Berita

Tiga Lembaga Riset Laporkan Penjualan Xiaomi Tumbuh Pesat di Tahun 2020

Xiaomi Tops 3 Smartphone

Gadgetren – Perusahaan penyedia berbagai perangkat cerdas dan Internet of Things (IoT) asal Tiongkok bernama Xiaomi dilaporkan tiga lembaga riset telah mengalami pertumbuhan penjualan di tahun 2020.

Tiga lembaga riset itu meliputi IDC, Canalys, dan Counterpoint. Laporan tersebut diambil berdasarkan jumlah pengapalan dan pangsa pasar di antara lima besar merek penyedia perangkat smartphone secara global dari tahun 2019 ke tahun 2020.

Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia lewat akun media sosial personalnya juga menanggapi kabar tersebut dengan mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih untuk dukungan penggemar Xiaomi.

“Melalui laporan IDC, Xiaomi mengakhiri kuartal empat tahun 2020 dengan pangsa pasar di peringkat ketiga sebagai brand penyedia perangkat smartphone secara global. Kami akan melanjutkan untuk bekerja keras menuju inovasi untuk semua orang,” tulisnya di @atytse.

Laporan dari Canalys menjelaskan bahwa dari lima besar merek smartphone dunia, Xiaomi mencatatkan pertumbuhan sebesar 19% dari tahun 2019 ke tahun 2020 di tengah merek kompetitor yang mengalami penurunan atau pertumbuhan satu digit saja.

Canalys juga menyebutkan bahwa Xiaomi telah mencatatkan pengapalan sebanyak 149,6 juta unit dan menguasai 12% pasar pada tahun 2020 atau naik 19% dibandingkan tahun 2019. Hal senada juga dilaporkan oleh IDC bahwa dari tahun ke tahun, pengapalan Xiaomi dikabarkan naik dari 125,6 juta menjadi 147,8 juta unit dengan pangsa pasar 11,4%.

Laporan Canalys Xiaomi 2020[sumber data: Canalys]

IDC juga menemukan bahwa Xiaomi tumbuh 17,6% pada periode yang sama, sedangkan Counterpoint menyebut pertumbuhan mencapai 17%. Dari laporan IDC, Xiaomi menutup tahun 2020 dengan mengapalkan 43,3 juta unit pada kuartal empat dan menguasai 11,2% pasar melalui portofolio produk yang ditawarkan dan kolaborasi strategis sehingga tumbuh 32% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Dalam laporan dari Counterpoint juga menerangkan bahwa meningkatnya kebutuhan smartphone selama masa pandemi untuk belajar, bekerja, dan sumber hiburan menjadi salah satu faktor pertumbuhan permintaan smartphone pada paruh kedua 2020.

Sementara itu Counterpoint menjabarkan bahwa Xiaomi telah memperlihatkan pertumbuhan sebesar 17% dengan pengapalan smartphone pada tahun 2020 sebanyak 145,8 juta unit dengan pangsa pasar 11%.

Tinggalkan Komentar