 7T diperkuat oleh chipset Unisoc SC9832E berkonfigurasi Quad Core yang dilengkapi dengan RAM 2GB + ROM 16GB. Hebatnya lagi, kamu bisa menyelipkan kartu microSD dengan dukungan kapasitas hingga 256GB. Selain memiliki sensor ambient dan gravitasi, tablet yang dibekali baterai 2.800 mAh ini juga sudah beralih ke USB-C.

Advan X7 Pro (2020)

Advan X7 Pro (2020)

Tetap dapat dibeli dengan harga kurang dari 1 juta, tablet besutan Advan ini menawarkan RAM berkapasitas 2GB. Otomatis, perangkat ini dapat mempersilakan lebih banyak aplikasi untuk berjalan di latar belakang secara simultan.

Layarnya punya panjang diagonal 7 inci dengan resolusi 1024 x 600 piksel yang sangat cocok dipakai anak-anak atau orang tua. Penyimpanan internalnya pun berukuran dua kali lipat lebih besar dari rata-rata tablet di bawah 1 jutaan lainnya, yakni 16GB. Masih kurang? Cukup selipkan kartu microSD dengan kapasitas maksimal hingga 64GB.

Sistem operasi yang dipakai merupakan Android Go Edition dengan antarmuka iDOS 8.31. Sensor GPS dan Bluetooth pun sudah dimiliki. Kamu pun dapat memutar koleksi film langsung dari USB karena tablet 4G ini juga mendukung USB OTG. Hanya saja, saat ini kamu perlu usaha ekstra untuk mencari penjual yang menawarkannya dengan harga kurang dari 1 juta.

Tinggalkan Komentar