Sponsored Content Umum

Cerita Satu Dekade Xiaomi, Bagaimana Xiaomi Berkembang Menjadi Raksasa Teknologi

Xiaomi 2020

Produk Xiaomi kini sudah dikenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Lihat saja peluncuran produk Xiaomi di Indonesia yang sering kali disambut dengan antusias dan meriah oleh berbagai kalangan terutama para fans mereka yang tergabung dalam Mi Fans.

Di Indonesia Xiaomi telah berkembang cukup pesat. Berdasarkan data di IDC sejak setahun belakangan ini Xiaomi berhasil masuk jajaran lima teratas di pasar ponsel di Indonesia.

Menyambut ulang tahun Xiaomi yang kesepuluh, Xiaomi Indonesia menyiapkan kejutan sepanjang bulan Agustus 2020 yang akan diumumkan di jejaring sosial Xiaomi Indonesia di Facebook, Twitter, dan Instagram.

Xiaomi yang kini menjadi raksasa teknologi tentu dimulai tidak dengan sebesar sekarang. Ini bermula di bulan April 2010 ketika Lei Jun bersama tim kecilnya di Tiongkok membentuk Xiaomi dengan impian “membuat ponsel terbaik di dunia dengan harga setengahnya sehingga semua orang dapat membelinya”.

Tim pertama Xiaomi dengan Lei Jun di tengahnya

Untuk masuk ke pasar ponsel, tim Xiaomi memulai dari sisi software dengan membangun sebuah sistem operasi berbasis Android yang dikenal dengan nama MIUI dan kini telah digunakan di seluruh ponsel Xiaomi.

Pada bulan Agustus 2010, empat bulan setelah terbentuknya Xiaomi, akhirnya MIUI resmi dirilis. Di awal peluncurannya MIUI mendapat respons positif di XDA, sebuah forum pengembangan software yang terkenal.

Dari situ MIUI semakin meningkat trennya di kalangan penggiat teknologi. Beberapa pengguna MIUI secara sukarela membangun Mi Community lokal di berbagai negara di mana versi MIUI dengan bahasa berbeda dikembangkan. Inilah awal mula kultur Mi Fan terbentuk.

Kampanye global Xiaomi semakin terbentuk dan dalam waktu kurang dari setahun sudah ada 300.000 pengguna MIUI di seluruh dunia.

Xiaomi Mi 1

Melanjutkan mimpi Xiaomi, mereka akhirnya merilis ponsel Mi pertama mereka di bulan Agustus 2011. Awalnya Xiaomi ingin merilis ponsel ini dengan harga RMB1.499 atau sekitar Rp1.950.000 dengan kurs di masa itu.

Namun karena beberapa halangan Xiaomi terpaksa menjual ponsel mereka di harga RMB1.999. Lei Jun awalnya khawatir Mi 1 akan gagal jika dijual dengan harga tersebut. Namun kekhawatiran Lei Jun tidak terbukti, nyatanya di acara peluncuran Mi 1 ponselnya mendapat respons positif.

Mi 1 langsung menjadi ponsel yang populer, sebanyak 300.000 preorder online telah dilakukan di gelombang pertama. Akhirnya Mi 1 meraih total penjualan 7 juta unit yang mana adalah sebuah pencapaian signifikan apalagi melihat Xiaomi adalah perusahaan yang masih baru.

Xiaomi Redmi

Berangkat dari kesuksesan ponsel Mi 1, Xiaomi kembali berinovasi menghadirkan ponsel dengan harga yang lebih murah. Di bulan Juli 2013 Xiaomi merilis ponsel Redmi pertama mereka dengan harga RMB799 atau sekitar Rp.1.291.000.

Redmi 1 meraih total angka penjualan yang lebih fantastis dibandingkan Mi 1 yaitu mencapai 44.6 juta unit. Suksesornya Redmi 1S menjadi ponsel Xiaomi pertama yang resmi dijual di Indonesia.

Di tahun 2019 kemarin merek Redmi akhirnya menjadi independen dan sekarang menjadi salah satu merek ponsel terbesar di dunia dari sisi penjualan.

Xiaomi Mi TV

Tidak puas hanya mengeluarkan produk ponsel, Xiaomi memperluas lini produk mereka dengan dirilisnya Mi TV pada bulan September 2013. Yang membuat beda adalah Mi TV menggunakan sistem operasi Android sehingga memiliki beragam fungsi layaknya ponsel pintar.

Dari situ lini produk Xiaomi semakin berkembang dan menjamah ranah tablet, power bank, laptop, hingga skuter elektrik. Xiaomi juga bekerja sama dengan produsen pihak ketiga untuk menjual produk smart home untuk semakin memperluas lini produk mereka.

Xiaomi Mi Ecosystem

Pada tahun 2014 Xiaomi memulai ekspansi global mereka dan sekarang produknya telah tersebar di 90 negara di seluruh dunia. Di tahun 2018 Xiaomi akhirnya masuk ke bursa saham Hong Kong Stock Exchange dan di tahun 2019 Xiaomi masuk ke dalam daftar jajaran perusahaan papan atas Fortune Global 500.

Berbagai desain produk Xiaomi telah meraih penghargaan-penghargaan bergengsi seperti Red Dot Award, iF Design Award, hingga International Design Excellence Awards.

Kini di tahun 2020 Xiaomi terus berinovasi dengan produk-produk teknologi dengan dirilisnya seri Mi 10 yang menghadirkan kamera berteknologi canggih, performa yang kencang, dan dukungan teknologi 5G.

Di Indonesia produk Xiaomi yang resmi tersedia sudah berbagai macam jenisnya di luar ponsel mulai dari earbud TWS, lampu pintar, robot pembersih vakum, hingga pembersih udara.

Dalam kurun waktu satu dekade saja Xiaomi telah meraih berbagai pencapaian besar, menarik disimak apa lagi yang akan Xiaomi hadirkan dalam satu dekade ke depan.

* Artikel ini disponsori oleh Xiaomi

Tinggalkan Komentar