Tips dan Trik

Cara Mempercepat dan Memperlambat Video TikTok Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Mempercepat dan Memperlambat Video TikTok Tanpa Aplikasi Tambahan Header

Gadgetren – Selain memiliki efek Slow Motion yang bisa digunakan untuk memperlambat bagian-bagian tertentu dalam sebuah video, TikTok juga memiliki fitur untuk mengatur kecepatan tayangnya.

Dengan fitur tersebut, pengguna aplikasi yang dikembangkan oleh ByteDance ini dapat mempercepat maupun memperlambat tayangan video sebelum membuat video.

Hadirnya fitur bawaan tersebut tentunya bisa menjadi solusi tepat bagi para pengguna yang ingin memasukkan lebih banyak konten kreatif dan inspiratif ke dalam video TikTok yang relatif sangat singkat.

Walaupun begitu, masih ada sebagian pengguna yang belum tahu cara memanfaatkan fitur sederhana dan mudah digunakan tersebut untuk mempercepat atau memperlambat video TikTok.

Bagaimana cara menggunakannya? Bagi kamu yang belum tahu, berikut ini langkah-langkah untuk mempercepat maupun memperlambat tayangan saat membuat video TikTok.

Cara Mempercepat Tayangan Video di Layanan TikTok Tanpa Aplikasi Tambahan

Selayaknya akan membuat video baru di layanan TikTok, kamu pertama kali hanya perlu mengetuk tombol plus (+) yang terdapat di bagian bawah aplikasi untuk menggunakannya.

Cara Mempercepat Video TikTok - Langkah 1

Namun alih-alih menekan tombol pengambilan video, kamu selanjutnya perlu mengetuk tombol Speed yang terdapat di sisi kanan atas layar aplikasi untuk mengaktifkan fitur pengaturan kecepatan tayang.

Cara Mempercepat Video TikTok - Langkah 2

Apabila sudah aktif, kamu nantinya akan menjumpai kotak perlengkapan baru di atas tombol pengambilan video yang mana berisi sejumlah angka untuk mengatur seberapa cepat tayangan dibandingkan waktu normal.

Kamu kemudian bisa memilih salah satu di antaranya untuk mengatur kecepatan tayang yang mana dalam hal ini semakin besar angkanya, maka semakin cepat video akan diputar setelah selesai dibuat.

Cara Mempercepat Video TikTok - Langkah 3

Secara mendasar, pengaturan tersebut akan berada di angka 1x yang merujuk pada pemutaran video dengan kecepatan normal. Kamu pun bisa mengubahnya ke 0.3x hingga 3x sesuai dengan keinginan bagaimana kecepatan video bergerak.

Setelah selesai mengatur kecepatannya, kamu selanjutnya bisa mulai merekam video TikTok seperti biasa. Jangan lupa juga menambahkan efek, suara, atau stiker untuk mempercantiknya dan tagar menarik agar video dapat terjangkau pengguna lain.

Meskipun cukup membantu, fitur bawaan aplikasi yang sudah diunduh hingga 100 Juta kali dari halaman Google Play Store ini bukan yang terbaik untuk mengatur kecepatan pemutaran video TikTok.

Jika menginginkan hasil dengan kualitas maksimal, maka kamu perlu menggunakan aplikasi khusus pengedit video yang kini sudah mulai banyak beredar di perangkat seluler seperti Kinemaster, FilmoraGo, atau Adobe Premiere Clip.

Tinggalkan Komentar