Tips dan Trik

Cara Download Video YouTube Agar Bisa Ditonton Kapan Saja

Cara Download Video YouTube HP Laptop Header

Gadgetren – Lahirnya YouTuber baru pada tahun lalu sampai sekarang membuat kanal YouTube semakin banyak diakses untuk menjadi alternatif hiburan secara gratis. Konten YouTube pun semakin lengkap dan beragam sehingga banyak orang yang memilih YouTube sebagai televisi kedua.

Bahkan di YouTube, hobi dan ilmu baru apapun bisa kamu dapatkan mulai dari fotografi, gawai, masak, olahraga, musik, melukis, dan masih banyak lagi. Namun untuk bisa menikmati YouTube tidak seratus persen gratis, lantaran kamu harus menyediakan kuota internet lebih dulu.

Nah agar bisa menikmati video favorit kamu tanpa terus mengakses internet, kamu bisa mengunduhnya sehinga bisa kamu tonton kapan pun dan di mana pun. Tulisan ini akan memberikan berbagai alternatif cara mengunduh video YouTube agar tersimpan ke galeri HP atau file dokumen laptop kamu.

Cara Download Video YouTube Ke Galeri HP atau Laptop

1. Dengan Aplikasi di Google Play Store

IDM+ Google Play Store

Kamu bisa mengunduh video YouTube lewat aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Kamu hanya perlu mengetik video downloader pada kolom pencarian Google Play Store, maka akan muncul daftarnya.

Namun rekomendasi dari Tim Gadgetren, kalian bisa coba aplikasi bernama Top Video Downloader, Video Downloader Master, dan Download Manager: Audio, Video, Torrents & Lainnya.

2. Menggunakan URL Khusus

Cara berikutnya ialah dengan menggunakan alamat URL khusus  yang tidak memerlukan aplikasi tambahan. URL khusus untuk mengunduh video YouTube yang beredar banyak pilihannya seperti vidpaw.com, savefrom.net, y2mate.guru, ymp4.download.net, keepvid.com, onlinevideoconverter.party, downvids.net, clipconverter.online, dan masih banyak lagi.

Cara-Download-Video-YouTube-Lewat-Browser

Pertama kamu hanya masuk ke dalam salah satu url di atas misalnya y2mate.guru, lalu tekan enter. Kemudian, salin atau copy URL video YouTube yang akan diunduh dan paste pada kolom URL. Berikutnya, akan muncul pilihan format file MP4 dan berbagai kualitasnya untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara-Download-Video-YouTube-Lewat-Browser

3. Aplikasi atau Software Lewat Browser

Unduh aplikasi IDM lebih dulu melalui browser. Setelah aplikasi sudah terinstal, kamu bisa menuju YouTube dan memilih video mana yang akan diunduh. Klik video, kemudian klik Download This Video pada bagian atas kanan video YouTube. Pilih format file video MP4 dan kualitas video. Nantinya file video pun akan tersimpan di dokumen unduhan laptop secara otomatis.

Adapula aplikasi bernama Videoder yang bisa kamu unduh melalui browser. Cara menggunakan aplikasi Videoder, kamu tinggal masuk ke dalam aplikasi, lalu pilih ikon YouTube. Kamu akan diperlihatkan tampilan YouTube secara langsung. Kemudian pilih video yang akan diunduh, lalu akan tersedia tombol Download beserta format video MP4 dan kualitasnya.

Selain kedua aplikasi di atas, kamu juga bisa mencoba aplikasi bernama Free YouTube Downloader yang hampir sama caranya. Kamu hanya mengunduh dan masuk ke dalam aplikasi tersebut. Lalu salin url video YouTube yang ingin diunduh, kemudian paste pada kolom aplikasi Free YouTube Downloader. Selanjutnya tombol unduh bertuliskan Download akan muncul.

4. Dengan Extension Browser

Cara terakhir ialah dengan menambahkan extension pada browser, yang salah satunya adalah Easy YouTube Video Downloader. Kamu hanya perlu menyematkan extension pada browser pada sudut paling kanan atas browser. Pastikan untuk restart browser untuk terlebih dahulu setelah memasangnya.

Kemudian, langsung pilih video yang pada YouTube yang ingin diunduh. Nantinya saat video yang dipilih diputar akan muncul Download di samping tombol Subscribe dan pilih format video MP4 beserta kualitas. Setelah itu kamu bisa langsung klik Download.

Tinggalkan Komentar